Curriculum Vitae atau yang biasa disingkat CV, atau juga yang seringkali disebut daftar riwayat hidup sudah pasti wajib dimiliki oleh semua pencari kerja. Kamu yang baru saja menyelesaikan pendidikan dan berubah statusnya menjadi job hunter, akan menguasai skill baru yaitu seni membuat CV. Tujuannya?

Tentu kalau CV sudah nampak memikat, maka pihak HRD akan tertarik untuk membacanya. Harapan lain, sebisa mungkin HRD akan berkesan dan memanggilmu ke tahap wawancara. Begitu kan?

Advertisement

Nah, CV yang menarik itu bukan sembarang unik, namun juga efektif. Pembuatannya bukan sekadar menggunakan desain tampilan yang penuh pernak-pernik, melainkan dibuat secara proporsional dan yang paling penting ‘unik’. Penasaran gimana cara meramu CV yang nggak cuma kreatif tapi juga efektif? Nih, di sini Hipwee udah kumpulin contoh-contohnya.

1. CV dari kertas mah biasa, yang luar biasa ya ini, dari kain yang dijahit-jahit gitu lho~

kain-kain bekas pun bisa diberdayakan

kain-kain bekas pun bisa diberdayakan via www.idseducation.com

Teruntuk kamu yang memiliki passion di bidang jahit-menjahit dan melamar menjadi asisten pada desainer nge-hits misalnya, ini bisa jadi cara kreatif supaya passionmu nampak lebih nyata kan?

2. Hari gini, apa sih yang nggak ada di google? Ini juga bisa menunjukkan betapa famousnya kamuuu~

wew, kurang menarik apa?

wew, kurang menarik apa? via www.idseducation.com

Hayo, siapa nih diantara kalian yang pernah mencoba search nama sendiri di google? Pasti semuanya pernah. Eh tapi pasti lagi nih, hasilnya nggak seperti contoh CV ini kan? Yaiyalah, ini kan dimodifikasi juga. Menarik? Sok dicoba.

3. Model kemasan produk begini juga pasti eye catching lho.. Yakin nggak mau nyoba?

padahal kan nggaka da isinya, hihii

padahal kan nggak ada isinya, hihii via www.idseducation.com

Advertisement

CV berbentuk kemasan produk ini bisa jadi praktik terbaik untuk seorang desainer grafis. Semua informasi tentangmu dapat ditempatkan dalam kardus kemasan produk, seolah-olah merupakan teks dari sebuah produk. Kreatif banget kan?

4. Karena nggak selamanya CV nggak bisa bicara, tunjukkan antimainstream-mu lewat CV seperti ini

tunjukkan suaramu juga

tunjukkan suaramu juga via pinterest.com

Mungkin kamu bosan menampilkan CV biasa yang harus dibaca, kenapa nggak coba bikin yang langsung berbicara alias bersuara? Kamu bisa menunjukan ability secara vokal dengan CV talking resume ini. Kamu juga membuktikkan kalau kamu nggak gaptek lewat cara ini.

5. Siapa sangka kalau bungkus kopi pun ternyata mampu menginspirasi? Perusahaan tak akan berpikir berulang kali untuk memanggilmu interview

pasti mereka penasaran

pasti mereka penasaran via www.idseducation.com

Saat melihat ini, apa yang terbesit di benak kamu? Nah, sama sepertimu, pihak HRD pun akan begitu. Orang pasti akan berpikir betapa kreatifnya si pembuat. Lewat CV model begini, kamu nggak hanya dianggap berkualifikasi dan terampil. Kamu juga menunjukkan kalau memiliki sisi artistik juga.

6. Segala yang vintage pasti laku, tak terkecuali CV mu~

vintage sekarang itu keren dan kekinian

vintage sekarang itu keren dan kekinian via mir-s3-cdn-cf.behance.net

Makin kemari, nuansa vintage semakin diminati. Kamu bisa menambahkan apapun berbau vintage. Seperti berbentuk koper dari luar, ketika dibuka baru deh ketemu kertas-kertas ini atau bahkan buku. Kece kan?

7. Segala yang 3 dimensi itu bakal nampak nyata, pun begitu dengan ability yang nampak dari CV 3D mu…

film aja ada 3Dnya, masa CV nggak ada

film aja ada 3Dnya, masa CV nggak ada via c1.staticflickr.com

Apa kamu merasa kalau menulis CV di selembar atau bahkan beberapa kertas HVS itu membosankan? Itu berarti kamu kudu mulai berkreasi dengan membuat contoh CV 3D. Pilih bentuk yang kamu banget. Kenapa harus tampil biasa jika kamu bisa tampil luar biasa?

8. Mau minim kata-kata? Banyakin infographicnya aja!

wadududuh~

wadududuh~ via pinterest.com

Banyak grafis warna-warni begini pasti bikin siapapun yang melihat jadi penasaran. Tinggal kamunya aja yang butuh ngeluangin waktu lebih lama untuk membuatnya. Hihiii… Cobain gih!

9. CV yang kece itu yang berfungsi sebagai portofolio juga. Format koran begini leh uga….

pasti awalnya dikira koran, ckckck

pasti awalnya dikira koran, ckckck via kennethwedwards.com

Kalau meniru model koran, kamu kudu menyeimbangkan antara naskah dan gambar, dibuat se-seimbang dan se-proporsional mungkin. Mau hitam putih atau colourfull pun sah-sah saja…

10. Pernah kepikiran yang satu ini belum? Model invitation begini masih jarang

ada fotonya sekalian

ada fotonya sekalian via good.co

Dikiranya undangan entar, ya nggak masalah. Yang penting kan si HRD tertarik dan kemudian meluangkan waktunya untuk menelaah CVmu itu. Tinggal pintar-pintar memilih info apa saja yang harus dicantumkan.

11. Koran udah, undangan udah, poster gimana? Yang ini sih kamu kudu punya banyak stok percaya diri. Hihiii

kamu kudu pede

kamu kudu pede via 9bytz.com

Kenapaaa?? Sebab, poster identik dengan foto yang besar dan foto itulah yang bakal pertama dilihat oleh HRD tempatmu melamar kerja. Berani nggak?

12. Kata siapa CV nggak bisa dimodel scrapbook? Siapa yang bisa nolak?

Bisa lebih dari sehari sih emang bikinnya

Bisa lebih dari sehari sih emang bikinnya via snappa.static.pressassociation.io

Tren scrapbook, nampaknya belum usai juga hingga kini. Seseorang pasti bakal bahagia kalau dikasih kado ini, isinya biasanya identik dengan kenangan dan nostalgia. Hmmmm gimana HRD bisa nggak terkesan kalau sudah begini?

13. Permainan masa kecil pun bisa jadi role model untuk membuat CV lho

ular tangga yuk

ular tangga yuk via www.oddee.com

Mau monopoli, ular tangga, scrabble atau apapun, ternyata bisa dibikin jadi CV. Berani taruhan, orang-orang HRD nya pasti bakal takjub dan tersanjung akan kreatifitasmu. Luar biasah!

Jadi, kamu bakal bikin CV yang kaya gimana nih buat lamar pekerjaan? Lalu, lamar dianya kapan?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya