Ini Tanda-tanda Kulit Wajahmu Sedang Kelelahan dan Stres

Tanda kulit wajah kelelahan

Sebagian orang pastinya pernah dong merasakan kelelahan. Seperti mengantuk mengantuk hebat karena nggak tidur hingga lunglai karena tenaga terlalu diforsir.  Nah kebiasaan-kebiasaan ini ternyata sama sekali nggak bagus loh untuk tubuh karena bisa menyebabkan tubuh kelelahan dan sakit.

Advertisement

Dengan keadaan lelah seperti itu pastinya lelah tubuh adalah yang paling terasa. Tapi tahu nggak sih, SoHip? Ternyata kulit wajah juga bisa ikutan lelah bahkan stres dengan gaya hidup yang seperti itu lo. Tanda-tanda kelelahan tersebut bisa terlihat jelas dan bikin wajah jadi nggak banget. Kira-kira apa saja ya? Yuk cari tahu!

Munculnya lingkaran hitam dan mata yang bengkak pastinya bikin wajah terlihat sembab dan lelah

Wajah sembab / credit: Photo by Soroush Karimi on Unsplash

Lingkaran hitam yang tak enak dipandang mata tentunya bisa muncul dan mengganggu penampilan. Hal ini bisa terjadi karena sirkulasi darah melambat sehingga pembuluh darah di bawah mata meluas dan menyebabkan lingkaran hitam di sekitar mata. Selain itu mata yang membengkak atau sembab merupakan efek kulit kelelahan yang dehidrasi.

Kelelahan bisa bikin jerawat bisa datang secara tiba-tiba, kalau kamu biasanya mudah berjerawat maka kondisi akan semakin parah~

Wajah berjerawat / Credit: Photo by Anna Nekrashevich from Pexels

Ternyata kulit yang lelah juga bisa buat jerawat berdatangan, hal ini merupakan reaksi dari kelelahan dan juga stres yang turut kulit kita rasakan. Saat stres, tubuh kita mengeluarkan hormon kortisol. Ketika hormon kortisol naik, kadar hormon testosteron akan ikut naik. Hormon testosteron yang juga dimiliki perempuan ini menyebabkan lonjakan produksi sebum atau minyak di kulit, akhirnya jerawat makin meradang.

Advertisement

Kulit yang kelelahan biasanya juga dibarengi dengan dehidrasi, maka dari itu wajah bisa nampak kusam

Jangan lupa pakai pelembab / Photo by Anna Nekrashevich from Pexels

Ketika tubuh kita sedang lelah dan stres maka banyak kehilangan cairan dan tidak mampu menyingkirkan sel-sel kulit mati secara alami. Itu sebabnya SoHip perlu penanganan dari dalam seperti halnya minum air putih cukup. Selain itu butuh pula bantuan dari luar dalam bentuk pelembap yang menghidrasi kulit dan eksfoliasi kulit secara rutin.

Bedakan kulit kering dan dehidrasi ya SoHip, kalau kering karena kurangnya minyak. Dilansir dari laman Alodokter dehidrasi karena kekurangan cairan yang bisa sebabkan kulit kusam, tidak elastis, penuaan dini  dan lain-lain.

Kerutan halus juga bisa bermunculan loh karena kulit yang kelelahan, Jangan sampai kerutan muncul sebelum waktunya ya SoHip~

Advertisement

Kerutan di wajah / Photo by cottonbro from Pexels

Masih karena kekurangan cairan, dehidrasi yang dialami kulit wajah juga bisa menyebabkan kulit menurun pH-nya. Maka dari itu pada hari yang lelah jangan sampai melupakan minum dan juga pelembab. Kamu juga bisa gunakan sleeping mask untuk menjaga kulit agar tetap terhidrasi dan juga ternutrisi.

Ternyata tubuh yang lelah juga bisa menyebabkan kulit yang lelah, bahkan nggak tanggung-tanggung semuanya bakal terlihat jelas di muka, SoHip. Maka dari itu pastikan sediakan waktu untuk istirahat dan tidur yang cukup ya~

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An avid reader and bookshop lover.

CLOSE