Dalam dunia perkuliahan, kamu pasti mengenal berbagai julukan untuk mahasiswa, mulai dari mahasiswa kura-kura (kuliah rapat-kuliah rapat), kupu-kupu (kuliah pulang-kuliah pulang), hingga kupi-kupi (kuliah rumpi-kuliah rumpi). Tipe julukan mahasiswa ini dilihat dari seberapa eksis dia di kampus. Di antara sederet julukan tersebut kura-kura (kuliah rapat-kuliah rapat) bisa dibilang sebagai kasta yang paling tertinggi. Biasanya mahasiswa yang tergolong sering rapat ini adalah mereka yang seorang aktivis kampus. Mereka adalah tipe mahasiswa yang punya segudang kegiatan, dikenal banyak orang, dan memperjuangkan berbagai hal untuk kepentingan orang banyak.

Sementara di sisi lain ada segelintir mahasiswa yang hobinya kuliah pulang-kuliah pulang atau ke kampus hanya murni untuk belajar. Hidup sebagai mahasiswa bagi mereka hanya soal akademis saja. Alasannya bisa jadi karena ikut organisasi dirasa memberatkan dan terlalu malas menunggu waktu rapat. Padahal, untuk produktif tidak selalu harus jadi aktivis lho, guys! Buat kamu yang bukan aktivis kampus tapi ogah jadi mahasiswa kupu-kupu, referensi kegiatan yang Hipwee berikan kali ini mungkin bisa jadi inspirasi buatmu. Yuk simak! 🙂

1. Agar lebih mahir, kamu bisa asah kemampuan menulismu di komunitas menulis online. Coba deh nulis di situs kemudian.com

Tampilan kemudian.com, situs yang asyik buat belajar menulis. via skyshi.com

Punya keinginan menjadi penulis, tapi bingung bagaimana memulainya? Untukmu yang ingin belajar menulis situs kemudian.com bisa banget kamu kunjungi. Di situs ini kamu bisa memposting tulisanmu, dari mulai cerpen hingga puisi. Untuk cerpen yang kamu posting misalnya, entah itu sudah berupa cerita yang utuh atau baru ide ceritanya saja, anggota lain akan menambahkan bagian lain dari cerita. Jadi, cerita dibentuk secara bersama-sama.

Selain bisa memposting cerita dan menambahkan cerita, situs ini juga mengajarkan kita untuk mengapresiasi karya anggota lain. Situs ini mengenal sistem poin. Jika kamu memberi komentar untuk karya anggota lain, kamu akan mendapat 5 poin. Poin-poin tersebut digunakan untuk memposting cerita atau puisi. Klik link ini ya untuk mengunjungi situsnya!

2. Daripada cuma nongkrong ngabisin duit, coba ajak teman-teman sepermainanmu membuat kegiatan amal. Dimulai dari lingkup yang kecil dulu~

Advertisement

Berbagi nasi bungkus untuk mereka yang membutuhkan. via agunkzscreamo.blogspot.com

Mungkin banyak diantara kamu yang tertarik untuk berkegiatan amal, tapi belum siap untuk menjadi anggota komunitas. Kamu bisa lho memulai kegiatan amal dari ruang lingkup yang kecil dulu. Seperti misalnya bikin kegiatan bagi-bagi nasi bungkus gratis untuk mereka yang membutuhkan. Kamu bisa melakukan kegiatan ini bersama dengan teman kosan atau teman satu geng-mu.

Caranya, kamu dan teman-temanmu bisa patungan untuk membeli bahan makanan. Sebelumnya tentukan dulu makanan apa yang akan kalian masak. Setelah itu masak rame-rame dan bungkus deh. Terakhir, bagikan makanan tersebut kepada mereka yang membutuhkan, dari mulai pengamen, pengemis, hingga tukang parkir sekitar kampus.

3. Perdalam minatmu dalam bidang seni dengan mengikuti UKM seni di kampusmu. Dari mulai UKM musik hingga teater pasti ada!

Kamu bisa lho mengikuti UKM teater. via www.umm.ac.id

Nah, buat kamu yang punya ketertarikan pada bidang seni, bisa mendaftarkan diri dengan menjadi anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang bergerak di bidang seni. Di setiap kampus pasti selalu ada UKM seni-nya. Tinggal pilih aja, mana yang kamu banget. Buat kamu yang tertarik bermain gitar, bisa ikut UKM akustik. Mau jadi aktris teater, bisa daftar menjadi anggota UKM teater. Hayoo, kamu tertarik yang mana?

4. Jangan pernah absen menghadiri event seru tempat berkumpulnya para anak muda keren. Contohnya Indonesian Youth Conference!

Suasana di IYC.. via generasimudaid.com

Akhir-akhir ini event yang diperuntukkan bagi anak muda, semakin menjamur saja. Pastikan kamu nggak ketinggalan untuk menghadirinya ya. Sering-sering mengecek tanggal event yang akan diadakan dalam waktu dekat. Event ini selain jadi ajang hiburan yang edukatif, juga memfasilitasi kamu untuk bertemu dengan para pembicara hebat yang layak jadi panutan anak muda. Salah satu dari banyak event tersebut adalah Indonesian Youth Conference (IYC) yang digagas oleh Sinergi Muda. Masih banyak lagi youth event lain yang nggak kalah kerennya. Hayo kamu sudah pernah ikut yang mana?

5. Kalau memang cinta banyak bahasa, kamu pasti suka berkumpul dengan teman yang punya minat sama seperti di Polyglot Indonesia

Komunitas Polyglot Indonesia. via www.stopnarkoba.com

Ingin memperdalam bahasa asingmu? Kamu bisa lho mengikuti komunitas Polyglot Indonesia. Komunitas ini mewadahi mereka yang menguasai lebih dari satu bahasa asing. Dari mulai bahasa Inggris, Jerman, Italia, hingga Spanyol ada. Penasaran ingin gabung? Kamu bisa mengunjungi situsnya lebih dulu sebelum bergabung. Klik link ini ya.

6. Udah pernah jadi relawan di museum belum? Nggak cuma bisa dicantumkan di CV aja, tapi juga bikin kamu makin cinta sama sejarah

Menjadi sahabat Museum KAA juga bisa ikut kelas bahasanya. via sebandung.com

Saat ini beberapa museum membuka rekrutmen untuk menjadi relawan di sana. Tugasmu ketika menjadi sahabat museum adalah menjadi panitia acara ulang tahun misalnya, serta turut serta berperan aktif dalam kegiatan museum lainnya. Kamu juga bisa lho menjadi tour guide bagi orang asing yang mengunjungi museum tersebut. Salah satu museum yang rutin membuka oprek untuk menjadi relawan ini adalah Museum KAA (Konferensi Asia Afrika). Klik link ini ya untuk informasi lebih lanjut.

7. Libur kuliah 2-3 bulan, cus langsung manfaatkan dengan menjadi relawan di organisasi lingkungan hidup!

Jadi relawan WWF juga bisa lho. via www.wwf.or.id

Nah, manfaatkan waktu liburmu selama 2-3 bulan untuk menjadi relawan atau magang di organisasi lingkungan hidup. Salah satu organisasi lingkungan hidup yang kerap membuka lowongan untuk mahasiswa magang adalah WWF (World Wide Fund) Indonesia. Untuk lebih jelasnya mengenai syarat dan ketentuannya, kamu bisa klik di link ini.

Tuh kan, bener! Nggak harus melulu jadi aktivis kampus untuk jadi mahasiswa produktif. Banyak sekali jalan yang bisa kamu tempuh untuk jadi mahasiswa produktif, sesuai minat dan bakatmu. Semoga deretan kegiatan yang udah Hipwee coba rangkum buat kamu bisa membantu mengasah soft skill-mu. Karena kesuksesan menjadi mahasiswa, bisa diraih oleh siapa saja. 🙂

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya