Mengenal Bahan Skincare Terbaru Spilanthol yang Cocok untuk Semua Jenis Kulit. Calon Hits!

skincare spilanthol

Bagi hampir setiap orang, skincare adalah kebutuhan yang nggak hanya untuk kecantikkan saja, tapi juga untuk mendapatkan kulit yang sehat dan terawat. Apalagi jenis dan permasalahan kulit yang dihadapi setiap orang cukup beragam, serta dipengaruhi oleh kondisi lingkungan. Sehinga kebutuhan skincare yang aman dan mampu mengatasi berbagai masalah kulit sangat dibutuhkan.

Advertisement

Hal ini membuat dunia per-skincare-an terus berinovasi hingga menemukan bahan baru yang dinamakan spilanthol. Sebelumnya bahan-bahan skincare yang cukup terkenal meliputi retinol, bakuchiol, hydraulic acid, niacinamide hingga asam poliglutamat bisa kamu temukan di produk-produk skincare terbaik. Nah, saat ini spilanthol mulai hadir dengan kombinasi manfaat pada bahan-bahan sebelumnya. Penasaran seperti apa kandungan spilanthol ini? Yuk simak ulasan berikut!

Spilanthol berasal dari tanaman spilathes, dibuat dengan sistem plant-based ingredient yang diprediksi akan populer di kalangan vegan

Tanaman spilathes | Credit by Phyzome on Commons Wikimedia

Saat ini kandungan spilanthol memang belum melejit di kalangan skincare lokaal, tapi beberapa keunggulannya diprediksi akan populer seperti bahan-bahan skincare sebelumnya. Salah satu keunggulan spilanthol adalah dibuat dengan sistem plant-based ingredient atau turunan dari ekstrak tanaman yang alami. Dilansir dari Stylist, spilanthol sendiri merupakan senyawa yang diekstrak dari tanaman acmella oleracea atau dikenal dengan spilanthes.

Tanaman ini mengandung bahan nabati bioaktif yang juga cukup terkenal di bidang kuliner karena daun dan bunganya biasa digunakan sebagai bumbu masakan. Berkat inovasi di bidang skincare, saat ini spilanthes mulai dapat digunakan sebagai bahan perawatan kulit. Bahkan spilantes diprediksi akan populer di kalangan vegan karena bahan ekstraksinya benar-benar alami dari tumbuhan.

Advertisement

Spilanthol mengandung antioksidan dan anti-inflamasi yang ringan, sehingga aman digunakan sebagai bahan aktif pada skincare

Digunakan sebagai bahan aktif pada skincare | Credit by Cookie_studio on Freepik

Sebelum ditemukan sebagai bahan skincare, tanaman spilanthes lebih dulu digunakan sebagai bahan obat tradisional di berbagai negara. Tanaman ini memiliki efek analgesik dan mati rasa yang cukup ampuh mengobati peradangan. Namun, di ranah skincare, spilanthol ini bekerja dengan cara berbeda. Kandungan antioksidan dan anti-inflamasi yang ringan membuat spilanthol sangat aman digunakan sebagai bahan aktif pada skincare.

Jangan salah, meski ringan tapi efek kandungan tersebut mampu melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan kondisi cuaca, lingkungan, polusi udara dan sinar UV. Sehingga, spilanthol cocok banget digunakan untuk mengatasi kulit kusam, peradangan kulit akibat jerawat dan paparan sinar matahari, serta mecegah penuaan kulit. Selain itu, spilanthol juga ampuh meningkatkan penyerapan produk perawatan kulit dan aman digunakan pada jenis kulit apapun.

Sebagai bahan aktif yang ringan, spilanthol bisa digunakan pada pagi hari dengan urutan skincare routine yang bebas

Advertisement

Gunakan di pagi hari | Credit by Andrea Piacquadio on pexels

Kandungan antioksidan dan anti-inflamsi yang dijadidakan bahan aktif pada skincare membuat spilanthol lebih efektif dipakai saat pagi hari. Bahannya yang ringan sebenarnya bisa kamu pakai di urutan berapa pun pada skincare routine yang kamu lakukan. Namun, hal ini juga tergantung pada spilanthol yang kamu gunakan terdapat pada produk apa, misalnya face oil, serum atau pelembab. Supaya bisa memaksimalkan antioksidan dan anti-inflansinya, gunakan skincare dengan kandungan spilanthol ini di bawah sunscreen ya!

Nah, itulah ulasan tentang inovasi skincare dari bahan spilanthol. Sebagai bahan skincare terbaru dan mungkin belum terlalu familer, spilanthol ini layak kamu coba. Apalagi kandungannya yang ringan cocok untuk semua jenis kulit dan aman digunakan oleh remaja hingga dewasa.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE