Horee, akhirnya kamu telah sampai di penghujung tanggung jawabmu sebagai anak kuliah. Kamu sudah diwisuda atau yudisium dengan penuh kebanggaan dan kelegaan. Tantangan berikutnya pun menanti: kamu akan masuk ke dunia kerja. Kecuali kalau kamu memutuskan untuk menikah ya. Karena berdasarkan statistik bahwa masih lebih banyak yang bekerja dibanding yang menikah, Hipwee masih beranggapan bahwa masuk ke dunia kerja adalah hal yang lebih penting didahulukan dibanding persiapan nikah.

Tidak sedikit dari kita yang masih bingung tentang: Bagaimana pakaian kerja itu? Supaya tetap rapi dan sopan, apa yang harus dipakai? Gimana biar tetap pede terjun ke dunia kerja? Pakai dasi itu kayak apa sih? Dan sebagainya. Nah, untuk kamu yang masih fresh graduate dan menjelang terjun ke dunia kerja, Hipwee Style khusus sajikan daftar baju dan items apa saja yang wajib kamu miliki di ‘dunia nyata’ tersebut. Yuk simak.

1. Apapun profesimu, pasti setuju kan kalau kemeja putih adalah item wajib yang siap membawamu ke level profesional?

Kemeja putih adalah wajib no #1 via www.aliexpress.com

Kemeja putih adalah item wajib bin fardhu untuk kamu yang baru memulai karir setelah fresh graduate. Baju putih itu mudah dipadupadan dengan celana atau rok warna apapun. Sifatnya yang netral pun bisa membuatmu tampil ‘aman’. Jangankan pas kerja, ketika kuliah pun kamu pasti menyimpan minimal satu kemeja putih kan? Untuk Ospek, pendadaran maupun wisuda. Nah, karena sudah kerja, tak ada salahnya siapkan satu lagi baju putih yang masih baru dan bersih.

2. Sebagai komponen utama penampilan rapi, celana atau rok adalah kuncinya. Siapkan celana atau rok span kain agar kesan formal muncul seketika.

Celana kain yang bikin professional via shopping.indiatimes.com

Advertisement

Celana kain tentunya memberikan kesan resmi yang jauh lebih efektif ketimbang celana jeans atau celana jogger. Ingat, kamu akan mencoba tampil dengan profesional, sehingga penampilan rapi adalah hal yang penting. Nggak lucu kalau hari pertama kerjamu malah mengenakan celana jogger dan sepatu kets. Namun perlu diperhatikan juga bagaimana kultur kantor kamu berjalan. Apakah memang menuntut penampilan formal, atau boleh semi casual.

Termasuk untuk cewek, lupakan dulu koleksi rok tutu kamu. Saatnya mengenakan rok yang lebih ‘seriusan’ dikit. Misalnya rok span kain.

Aduhai si Embak kantoran via stylishlyme.com

3. Tak hanya kemeja putih, miliki juga beberapa blus atau kemeja formal berwarna soft. Supaya penampilanmu nggak gitu-gitu aja.

Kemeja soft agak auramu makin terpancar via www.aliexpress.com

Pastinya kamu pengen tampil menarik dan ganti-ganti kan? Untuk modal awal, miliki setidaknya 3-4 kemeja formal aneka warna (lebih baik jika warna-warni soft), untuk menunjang penampilan kamu. Kenapa warna soft? Karena jika kamu mau presentasi, pusat perhatian audiens tidak akan terganggu dengan pakaianmu yang warna-warni atau banyak motif.

4. Adakalanya kamu harus ketemu klien yang menuntut kerapian lebih. Memiliki dua atau tiga dasi (buat cowok) pastinya sangat membantu.

Biarkan dasimu berbicara via www.kinowear.com

Dasi adalah bahasa formal untuk menunjukkan bahwa kamu adalah orang profesional. Meskipun nantinya kamu tidak memakainya setiap hari, tetapi memiliki dasi (dan menguasai cara pakainya) adalah hal yang penting. Dengan punya dasi, kamu akan selalu siap kalau dipanggil presentasi di depan klien. Terlebih jika klien-klien kamu adalah orang luar negeri yang lebih menuntut kerapian. Siap mengenakan dasi?

5. Baik cewek maupun cowok, memasang blazer di tubuh kalian adalah kunci untuk tampil menarik secara instan.

Iya, karena blazer adalah koentji via www.aliexpress.com

Tenang, blazer itu nggak seformal jas kok. Bentuk blazer lebih simpel dan fit di badan. Kain pembuatnya juga berasal dari kain yang relatif lebih tipis dibanding bahan pembuat jas. Potongannya yang khas ini membuatmu bisa tampil resmi seketika, apapun dalaman yang kamu pakai. Pakai kaospun, jika kamu memakai blazer di luarnya, kamu akan tetap terlihat formal. Nah, pastikan kamu memiliki blazer yaa.

6. Sepatu yang baik akan mengantarmu ke kesuksesan. Temani hari-hari karirmu dengan sepatu high heel kulit untuk cewek, dan sepatu resmi cowok.

Sepatu high heel yang ciamik via www.aliexpress.com

Sepatu adalah hal penting agar penampilanmu sempurna. Nggak lucu ketika kamu sudah mengenakan baju yang bagus, tetapi sepatunya asal-asalan. Buat kamu yang cowok, baiknya miliki sepatu kulit yang masuk untuk dipakai di segala kesempatan. Ngantor bisa, hangout bisa, sekedar dinner sama klien pun bisa. Dan untuk cewek, sepatu model high heel merupakan pilihan yang tepat. Kalau masih belajar pakai heels, pakai wedges dulu pun tak apa.

7. Hari Jumat adalah hari batik nasional tak resmi. Jangan lupakan untuk menyimpan baju batik agar tak mati gaya.

Jangan lupakan batik! via id.pinterest.com

Biasanya, kantor itu menetapkan aturan mengenakan baju batik di hari-hari tertentu. Untuk itu, sangat penting kalau kamu sudah bersiap dengan baju batik kamu. Tak perlu batik yang lebay semacam mau kondangan. Kamu mau ngantor kok, bukan mau datang ke acara nikahan. Bahkan, koleksi baju batikmu yang sudah kamu miliki sejak jaman masih kuliah juga dipakai. Agar menunjukkan cinta Indonesia juga kan.

8. Penampilan sudah oke, saatnya menabur pesona dengan wewangian yang pas dengan kepribadian kamu.

Miliki wewangian andalan via www.chanel.com

Badan yang bau tentu menjadai faktor penyebab orang akan menjauh dari kamu. Bayangkan saja, kamu sedang menawarkan sesuatu untuk klien, penampilanmu sudah oke, tetapi kamu bau badan. Apa kata dunia? Bisa-bisa proyek kamu gagal goal, hanya karena kamu kurang tepat membawa diri. Salah satu agar pesona kamu keluar adalah dengan menggunakan wewangian yang pas dengan kepribadian kamu.

9. Untuk cewek, sediakan waktumu untuk belajar makeup. Kamu sudah wanita dewasa lho. Satu set makeup basic akan sangat membantu.

Menggunakan makeup adalah hal yang wajar dilakukan oleh wanita karir. Jika kamu cewek dan sedang memulai petualangan di karir kamu, ada baiknya mulai belajar makeup dari sekarang. Tak perlu makeup yang menor-menor. Menguasai hal sederhana seperti cara memakai bedak, eyeliner, dan alis itu sudah modal yang bagus buat kamu. Kalau lipstik mah, semua orang sudah bisa pakai. Ya?

Gimana, sudah siap menyongsong rutinitas barumu?