Ada bermilyar-milyar manusia di dunia ini, dan setiap orang memiliki perannya sendiri-sendiri. Ada orang-orang yang hanya perlu kamu kenal saja, tanpa perlu mengenalnya lebih jauh. Sekali kenal, kemudian lupa tak apa-apa. Nanti ketemu-ketemu di media sosial, saling follow tapi tak saling menyapa.

Namun ada juga orang-orang yang sebaiknya kamu tempeli terus, karena dia adalah orang-orang yang akan mendekatkanmu pada kesuksesan. Bila kamu sudah pernah mengenalnya, kamu harus mempertahankannya. Sebab sekali kenal kemudian lupa dengan orang-orang ini, itu sayang sekali. Selain karena kita belum tahu dengan siapa kita berjodoh kelak, orang-orang ini harus kamu jadikan koneksi karena kehadiran mereka dalam hidupmu sangat menentukan!

1. Sedari lahir kamu pasti sudah butuh orang yang satu ini. Dari mendampingi kelahiranmu ke dunia, sampai meredakan sakitmu di hari tua. 

Dokter langganan terpecaya biar gak kalang kabut kalau sakit via images4.fanpop.com

Setangguh apapun kamu, pasti kamu pernah mengalami sakit. Meski itu hanya sekadar batuk pilek akibat pancaroba yang serba tak tertebak cuacanya. Karena itu, dokter adalah satu orang yang harus kamu kenal dengan baik. Bukannya berdoa sakit terus-terusan, hanya saja kamu harus mengantisipasi segala hal, bukan?

Punya satu atau dokter langganan yang sudah dipercaya tentu akan membuatmu tenang ketika berobat. Karena tak bisa disangkal, bahwa terkadang penyakit dalam diri kita berhubungan dengan sugesti dan aspek psikologi. Karena itu, sisakan satu kursi untuk orang-orang yang kamu beri tempat spesial untuk dokter, apalagi bila dokternya rupawan. Hehe. Siapa tahu jodoh kan? ;p

2. Pengajar dan pembimbing studi yang mempersiapkanmu terjun ke dunia nyata. Terutama yang setia membinamu menghadapi pertarungan melawan dirimu sendiri dalam menulis skripsi

Advertisement

Walaupun galak, harus tetap ada di kontakmu via az616578.vo.msecnd.net

Masa-masa bercengkrama dengan pembimbing skripsi mungkin berakhir selepas skripsi hardcovermu sudah diparaf dan disetor ke perpustakaan. Lalu kamu akan memakai toga dan bergabung dengan rumitnya dunia nyata. Kesibukan mencari kerja demi memenuhi kebutuhan hidup, membuatmu mudah lupa pada kenangan-kenangan di kampus, termasuk pada dosen-dosenmu sendiri.

Padahal bila kamu terus menempeli mereka, kamu punya banyak keuntungan. Selain ilmu-mu akan semakin bertambah dan tidak akan pernah pudar, mungkin juga kamu akan diajak turut serta saat Beliau punya proyek penelitian yang menguntungkan. Selain itu, kamu juga mudah mencari surat referensi untuk mengajukan beasiswa bila kamu berniat melanjutkan pendidikan. Sayang sekali kalau kamu melupakan para akademisi yang sangat berjasa ini.

3. Kalau punya tempat langganan menghabiskan waktu luangmu, jangan ragu untuk SKSD dengan pemiliknya. Selain dapat teman ngobrol, siapa tahu dapat diskonan untuk makanan dan minuman favoritmu

Obrolan dan kopi bermutu yang selalu bisa kamu andalkan via www.rd.com

Meskipun kamu punya tempat nongkrong favorit, kamu mungkin tidak tahu siapa saja orang yang suka nongkrong di sana. Siapa tahu bukan, kamu punya tongkrongan yang sama dengan orang-orang hebat atau selebritis papan atas. Tapi dari tempatmu nongkrong, ada orang yang pasti tahu siapa saja tamu reguler di tempat itu. Barista atau pemilik kafe yang rutin berada di sana tahu siapa-siapa yang datang ke kafenya secara rutin. Bukan tidak mungkin, dia juga tahu latar belakang dari orang-orang tersebut, sebab kini banyak kafe yang menjadi semacam ‘tempat-temu-bisnis’ yang menguntungkan.

Mengakrabkan diri dengan barista atau pemilik kafe, memungkinkan kamu untuk berkenalan dengan orang-orang lainnya. Dari sana, bisa saja kamu menemukan kesempatan emas yang selama ini kamu cari. Masih tidak mau mengakrabkan diri?

4. Meski sudah berganti pekerjaan, jangan buang koneksi yang kamu bangun sebelumnya. Demi karier yang terjamin di masa depan, kamu wajib menjaga silaturahmi dengan bos-bosmu terdahulu

Jangan pernah menyinggung mantan bosmu kalau tidak mau punya reputasi jelek via marieclairemag.tumblr.com

Banyak alasan ketika seseorang memutuskan untuk resign. Mungkin bosan dan ingin mencari pengalaman baru, mungkin penghasilan dan pekerjaan yang tak sesuai, mungkin juga karena rasa tak nyaman dengan lingkungan kerja. Namun apapun alasan resign-mu, tidak seharusnya kamu putus hubungan dengan mantan atasan dan rekan-rekan kerja di sana.

Jangan juga, selepas resign, kamu jadi merasa bebas curhat habis-habisan soal mantan kantor di media sosial. Menjaga reputasi dan komunikasi tetap baik dengan mantan atasan ataupun rekan kerja, akan membawa hal-hal baik pula. Siapa tahu kelak kamu akan menjadi rekan lagi di tempat baru. Dan siapa tahu saja, meski sudah bukan rekan kerja, kamu dan dia bisa membuat usaha bersama.

5. Jangan sampai hidupmu hanya disibukkan oleh urusan kerja. Penting artinya demi hidup berkualitas untukmu memiliki komunitas hobi yang selalu bisa berkumpul meredakan stres

Punya kontak yang selalu bisa dihubungi untuk kegiatan aktif melepaskan stres

Orang yang beruntung bisa menjadikan hobi sebagai pekerjaan. Namun untuk beberapa orang yang harus tabah menghadapi kenyataan, pekerjaan yang dia lakukan sehari-hari bisa saja melenceng dari passion dan hobi. Bila kamu termasuk golongan yang kedua, jangan sampai hobimu terabaikan hanya karena tidak sejalan dengan pekerjaan.

Caranya adalah dengan mengikuti komunitas-komunitas hobi yang bisa kamu ikuti di akhir pekan. Di sana kamu bisa bertemu dengan orang-orang yang punya minat sama denganmu. Berangkat dari hobi yang sama, kalian dapat bersama-sama melepaskan kepenatan dan melarikan diri sejenak dari rutinitas hidup.

6. Terakhir, tidak ada salahnya kamu selalu punya kontak untuk mempersiapkan hari terakhirmu di dunia. Biar tidak merepotkan keluarga yang ditinggal. Banyak lho orang yang sekarang mempersiapkan pemakamannya sendiri

Gak salah kalau punya kenalan yang bisa mempersiapkan pemakamanmu via woodyboater.wpengine.netdna-cdn.com

Baiklah, yang terakhir ini kamu boleh setuju ataupun tidak. Boleh kamu terapkan, boleh juga tidak. Namun bila kamu adalah seseorang yang penuh antisipasi, mungkin kamu akan tertarik untuk menjalin koneksi dengan seorang ahli kubur. Mereka adalah orang-orang penting yang akan berperan dalam masa pembuatan rumah masa depan kita kelak.

Tak ada ruginya berkoneksi dengan mereka. Agar kelak ketika kamu pindah ke rumah masa depan, atau ada anggota keluarga yang pindah ke masa depan, kamu punya mereka untuk diandalkan. Toh, kita tidak tahu kapan waktunya, bukan?

Sejak masih SD tentu kamu sudah ditegaskan berkali-kali bahwa manusiaa dalah makhluk sosial. ‘Zoon Politicon’. Artinya, kamu tidak bisa hidup sendiri, dan selalu membutuhkan orang lain secara langsung ataupun tidak langsung. Senada dengan itu, salah satu syarat kesuksesan adalah kamu harus punya banyak link dan kenalan. Karena kesempatan bisa datang dari mana saja dan kesempatan bisa datang dari siapa saja, mencari kenalan sebanyak-banyaknya akan membawa kemudahan-kemudahan dan keuntungan yang mungkin sekarang belum bisa kita bayangkan. Toh, tidak ada salahnya juga, bukan?

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!