Manfaat Tidur Pakai Silk Pillowcase buat Kulit Berjerawat dan Sensitif. Bikin Kulit ‘Tenang’~

Silk pillowcase benefit

Kebanyakan dari kita menganggap bahwa bahan katun adalah bahan terbaik untuk perlengkapan alas tidur karena bahannya yang adem dan menyerap keringat. Ternyata itulah kekurangannya SoHip, bahan katun bisa menyerap minyak dan bakteri wajah sehingga sarung bantal katun bisa menjadi tempat berkumpulnya kotoran. Ada bahan kain lain yang ternyata bisa membantu mengurangi peradangan pada kulit berjerawat lo. Yap, sarung bantal dengan bahan sutra atau silk pillowcase

Advertisement

Bahan sutra memiliki tekstur yang lebih licin sehingga nggak menimbulkan gesekan pada wajah yang bisa menyebabkan iritasi. Kira-kira seperti apa ya sarung bantal dengan bantal sutra ini? Yuk simak selengkapnya di ulasan berikut ini!

Apa sih silk pillowcase itu?

Silk pillowcase | Photo by Charlota Blunarova on Unsplash

Silk pillowcase adalah sarung bantal yang terbuat dari bahan kain sutra dan memiliki tekstur yang licin dan lembut. Melansir dari laman Healthline, tekstur kain sutra yang lembut ini cocok untuk para pemilik kulit berjerawat dan sensitif. Ada penelitian yang menunjukkan terjadinya pengurangan frekuensi timbulnya jerawat pada orang yang tidur dengan sarung bantal sutra daripada orang yang tidur dengan sarung bantal berbahan katun. Seorang dokter kulit Yoram Harth mengatakan ke pada Healthline bahwa sarung bantal sutra dapat berguna sebagai perawatan wajah berjerawat karena permukaannya lebih lebih lembut.

Bahan katun adalah bahan yang paling normal digunakan banyak orang untuk perlengkapan tidur, tapi bahan katun ternyata bisa menyerap minyak alami dan bakteri wajah sehingga sarung bantal bisa menjadi sarang kotoran dan menyebabkan beragam permasalahan kulit. Hmm.

Advertisement

Kira-kira apa saja ya manfaatnya untuk rambut dan kulit wajah? Coba simak sini dulu

Manfaat silk pillowcase | Photo by Max Rosero on Unsplash

Melansir dari laman Healthline, sarung bantal sutra ini memiliki manfaat yaitu bisa mengurangi risiko gesekan pada kulit saat tidur, mencegah iritasi pada kulit, dan permukaan sarung bantal lebih bersih. Melansir dari laman Daily Mail, dokter spesialis kulit di Pulse Light Clinic, Shallene Blake, mengatakan bahwa sarung bantal dengan bahan sutra benar-benar berpengaruh terhadap kulit dan rambut. Sedangkan sarung bantal dengan bahan katun bisa menyebabkan gesekan yang memicu kerusakan folikel rambut.

Shallene juga mengatakan bahwa sutra terbukti megurangi iritasi pada pasien yang memiliki eksim. Kain sutra memiliki tekstur yang lebih ringan sehingga membuat kulit wajah tetap dingin, lembap, serta terhindar dari risiko kulit kemerahan dan peradangan. Kain sutra juga memiliki sifat antibakteri dan hipoalergenik sehingga baik digunakan untuk pemilik kulit berjerawat dan sensitif.

Kini semakin banyak brand yang membuat sarung bantal berbahan sutra dan banyak seleb yang ikut menggunakan silk pillowcase

Advertisement

Slip Silk pillowcase | Credit via Website Slip

Brand yang paling terkenal dengan produk slik pillowcase-nya adalah Slip Silk Pillowcase. Banyak artis hollywood yang menggunakan merek ini untuk perlengkapan tidurnya. Selain itu, ada beberapa merek lain yaitu Myk Silk Natural Mulberry Silk Pillowcase, Grace Eleyae Silver Silk Pillowcase, dan Night Trisilk Pillowcase. Baru-baru ini, merek lokal Indonesia juga mengeluarkan koleksi silk pillowcase yaitu merek Mulsk Beauty dan sudah dipakai oleh para selebritas Indonesia mulai dari Steffi Zamora, Ririn Ekawati, hingga Tasya Farasya lo!

Ternyata sarung bantal juga menjadi media penyumbang bakteri yang bisa menyebabkan jerawat pada wajah, ya. Selain menggunakan sarung bantal dengan bahan yang aman untuk kulit, kamu juga harus tetap rutin mencuci sarung bantalnya ya supaya terhindar dari bakteri atau debu yang menempel di permukaan sarung bantal. Ya memang sih harganya relatif lebih tinggi dibanding harga kain katun lokal atau Jepang, tapi manfaatnya cukup sepadan.

Kalau belum bisa beli sarung bantal sutra sekarang, yang pertama bisa kamu lakukan adalah rajin menjaga kebersihan permukaan bantal supaya kulitmu tetap ‘tenang’. Semoga info ini bermanfaat ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE