‘Slugging’, Tren Terbaru Perawatan Kulit Kering ala Cewek Korea. Pakai Petroleum Jelly!

Teknik slugging

Apakah kamu punya masalah kulit kering?

Advertisement

Saat ini ada tren perawatan kulit ala Korea atau yang dikenal dengan K-Beauty untuk merawat kulit kering, lo. Sebenarnya tren ini sudah mulai dikenal sejak beberapa tahun lalu dan saat ini masih ramai peminat. Perawatan kulit kering ala K-Beauty ini disebut slugging atau teknik menjaga kelembapan kulit wajah menggunakan petroleum jelly.

Teknik ini dipercaya dapat merawat kerusakan akibat kulit kering dan dehidrasi. Kulit menjadi lebih lembap dan tampak terlindungi karena lapisan petroleum. Slugging juga banyak direkomendasikan oleh ahli kecantikan di Amerika Serikat dan banyak skincare enthusiast, lo. Kendati demikian, slugging sempat menuai kontroversi soal efektivitas dan keamanannya. Supaya lebih jelas, yuk kenal lebih dekat dengan slugging, apa manfaat dan gimana cara melakukannya?

Mengenal slugging dan manfaatnya untuk menjaga kelembapan kulit. Apa aja?

Credit: Photo by chris howard from Pexels

Saat mendengar nama slugging, mungkin kamu akan berpikir tren perawatan kulit wajah menggunakan snail mucin alias lendir siput yang juga cukup populer. Sebab, nama slugging berasal dari kata ‘slug’ yang berarti siput. Hali ini karena slugging memang terinspirasi dari dari gaya siput saat masuk ke dalam tempurung untuk melindungi diri. Slugging diibaratkan seperti tempurung yang melindungi kelembapan kulit menggunakan petroleum jelly.

Advertisement

Fungsi petroleum memang sudah dikenal jauh sebelumnya untuk mengatasi kulit kering seperti area siku, lutut, telapak kaki dan bibir, sementara sluggling ini merupakan perawatan khusus kulit kering di area wajah. Saat diaplikasikan ke wajah, petroleum jelly memang tampak seperti lapisan pelindung kulit yang transparan. Hal ini karena pretroleum bersifat occlusive atau membentuk lapisan pengunci. Lapisan ini akan mengunci kelembapan kulit dan melindunginya dari kerusakan karena mengalami dehidrasi.

Kontroversi di balik teknik slugging: apakah efektif dan aman ya?

Petroleum Jelly | Credit by Towfiqu Barbhuiya on Unsplash

Sebelum menjadi tren dan banyak yang mencoba, slugging sebenarnya sudah umum digunakan oleh perempuan Korea. Mereka merasakan manfaat slugging secara nyata dan efektif. Namun, setelah teknik perawatan ini viral di media sosial bahkan dimuat di platform kecantikan Reddit, slugging justru menuai kontroversi. Petroleum jelly yang membentuk lapisan untuk mengunci kelembapan justru dinilai berbahaya.

Advertisement

Pasalnya, lapisan tersebut juga mengunci kotoran, minyak dan keringat pada pori-pori. Hal inilah yang membuat slugging menjadi kontroversi, apalagi beberapa skincare specialist mengalami masalah kulit setelah mencoba slugging. Melansir dari About Face Skin Care, seorang skincare specialist asal Philadelphia menentang slugging karena dinilai bisa merusak kulit yang berjerawat. Ia mengungkap petroleum jelly memang bisa melembabkan kulit tapi bukan untuk kulit wajah. Ada pula yang menentang karena slugging mengakibatkan flek hitam dan bruntusan.

Melansir dari Byrdie, American Academy Dermatology menegaskan bahwa petroleum jelly sangat aman diaplikasikan pada kulit wajah. Kendati demikian, hanya diperuntukkan pada kulit kering dan bukan kulit yang beminyak, bahkan berjerawat. Kekhawatiran publik mengenai slugging yang mengunci kotoran di dalam pori-pori memang benar adanya. Sehingga kamu juga harus berhati-hati saat menerapkan slugging ya, pastikan wajahmu bersih dan nggak berjerawat.

Langkah melakukan slugging yang aman, kuncinya sih kulit bersih dan nggak boleh berjerawat!

Bersihkan wajah sebelum slugging | Credit by pvproduction on Freepik

Teknik perawatan kulit ini sebaiknya dilakukan malam hari sebelum tidur. Sebab, lapisan petroleum akan membuat kulit wajahmu tampak sangat berminyak dan mungkin akan mengganggu aktivitasmu. Jangan khawatir jika petroleum akan menempel di bantal, karena bahan ini mudah diserap kulit dan nggak meninggalkan residu. Berikut langkah-langkah slugging yang bisa kamu coba:

  • Bersihkan wajah dari kotoran debu dan make up. Jika kamu menggunakan make up yang tebal, usahakan untuk double cleansing supaya pori-pori kulit benar-benar bersih.
  • Gunakan skincare routine seperti yang biasanya kamu lakukan tanpa slugging
  • Oleskan petroleum jelly sebagai lapisan terakhir. Jangan ragu untuk membuat lapisan yang tebal, ya. Ratakan petrolerum di seluruh wajah dan berikan pijatan halus pada bagian yang terasa kencang akibat dehidrasi kulit.
  • Setelah slugging selesai, kamu bisa istirahat dan rasakan kelembutan kulitmu di pagi hari.

Cara kerja slugging dalam menjaga kelembapan kulit serta membantu penyerapan skincare

Perawatan kulit slugging | Credit by gpstudio on Freepik

Selain digunakan di malam hari, slugging sebenarnya bisa digunakan siang saat musim dingin yang membuat kulimu kering. Slugging akan membantu mengendurkan kulit yang mengencang akibat suhu dingin. Namun, kamu harus memastikan kulitmu bersih sebelum melakukan slugging, ya. Sebab petroleum jelly yang kamu aplikasikan di wajah akan bekerja dengan cara menutup pori-pori kulit untuk melindunginya dari penguapan.

Inilah kenapa slugging juga dapat membantu kulit menyerap produk skincare lain dengan efektif. Sebab petroleum akan ‘memaksa’ skincare meresap sempurna dengan cara memberikan lapisan di permukaan kulit. Bayangkan deh, jika kamu melakukan slugging tanpa membersihkan kulit wajah lebih dulu sampai tuntas. Bisa jadi akan timbul masalah kulit seperti bruntusan dan jerawat, karena kotoran di kulit wajah terkunci di dalam pori-pori. Jadi ingat untuk berhati-hati ya!

Untuk mencoba tren ini, kamu bisa menggunakan produk petroleum dari Vaseline, CeraVe dan Aquaphor dari Nivea. Selain manfaatnya cukup bagus untuk merawat kulit kering, slugging termasuk perawatan yang super mudah dan murah. Buat kamu yang punya kulit super kering, bisa dicoba nih!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE