6 Tren Skincare yang Diprediksi Bakal Populer di Tahun 2022

Tren skincare 2022

Bicara soal tren pasti nggak akan ada habisnya, karena setiap kita pasti terus bertumbuh dan menemukan sesuatu yang baru. Biasanya tren sangat dipengaruhi dengan kondisi atau kebutuhan kebanyakan orang. Seperti tren skincare misalnya, apa yang banyak dibutuhkan orang untuk perawatan kulit bisa menjadi tren, apalagi jika manfaatnya nyata dan mendukung gaya hidup.

Advertisement

Seperti tren pada umumnya, skincare juga mengalami perubahan setiap tahunnya. Nah, menuju akhir tahun ini, beberapa skincare expert mulai dari peneliti hingga beauty enthusiast telah memprediksi seperti apa tren skincare 2022. Tentunya nggak lepas juga dengan kebiasaan, kebutuhan dan gaya hidup orang-orang setelah 2 tahun lebih dilanda pandemi. Yuk intip apa saja tren skincare yang diprediksi bakal populer di 2022!

1. Skincare yang mengusung konsep ‘clean beauty’ akan semakin populer karena kesadaran konsumen akan keamanan produk kecantikan

Tren skincare 2022

Clean beauty | Credit by Anna Shvets on Pexels

Clean beauty atau sering disebut juga green beauty, yakni produk kecantikan yang mengutamakan keamanan produk dari proses produksi hingga manfaat yang didapat pengguna. Ciri-ciri clean beauty biasanya terbuat dari tumbuhan (herbal ingredients), tidak mengandung hewan (vegan friendly), bebas dari eksploitasi baik alam maupun buruh (cruelty free), tanpa kandungan minyak sawit (palm oil free). Selain itu, produk clean beauty juga berkontribusi dalam pelestarian lingkungan. Cocok banget dengan isu iklim yang saat ini sedang ramai digaungkan.

2. Waterless skincare turut meramaikan tren yang mengusung konsep ramah lingkungan karena dinilai bisa mengurangi limbah produksi

Tren skincare 2022

Waterless skincare | Credit by Karolina Grabowska on Pexels

Sebelumnya, skincare ramah lingkungan hanya dilihat dari kemasan produknya. Di tahun 2022, inovasi diwujudkan dengan waterless skincare. Produk ini dibuat dengan sedikit air sehingga hanya berbentuk konsentrat. Air akan ditambahkan sendiri oleh pengguna saat akan memakainya, karena skincare ini kebanyakan berbentuk batangan dan serbuk. Waterless skincare dinilai lebih ramah lingkungan karena mengurangi penggunaan air, mengurangi limbah cair di pabrik yang selama ini sulit diatasi, bisa mengurangi bobot pengiriman dan produk lebih awet.

Advertisement

3. Hybrid cosmetic menjadi skincare sekaligus makeup yang diprediksi akan populer di tahun 2022 karena orang akan memilih produk yang multi fungsi

Tren skincare 2022

Hybrid skincare | Credit by Ron Lach on Pexels

Ramainya konsep gaya hidup minimalis yang membentuk tren beauty minimalism ternyata juga berpengaruh pada tren skincare. Tahun 2022 orang akan mencari produk yang multifungsi misalnya makeup sekaligus skincare. Sehingga, kita nggak perlu memakai banyak produk untuk mendapatkan beberapa manfaat. Saat ini beberapa produk lokal sudah mulai berinovasi membuat hybrid cosmetic, lo. Udah pernah coba?

4. Produk skincare yang mampu melindungi kulit dari paparan blue light semakin banyak dicari di 2022 nanti

Tren skincare 2022

Proteksi blue light | Credit by Anna Shvets on Pexels

Intesnitas interaksi di depan layar diketahui mampu memberikan pengaruh buruk pada kulit. Blue light atau sinar biru dari layar laptop, tablet, atau gadget lainnya ternyata bisa menimbulkan bintik hitam, memperjelas garis halus dan kerutan. Inovasi sunscreen yang bisa melindungi kulit dari blue light ini akan banyak dicari karena sangat dibutuhkan.

5. Skincare yang mampu memperbaiki skin barrier karena tren sebelumnya orang lebih tertarik dengan eksfoliasi

Tren skincare 2022

Memperbaiki skin barrier | Credit by Sora Shimazaki on Pexels

Skin barrier belakangan ini menjadi perhatian dari berbagai merek skincare dan beauty expert. Hal ini karena beberapa tahun sebelumnya eksfoliasi kulit menjadi tren yang sangat populer, sehingga membuat skin barrier jadi rusak. Di tahun 2022 nanti inovasi skincare yang berfokus pada perbaikan skin barrier akan banyak dicari.

Advertisement

6. Produk kolaborasi yang semakin unik maka akan semakin laris dan populer karena bikin penasaran

Tren skincare 2022

Kolaborasi | Cedit by Ready Made on Pexels

Kolaborasi merek skincare baik dengan selebritas maupun produk makanan belakangan ini menjadi tren. Diperkirakan tren ini akan semakin populer di tahun 2022 karena menurut pengamat pasar, kolaborasi produk mampu meningkatkan brand awareness. Keunikan kolaborasi juga menjadi daya tarik sendiri yang membuat orang semakin ingin mencobanya.

Nah itulah beberapa skincare yang diprediksi akan populer di tahun 2022. Mana nih, yang paling membuatmu penasaran, atau ada yang sudah kamu coba duluan? Mengikuti tren kecantikan memang bisa membuatmu menemukan produk yang tepat. Namun, perlu hati-hati ya, nggak semua yang ngetren bisa cocok dengan kulitmu jadi kamu tetap harus berhati-hati~

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE