4 Alasan Kenapa Lokasi Alfamart dan Indomaret Selalu Berdekatan. Begini Kalau dari Segi Bisnis

alfamart indomaret

Benci tapi cinta, kurang lebih begitu kalau mau mendeskripsikan minimarket Indomaret dan Alfamart ini. Ngakunya sih saingan, tapi di banyak tempat mereka selalu bersebelahan. Padahal ya apa yang dijual, tata letak tokonya, bahkan warna-warna logonya sekilas hampir mirip. Mungkin banyak yang penasaran kenapa hal ini terjadi, banyak yang mengira hal tersebut terjadi secara nggak sengaja sampai ada juga yang berpikir bahwa dua minimarket ini sebenarnya di bawah satu manajemen yang sama.

Advertisement

Di balik itu semua, ternyata ada alasan yang bisa ditinjau dari segi bisnis tentang alasan lokasi jualan Indomaret dan Alfamart yang seringnya berdekatan lo. Nah, kita simak yuk apa saja!

1.Ternyata ada beberapa syarat yang harus diperhatikan ketika mendirikan minimarket, hal ini bahkan diatur di Undang-undang

Ada syaratnya/ Credit: Ini Jabar via www.inijabar.com

Pendirian minimarket ternyata memiliki syarat yang membuat pemiliknya tak bisa membuka toko tersebut sembarangan. Aturan ini tercantum di Pasal 4 ayat (1) Perpres 112/2007 bahwa kehadiran minimarket di tengah masyarakat harus mempertimbangkan keadaan sosial ekonominya. Pada Pasal 3 ayat (9) Permendag 53/2008 pendirian minimarket juga harus memerhatikan beberapa syarat yaitu:

  • Kepadatan penduduk;
  • Perkembangan pemukiman baru;
  • Aksesibilitas wilayah (arus lalu lintas);
  • Dukungan/ketersediaan infrastruktur;
Advertisement

Selain itu, waralaba yang memiliki ukuran luas 100 m kuadrat hingga 200 m kuadrat harus berjarak 500 m dari pasar. Hal ini akhirnya membuat pilihan lokasi lebih sempit.

2. Sedangkan syarat yang tak kalah penting bagi pebisnis dalam menentukan lokasi adalah yang strategis dan sesuai dengan target pasar

Dekat dengan target pasar/ Credit: Koalahero via www.koalahero.com

Tempat yang strategis ini termasuk yang mudah diakses dan terlihat oleh banyak orang, tentunya yang sesuai dengan target market yang sudah ditentukan. Dilansir dari Kompas, menurut Muhammad Agus Noviyanto yang merupakan Regional Franchise Manager Indomaret, minimarketnya banyak dibuka di perumahan, apartemen, rumah sakit, bandara, hingga stasiun. Karena memiliki bidang usaha usaha yang sejenis dan kemungkinan target pasar yang juga mirip akhirnya dua minimarket ini menentukan lokasi yang berdekatan.

3. Baik Alfamart maupun Indomaret, keduanya melakukan ekspansi secara terus menerus yang menyebabkan banyak tempat yang harus ‘diduduki’

Ekspansi/ Credit: Advertising Jakarta via www.advertisingjakarta.com

Kedua minimarket ini bisa disebut sebagai market leader di bidang waralaba kebutuhan sehari-hari di Indonesia. Tokonya sudah tersebar di seluruh Indonesia dan masih terus menerus melakukan penambahan. Tak jarang penambahan ini dilakukan di daerah yang sebelumnya sudah ada toko baik dari perusahaan yang sama atau perusahaan pesaing, akhirnya mau nggak mau lokasi berdekatan pun dipilih.

Advertisement

4. Ternyata ada juga yang membuka minimarket di dekat pesaing karena ingin memperluas pasar dan menarik pelanggan milik toko sebelah lo

Sengaja/ Credit: Kaskus via m.kaskus.co.id

Melihat bagaimana operasi sebuah minimarket yang sudah ada sebelumnya menjadi sebuah bahan riset bagi kompetitor. Kalau ternyata hasilnya bagus, maka ada kesempatan bagi minimarket tersebut untuk menarik pelanggan toko sebelah ke toko miliknya dengan cara mendirikan toko yang tak jauh dari kompetitor. Akan tetapi, harus ada hal lebih yang ditawarkan misalnya dengan promo yang lebih menarik, entah produk yang lebih lengkap, potongan harga, fasilitas tertentu, dll. Persaingan yang muncul walau mungkin akan terasa berat namun akan membuat perusahaan masing-masing lebih memahami konsemen mereka.

Ternyata alasan di balik toko Alfamart dan Indomaret yang selalu berdekatan ada juga tinjauan bisnisnya, bukan karena iseng belaka. Nyatanya, dari sana mereka juga malah jadi sering dibicarakan dan jadi viral di media sosial. Pun, masing-masing punya pelanggan setianya sendiri. Sekarang kamu bisa tidur dengan tenang kan karena rasa penasaranmu sudah terjawab? Hehe..

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE