Belajar dari Nasib Bisnis Kue Artis Viral yang Kini Hilang Kabar. Sempat Jaya Banget di Masanya

nasib kue artis

Tahun 2017 sampai 2018 lalu mungkin menjadi tahun emas bagi pemilik kue-kue artis yang kekinian pada masanya, karenanya banyak yang berbondong-bondong untuk mendirikan toko kue yang serupa walau tak sama. Semenjak kemunculan kue tersebut, banyak pelanggan yang tertarik dan mulai penasaran dengan kue yang dijual oleh idolanya sehingga bisnis ini laris manis walau dipatok dengan harga yang cukup mahal.

Advertisement

Tahun berganti mungkin kamu juga penasaran bagaimana nasib bisnis yang satu ini. Apakah masih bertahan dan mengantongi banyak cuan? Atau justru harus gulung tikar karena dianggap sudah tidak relevan? Lalu, apa saja yang bisa dipelajari dari beberapa yang bangkrut? Simak yuk penjelasan selengkapnya!

Walaupun menggunakan nama para artis sebagai ajang marketing, ternyata kue-kue ini di bawah manajemen yang sama

Zaskia Sungkar/ Credit: Yo Nulis via yonulis.com

Zaskia Sungkar pernah menunjukkan bahwa ternyata ada seseorang yang menaungi bisnis-bisnis artis tersebut yaitu Jannah Corp. Tak hanya itu, ternyata ada juga beberapa tim yang lain yang mengatur bisnis ini. Di sana, Zaskia mengaku bahwa para artis juga dapat menuangkan ide, kreativitas, dan inovasi sehingga bisa berjualan sesuatu yang lebih dari sekadar kue yang enak. Bahkan banyak juga orang lain yang meniru atau  copy-paste konsep yang sudah dibuat ini lo.

Sekarang, kita simak yuk toko kue artis mana saja yang tumbang sebelum menganalisis alasannya

Tutup/ Credit: Semarang Snow Cake via www.instagram.com

Ternyata tak semua kue artis mengalami kebangkrutan namun tak sedikit pula yang ternyata sudah tumbang. Berikut adalah daftar nasib mereka yang harus gulung tikar dilansir dari berbagai sumber.

Advertisement
  • Bandung Kanaya milik ibunda Rafi Ahmad diketahui sudah tutup sejak 8 Maret 2018 lalu. Mereka sempat menyatakan bahwa akan tutup sementara dan kembali lagi nantinya, tapi nyatanya sampai sekarang toko ini tetap tutup.
  • Mirip dengan Bandung Kanaya, kue milik Chelsea Olivia yaitu Semarang WifeCake juga mengumumkan bahwa mereka akan tutup sementara pada awal 2019 lalu, namun diduga toko kue ini sudah bangkrut.
  • Kuenya Ayu milik Ayu Ting Ting menjadi salah satu yang sempat viral pada masanya, ekspansinya pun terbilang cukup pesat. Sayangnya, ternyata rasa kue mendapat ulasan yang kurang baik hingga akhirnya tutup pada Juli 2019 lalu.
  • Princess Cake milik Syahrini juga tak kalah viral dari toko yang lain. Bahkan toko yang ada di Bogor dan Bandung ini selalu kebanjiran pembeli. Akan tetapi, ternyata kesuksesan itu tak bertahan lama karena harus tutup di tahun 2019.

Dari tutupnya toko kue artis tersebut, mungkin ada beberapa faktor yang membuatnya terjadi dan bisa dipelajari

Kuenya Ayu/ Credit: Kuenya Ayu via www.instagram.com

Menurut seorang pakar bisnis makanan dan minuman di Indonesia, Charlotte Kowara, fenomena ini bisa jadi disebabkan karena dua hal yaitu banyaknya penjualan yang membuat dapur tidak bisa memenuhi permintaan kemudian mempengaruhi supply chain. Alasan kedua adalah karena popularitas artis yang menurun dan membuat turunnya penjualan. Ada pula alasan lain yang mungkin yaitu karena artis hanya dijadikan sebagai strategi marketing, padahal dari segi kualitas rasa kue biasa saja. Hal ini mengakibatkan orang membeli hanya karena penasaran saja dan tidak membeli lagi karena tak ada alasan lain untuk membelinya.

Maka dari itu, walaupun tak ada salahnya memanfaatkan personal branding yang kuat untuk berjualan sesuatu yang sedang hit tapi ada baiknya untuk membekali diri dengan ilmu bisnis di luar marketing itu sendiri. Menaikkan kualitas produk yang dijual hingga mengetahui seluk beluk stok akan sangat diperlukan.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE