Wawancara kerja selalu menjadi momok yang tak terelakkan bagi para pencari kerja. Setelah susah payah lolos administrasi dan serangkaian tes, kini wawancara menjadi jalan yang paling menentukan dari semua kerja kerasmu selama melamar pekerjaan. Tapi tahukah kamu jika bukan jawaban dan attitude-mu saja yang dinilai oleh para interviewer? Mereka biasanya akan menanyakan apakah kamu memiliki pertanyaan untuk mereka di akhir wawancara dan pertanyaanmu akan memberikan nilai tambah yang cukup berarti.

Pertanyaan yang kamu ajukan menunjukkan seberapa besar kamu tahu tentang perusahaan tempat kamu melamar pekerjaan dan sejauh mana kamu tertarik dengan pekerjaan ini. Jadi jangan sembarangan bertanya atau bahkan mengatakan bahwa kamu tidak memiliki pertanyaan apapun, karena akibatnya bisa cukup fatal.

1. Kemampuan dan pengalaman seperti apa yang harus dimiliki kandidat ideal untuk pekerjaan ini?

Pertanyaanmu akan dinilai

Pertanyaanmu akan dinilai via usatoday.com

Pertanyaan ini sangat bagus, jawaban dari interviewer bisa menjadi dasar penilaianmu untuk dirimu sendiri apakah kamu memenuhi kualifikasi tersebut atau tidak. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan gambaran kemampuan seperti apa yang harus kamu pelajari saat melakukan pekerjaan ini nanti.

2. Agar tahu kamu betah atau tidak, tanyakan “Apa yang menyenangkan dari bekerja di sini?”

Apa ya yang paling menyenangkan?

Apa ya yang paling menyenangkan? via 98five.com

Advertisement

Wawancara adalah tahapan negosiasi dimana kamu juga punya hak untuk menolak pekerjaan ini nanti walaupun diterima. Jika interviewer kesulitan menjawab pertanyaan ini artinya ada tanda merah besar di calon tempat kerjamu. Kamu harus berpikir dua kali untuk tetap memutuskan bekerja disana.

3. Cari tahu apakah perusahaan menawarkan pendidikan atau pelatihan profesional

Bertanyalah dengan sopan

Bertanyalah dengan sopan via greenlightrecruitment.co.nz

Pertanyaan ini menunjukkan kamu memiliki keinginan untuk terus mengembangkan pengetahuanmu terhadap apa yang akan kamu kerjakan. Kamu juga menunjukkan bahwa kamu ingin terus tumbuh bersama perusahaan tersebut dan membangunnya menjadi perusahaan terbaik nantinya.

4. Antisipasi cara kerjamu dengan menanyakan tim seperti apa yang akan bekerja denganmu

Tanyakan bagaimana timmu

Tanyakan bagaimana timmu via happyfox.com

Jawabannya sangat penting untukmu agar bisa mempersiapkan mentalmu untuk bekerja sama dengan orang yang sehari-harinya akan bekerja denganmu. Bukan cuma itu, pertanyaan ini bisa membuktikan bahwa kamu benar-benar ingin bekerja dengan baik di perusahaan tersebut.

5. Pikirkan apa yang bisa kamu lakukan nanti dengan bertanya apa visi baru mereka

Jangan grogi!

Jangan grogi! via talview.com

Pertanyaan ini akan membantumu memikirkan apa yang bisa kamu berikan pada mereka jika benar-benar bekerja disana. Kamu juga akan tahu bagaimana posisimu nanti akan mendukung mimpi-mimpi besar perusahaanmu dengan baik. Interviewer juga akan memberikan nilai lebih karena kamu sudah berpikir sejauh ini.

6. Selidiki siapa yang awalnya menempati posisi ini, agar kamu tahu kenapa dia berhenti

Kamu berhak menyelidiki

Kamu berhak menyelidiki via independent.co.uk

Disini kamu akan tahu apakah orang yang sebelumnya menempati posisi ini mendapatkan promosi, dipecat, atau mengungurkan diri. Dari jawaban interviewer ini kamu akan tahu apakah posisi ini membuat pekerjanya bahagia dan juga bisa mengembangkan diri ataukah tidak.

7. Apa tahap selanjutnya setelah proses wawancara ini selesai, harus jadi pertanyaan wajibmu

Jangan lupa pertanyaan wajib

Jangan lupa pertanyaan wajib via nasm.org

Pertanyaan ini sangat penting dan wajib banget kamu tanyakan di akhir wawancara. Dengan mengajukan pertanyaan ini kamu akan menunjukkan bahwa kamu antusias dengan pekerjaan tersebut. Jawaban dari pertanyaan ini juga bisa memberikan gambaran sebanyak apa orang yang menjadi sainganmu dan bagaimana tim HRD akan menyeleksinya.

Siapkan sebaik mungkin pertanyaan yang akan kamu ajukan sebelum kamu datang ke tempat wawancara dan kembangkan pertanyaan itu usai wawancara berlangsung. Saat wawancara biasanya kamu baru akan tersadar tentang beberapa pertanyaan penting yang harus kamu ajukan. Attitude dan bahasa tubuh kamu juga harus diperhatikan ya saat bertanya, jangan terkesan menggurui maupun terlalu rendah diri.