Memasuki gerbang kuliah, seakan kamu ditantang untuk mulai merancang masa depan dengan bijak. Memilih jurusan kuliah tak boleh asal-asalan. Bukan asal ayah ibu senang atau asal yang penting mengecap bangku kuliah. Memilih jurusan kuliah bagaikan memilih teman hidup, harus hati-hati agar tak menyesal nanti.

Namun jurusan kuliah yang baik untuk masa depanmu kelak, tak melulu jurusan kuliah yang memiliki passing grade yang tinggi. Jurusan yang memiliki passing grade biasa-biasa saja justru punya peluang besar untuk mengantarkanmu menjadi pribadi yang lebih sukses. Jangan keburu underestimate yang peminatnya sedikit ini, justru dari situ kamu punya peluang besar untuk mengembangkan kemampuan.

1. Jurusan Sastra Inggris boleh sepi peminat. Namun saat masuk dunia kerja, bisa jadi lulusannya yang paling banyak dicari.

Emma Watson, lulus dari Sastra Inggris University Brown tahun 2014 lalu via evelisemarques.com.br

Jurusan sastra memang hampir selalu sepi peminat. Banyak yang beranggapan untuk kuliah di jurusan ini tak memiliki prospek yang baik. Namun jangan buru-buru percaya dengan anggapan ini. Jika kamu memilih jurusan Sastra Inggris, bukan berarti kamu tak memiliki peluang karir yang baik. Justru banyak peluang baik yang terbuka lebar nantinya.

Dengan memilih jurusan Sastra Inggris, peluang karir seperti peneliti, jurnalis, staff kedutaan besar, penerjemah, atau bahkan pengajar bahasa inggris bisa kamu dapatkan.

2. Mulai dari penulis sampai pengembang komunitas bisa kamu rintis kalau masuk Jurusan Antropologi

Dalam ilmu sosial, jurusan Antropologi adalah jurusan yang memungkinkan mahasiswanya untuk kuliah di luar kelas dalam waktu yang lama. Dalam praktikumnya, mahasiswa Antropologi diharuskan untuk menetap dalam kurun waktu tertentu bersama masyarakat adat di berbagai daerah. Tujuannya adalah agar kamu bisa mengetahui jejak-jejak kebudayaan yang diciptakan manusia di masa lampau. Belajar Antropologi juga membuatmu lebih peka terhadap lingkungan sekitar, itu yang akhirnya menjadikanmu sebagai pribadi yang mudah berbaur.

Sebagai lulusan Antropologi, nantinya kamu bisa mendapatkan peluang karir sebagai peneliti, penulis, community development di berbagai perusahaan, dan masih banyak lainnya. Seorang Antropolg juga akan leluasa dalam memilih karir yang cocok untuk dirinya sendiri. Sehingga kamu tak perlu khawatir tidak akan mendapatkan pekerjaan.

3. Buat kamu yang ngaku traveller, masuk di jurusan Pariwisata bisa jadi pilihan.

Dunia pariwisata berarti identik dengan kegiatan wisata yang pastinya semua orang ingin lakukan. Lalu bagaimana jika kamu berkecimpung langsung ke dalam industri pariwisata, tentunya peluang untuk melakukan kegiatan wisata jadi terbuka lebar bukan? :P. Mengambil jurusan pariwisata saat kuliah, artinya kamu punya peluang untuk bekerja di bidang perhotelan, pelayaran, atau tour manager. Pekerjaan-pekerjaan ini pun memungkinkan kamu untuk keliling Indonesia bahkan luar negeri secara gratis.

4. Jurusan Teknik Kimia nggak seseram kedengarannya. Kamu bisa dapat gaji tertinggi kelak jika masuk jurusan ini.

Sebuah survei dari National Association of Colleges and Employes (NACE) menyebutkan para pekerja bertitel sarjana teknik kimia menjadi salah satu profesi dengan penghasilan tertinggi di dunia. Dari survei yang telah dilakukan oleh NACE ini, seharusnya tak membuatmu berpikir ulang jika harus mengambil jurusan Teknik Kimia ini. Karena masa depan cerah dengan gaji yang terjamin pun sudah menanti.

Tak melulu harus berkutat di laboratorium untuk mencampur bahan-bahan kimia, lulusan Teknik Kimia juga punya peluang karir untuk bekerja di industri agrobisnis, industri proses kimia, industri renewable energy, atau bahkan industri perbankan.

5. Kondisi perkotaan yang semakin semrawut membuat jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota memiliki peluang besar untuk dipelajari.

Mulai banyak pembangunan gedung-gedung tinggi yang tak mengindahkan kelestarian lingkungan, membuat penataan kota-kota di Indonesia menjadi semakin semrawut. Jika tidak segera ditemukan solusinya, maka bentuk kota-kota di Indonesia akan semakin tidak tertata dan menjadi tak nyaman untuk menjadi tempat tinggal.

Maka, lulusan jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota punya peluang besar untuk mengatasi hal ini. Ilmu-ilmu yang kamu dapatkan selama kuliah di jurusan PWK ini akan bermanfaat besar di masa mendatang.

6. Kuliah di Teknik Perkapalan membuatmu ahli dalam menciptakan kapal terbaik untuk negeri. Yakin ngga tertarik?

teknik perkapalan punya masa depan cerah juga via fiazku.wordpress.com

Indonesia dikenal sebagai negara maritim, dimana luas lautannya lebih banyak dibandingkan luas daratannya. Sementara untuk pulau-pulau di Indonesia juga masih banyak yang dipisahkan oleh lautan, sehingga kapal menjadi alat transportasi yang masih sangat diandalkan selain pesawat terbang.

Jika kamu memilih Teknik Perkapalan sebagai jurusan untuk masuk kuliah, maka kesempatanmu untuk menciptakan kapal terbaik untuk ibu pertiwi ini terbuka lebar. Tak hanya soal gaji yang besar, tapi rasa bangga telah memberikan sumbangsih untuk negara juga akan kamu dapatkan.

Agar lebih siap dalam menghadapi tes masuk ke jurusan-jurusan potensial di atas, maka kamu bisa menjajal Quipper Video untuk membantumu mengerjakan soal-soal SBMPTN. Di sini kamu bisa belajar lewat metode pembelajaran dari tutor profesional dan berpengalaman di bidangnya

Quipper Video sendiri merupakan cara baru untuk belajar berbasis video online yang bisa mempersiapkanmu menghadapi UN dan SBMPTN. Proses belajar di Quipper Video bakal terasa lebih seru dan menyenangkan.