Sebuah Penelitian Ungkap Bahwa Wanita Kelihatan Lebih Tua di Hari Rabu. Eh, Kenapa?

woman looks older Wednesday

Kulit wajah menjadi salah satu bagian yang cukup penting, terutama bagi para kaum cewek. Walaupun saat ini sudah banyak juga laki-laki yang aware dengan kesehatan dan perawatan kulit, para cewek biasanya akan sebal kalau kulit wajahnya bermasalah seperti berjerawat atau mengalami dehidrasi kulit. Nah, ternyata permasalahan tersebut bisa muncul karena kita nggak menjalani pola hidup dengan benar lo.

Advertisement

Menariknya sebuah studi di Inggris mengatakan kalau wanita bisa kelihatan lebih tua pada hari Rabu sore. Duh, kira-kira apa ya yang menjadi alasannya? Nah, daripada penasaran, yuk langsung simak ulasan berikut ini!

Studi ini dilakukan oleh salah satu merek perawatan kulit asal Inggris, yaitu St. Tropez terhadap sejumlah wanita

Makanan jadi penyumbang permasalahan kulit wajah | Photo by Icons8 Team on Unsplash

Studi ini dilakukan oleh salah satu merek perawatan kulit asal Inggris, yaitu St. Tropez. Mereka melakukan sebuah survei terhadap wanita di Inggris. Menurut hasil studi, makanan menjadi salah satu penyumbang permasalahan kulit dan menyebabkan wajah terlihat lebih tua. Para perempuan di Inggris cenderung akan mengonsumsi makanan manis untuk mengurangi stres, tetapi hal itu justru membuat kulit wajah mereka mengalami beberapa masalah.

Hasil studi mengatakan bahwa wanita akan terlihat lebih tua pada hari Rabu sekitar pukul tiga sore. Spesifik sekali~

Hari Rabu jadi puncak stres | Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Menurut hasil studi St. Tropez yang dikutip dari laman Her, seperempat wanita yang menjadi responden mengatakan bahwa mereka merasa stres beberapa kali dalam seminggu, satu dari lima wanita mengakui bahwa mereka biasanya bekerja sampai jam makan siang pada hari Rabu, serta dua pertiga wanita mengatakan bahwa mereka mengalami penurunan energi pada setiap hari Rabu sore.

Advertisement

Alasan lain yang membuat wanita kelihatan lebih tua pada hari Rabu ialah karena sebagian besar wanita di Inggris biasa mengonsumsi minuman alkohol seperti wine pada saat akhir pekan. Menurut Nichola Joss sebagai perwakilan dari St. Tropez, proses metabolisme saat mencerna alkohol dapat membebani kerja organ tubuh dan memerlukan waktu sekitar 72 jam untuk melihat efek dari alkohol sehingga efek tersebut baru akan terlihat di hari Rabu.

Berkurangnya jam tidur juga turut menyumbang proses penuaan dan hasil studi menunjukkan bahwa lebih dari sepertiga wanita mengalami kurang tidur yang parah pada hari Senin malam

Menurut Joss, efek dari kurang tidur dapat terlihat di wajah selama 48 jam, jadi kalau banyak wanita yang kurang tidur di hari Senin, maka efek penuaan pada wajah akan terlihat pada hari Rabu. Jadi, hari Rabu merupakan puncak dari tingkat stres yang tinggi dan penurunan energi sehingga wanita akan terlihat lebih tua. Waduh!

Sebaliknya, hasil studi juga menunjukkan kalau wanita cenderung merasa bahagia pada hari Jumat

Advertisement

Hari paling bahagia di kalangan wanita | Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Kalau sebelumnya wanita akan kelihatan lebih tua pada hari Rabu sore, hasil survei dari St. Tropez juga menunjukkan bahwa hari Kamis menjadi hari yang paling dinantikan oleh para wanita untuk berkencan. Sedangkan  hari Jumat menjadi hari paling bahagia di kalangan wanita.

Ternyata alasan di balik ‘wanita kelihatan lebih tua pada hari Rabu’ ini cukup kompleks, ya. Hari Rabu dianggap sebagai puncak dari stres, kurang istirahat, dan pola makan yang kurang teratur. Nah, biar kamu nggak cepat mengalami penuaan dini, usahakan untuk istirahat yang cukup, mengonsumsi makanan sehat, dan lakukan perawatan kulit seperti menggunakan skincare supaya kulit wajahmu tetap sehat dan ternutrisi ya! Satu lagi, jangan banyak stres apalagi banyak marah-marah 🙂

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE