5 Cara Cerdas Manfaatkan Skincare yang Tak Cocok di Wajah. Jangan Dibuang Dulu ya!

skincare nggak cocok

Saat ini, skincare telah menjadi kebutuhan bagi sebagian besar orang baik cewek maupun cowok. Rangkaian produk skincare memang nyata memberikan efek tertentu sesuai dengan tipe kulit wajah jika digunakan secara rutin dan konsisten. Tetapi, kadang kita perlu melakukan beberapa kali percobaan sebelum benar-benar menemukan produk yang cocok.

Advertisement

Karena hal itu juga, banyak produk skincare yang terbuang sia-sia. Sebenarnya, produk yang kurang cocok tersebut masih bisa kita gunakan di bagian tubuh lainnya lo~ Kira-kira produk tersebut bisa dipakai di area mana saja ya? Yuk cek ulasan selengkapnya!

1. Beli sabun wajah tapi nggak cocok? Tenang, kamu tetap bisa memakainya sebagai sabun cuci tangan kok

Photo by Curology on Unsplash

Sabun pencuci wajah adalah salah satu produk penting dalam rangkaian skincare. Kadang, kita harus beberapa kali mencoba produk untuk mendapatkan yang cocok dan sesuai dengan tipe kulit. Biasanya, kulit wajah akan ditandai dengan kulit kering, kemerahan atau bruntusan jika nggak cocok dengan produknya.

Kalau kamu mengalami hal ini, jangan terburu-buru untuk membuang sabun pembersih wajahmu, ya. Kamu bisa menggunakannya sebagai sabun cuci tangan atau sabun mandi. Sabun pembersih wajah biasanya memiliki tekstur yang lembut sehingga cocok digunakan di bagian tangan. Jadi, produk yang kamu beli nggak terbuang sia-sia deh~

Advertisement

2. Selanjutnya, pelembap wajah yang nggak cocok juga jangan dibuang, ya! Kamu bisa gunakan pelembap tersebut ke bagian tangan

Photo by Kadarius Seegars on Unsplash

Produk pelembap wajah biasanya memiliki formula yang dapat melembapkan kulit tanpa meninggalkan kesan lengket. Selain itu, pelembap wajah pun biasanya lebih cepat menyerap ke dalam kulit. Bagi kamu yang sudah telanjur membeli pelembap tapi ternyata kurang cocok dengan tipe kulit wajah, kamu bisa memanfaatkannya sebagai hand cream atau pelembap tangan.

Sebelum menggunakannya sebagai pelembap tangan, kamu juga harus memastikan produk pelembapmu nggak mengandung bahan-bahan yang bisa menyebabkan iritasi dan photosensitive seperti AHA BHA dan retinol, ya.

3. Kalau kamu merasa serumnya kurang cocok untuk tipe kulit wajah, kamu bisa menjadikannya campuran untuk body lotion juga nih~

Advertisement

Photo by Eva Nouhet on Unsplash

Siapa nih di sini yang sedang menjadi serum hunter? Menemukan serum yang cocok untuk kulit wajah memang nggak mudah, kadang kita harus trial and error sampai menemukan produk yang tepat. Yang menyedihkan adalah karena biasanya harga serum itu lumayan mahal, jadi kalau nggak cocok tuh agak bikin nyesek, ya.

Tapi tenang, kamu masih bisa kok menggunakan serum yang sudah kamu beli di bagian tubuh lainnya. Kamu bisa menggunakannya sebagai campuran untuk body lotion. Caranya, kamu bisa menuangkan 3-4 tetes serum di tangan lalu campurkan dengan body lotion kamu. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kamu juga harus tetap memastikan serum aman dari kandungan bahan yang berisiko membuat iritasi, ya.

4. Peran sunscreen juga penting banget untuk perlindungan kulit. Eits, tapi kalau nggak cocok kamu bisa aplikasikan di kaki dan tangan

Photo by BATCH by Wisconsin Hemp Scientif on Unsplash

Produk skincare selanjutnya ialah tabir surya. Produk ini penting banget lo sebagai perlindungan kulit dari paparan sinar ultraviolet. Kalau kamu kebetulan sedang mencoba produk baru dan merasa kurang cocok, kamu bisa gunakan sunscreen untuk melindungi area tangan atau kaki karena mengandung SPF. Jadi, walaupun produk tersebut kurang cocok diaplikasikan ke wajah, kamu tetap bisa menggunakannya di bagian tubuh lainnya.

5. Terakhir, kamu juga bisa jadikan face scrub sebagai body scrub lo. Kan sayang kalau dibuang tanpa dipakai 🙁

Photo by Devin Avery on Unsplash

Pemilik kulit sensitif biasanya kurang cocok menggunakan face scrub karena kulit rentan mengalami iritasi akibat gesekan butiran pada scrub. Kalau kamu merasa kurang cocok dengan produknya, kamu bisa lo menggunakan face scrub-mu sebagai body scrub. Pada dasarnya, produk eksfoliasi ini memiliki kandungan yang serupa untuk mengangkat sel-sel kulit mati. So, produknya nggak akan terbuang begitu saja, deh~

Bagi kamu yang sedang mengalami dan memiliki produk skincare yang kurang cocok, trik pemakaian di atas bisa menjadi solusinya. Selamat mencoba!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE