Kamu suka fotografi? Skill satu ini memang sedang seksi-seksinya diminati, apalagi di zaman digital yang memudahkan orang untuk mengunggah foto lewat media sosial ini. Momen berharga yang tertangkap kamera dalam sudut yang sempurna akan jadi media yang tepat untuk berbagi cerita. Syukur-syukur hasil jepretanmu mendapatkan banyak like dari para follower. 

Nah, kali ini Hipwee punya artikel yang menarik buat kamu yang hobi foto-foto. Berikut ini adalah tujuh panduan singkat yang bisa meningkatkan skill fotografimu. Dibaca baik-baik ya, siapa tau bisa jadi sumber referensi untuk meningkatkan pemahaman fotografimu ke level yang lebih tinggi.

1. Sebelum menciptakan foto bagus, pahami seperti apa foto yang bagus itu. Rajin mengamati karya fotografer top bisa jadi awal usahamu

Sesekali datanglah ke pameran foto

Sesekali datanglah ke pameran foto via www.timeout.com

Advertisement

Kamu tak akan bisa menciptakan foto yang bagus kalau kamu sendiri belum paham apa yang dimaksud dengan foto yang ‘bagus’. Nah, salah satu caranya kamu bisa mengunjungi pameran foto yang sering diadakan di kotamu. Amati dan rasakan karakter dan pesan yang sedang berusaha disampaikan oleh sang fotografer lewat objek fotonya. Setiap fotografer punya gaya khasnya masing-masing. Sering mengamati karya yang berbeda akan memberikanmu banyak referensi foto-foto bagus.

Kamu juga bisa juga melakukan hal ini dengan cara yang lebih sederhana, yaitu dengan memanfaatkan internet. Amati karya fotografer-fotografer top via Google, Twitter, Instagram, Flickr, Pintrest, dan media sosial lainnya. Jika kamu menemukan fotografer yang kamu suka, ikuti akun media sosialnya agar segala update bisa kamu lihat.

2. Tak hanya melihat-lihat foto, rajin membaca artikel fotografi dari para ahli juga bisa meningkatkan pemahamanmu tentang esensi foto

Membaca buku juga tak kalah penting

Membaca tips dan trik dari para master fotografi via id.pinterest.com

Selain menghadiri pameran atau browsing foto-foto yang bagus via internet, kamu juga wajib menambah pemahamanmu tentang dunia fotografi dengan membaca tips dan trik dari para master fotografi. Sebab, melihat foto tanpa dibantu dengan teori yang lengkap justru akan membuatmu bingung. Teori akan membantumu memetakan dengan baik objek foto dan pesan yang ingin kamu rangkai dalam satu frame. Selain itu, kamu bisa melengkapi usahamu memahami teori foto ini dengan menonton tutorial dari para ahli di Youtube. Sehingga kamu bisa mengerti cara mempraktikkan panduan-panduan tersebut dengan kamera di tanganmu.

3. Setelah melihat foto yang bagus dan membaca artikel, saatnya kamu meniru sudut pandang mereka dalam memotret sebuah objek

Meniru lalu modifikasi

Meniru lalu modifikasi via www.parrishphoto.com

Advertisement

Melihat foto sudah, membaca artikel juga sudah. Selanjutnya, mulailah menerapkan pelajaran yang kamu dapat dari dua poin pertama. Tak perlu bingung, kamu cukup meniru karya para fotografer top yang pernah kamu lihat untuk menghasilkan foto yang bagus. Sambil meniru karya mereka, mulailah memodifikasi. Buatlah karya yang tak kalah cantik dari para fotografer top dengan cara mengeksplorasi kemampuanmu di bidang fotografi.

4. Dalam dunia fotografi, cahaya adalah segalanya. Jadi, mulailah untuk belajar memaksimalkan cahaya

Fotografer top Indonesia, Darwis Triadi

Fotografer top Indonesia, Darwis Triadi via intisari-online.com

Inti dari fotografi adalah bermain dengan cahaya.

Kalimat tersebut pernah diucapkan oleh salah satu fotografer top Indonesia, Darwis Triadi. Kebayang ‘kan betapa pentingnya cahaya dalam menciptakan foto-foto berkualitas? Jika seorang fotografer mampu memainkan dan menyiasati arah datangnya cahaya ke obyek foto dengan baik dan benar, maka dia akan menghasilkan karya yang bagus. Begitu juga sebaliknya, kalau kamu salah menyiasati arah datangnya cahaya tersebut, hasilnya tidak akan sesuai dengan harapan.

Berkreasi dengan berbagai sudut pengambilan foto bisa membuatmu semakin mahir menyiasati arah datangnya cahaya. Mulai sekarang, kamu harus lebih berani bermain cahaya untuk foto-fotomu, ya!

5. Bergabunglah ke dalam komunitas fotografi. Perbanyak diskusi dan bertukar pengetahuan tentang memotret

Bergabung bersama komunitas fotografi

Hunting foto asyik bersama komunitas fotografi via dansplainephoto.com

Bertukar informasi dengan sesama pegiat fotografi akan membuat pengetahuanmu semakin luas. Banyak kepala, banyak ide, dan pasti banyak inspirasi. Oleh karena itu, bergabunglah dengan komunitas fotografi. Selain tempat bertukar ide, komunitas fotografi juga sering mengadakan pertemuan, workshop, dan pastinya hunting foto bareng. Hunting foto bareng akan membuat pengeluaranmu lebih sedikit dibandingkan kamu hunting sendirian.

Selain itu, kamu juga bisa membangun jejaring dengan orang-orang yang memiliki minat dan bakat sama sepertimu. Siapa tahu di masa depan ketika kalian sudah sama-sama jadi fotografer profesional, akan banyak proyek dan ide yang bisa dikolaborasikan.

6. Tingkatkan kepekaanmu dalam melihat sebuah objek. Semua hal bisa terlihat indah asalkan difoto dengan angle yang menarik

Fotografer harus peka melihat objek

Fotografer harus peka melihat objek via pixabay.com

Untuk membuat skill fotografimu meningkat, kamu juga wajib meningkatkan kepekaan terhadap sebuah objek. Tak perlu khawatir, kepekaan itu akan muncul dengan sendirinya asalkan kamu sering melihat foto, membaca, dan mempraktikannya secara langsung. Percayalah, semua objek akan terlihat menarik kalau kamu memotretnya dengan perspektif yang baik, benar, dan berbeda dan biasanya. Katakan pada dirimu sendiri untuk mencari banyak sudut pandang berbeda walau sedang memotret satu objek. Ini akan membuatmu terpacu untuk terus-terus mengeksplorasi kepekaanmu di balik lensa kamera.

7. Ingatlah kata pepatah: kita bisa karena terbiasa. Semakin sering berlatih, semakin cepat juga skill-mu akan meningkat

Fotografi itu bukan cuma kamera, tapi karya

Fotografi itu bukan cuma kamera, tapi karya via virtualphotographystudio.com

Langkah terakhir yang harus kamu lalukan adalah berlatih, berlatih, dan berlatih. Semakin sering kamu memotret, kamu akan semakin menyadari, mana objek yang menarik untuk difoto dan mana yang tidak. Bukan cuma itu, kamu juga akan semakin mengenal peralatan fotografi yang kamu gunakan, sehingga bisa membuat karyamu semakin keren. Kamu hanya perlu melakukannya terus-menerus. Ingatlah kata pepatah; kita bisa karena terbiasa.

Gimana, sudah mulai dapat pencerahan? Tunggu apa lagi, berbegaslah siapkan peralatan fotografimu dan cari objek-objek menarik yang bertebaran dimana-mana. Buat kamu yang belum punya peralatan fotografi yang memadai, nggak usah bersedih hati. Karena fotografi tidak terpaku pada jenis kamera, tapi soal karya. Meskipun hanya dengan smartphone, kalau kamu memotret dengan angle yang unik dan menarik, hasil jepretanmu pasti akan terlihat indah. Semangat berkreasi!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya