Menilik Tren Bisnis Tahun 2021 dan 6 Ide yang Datangkan Banyak Untung. Siap Ubah Nasib?

prediksi bisnis 2021

Tahun baru mungkin kamu sudah menyusun resolusi baru yang sempat tertunda di tahun 2020 lalu. Salah satunya mungkin memulai bisnis yang sudah lama kamu idam-idamkan. Meskipun belum ada kejelasan akan bagaimana kondisi ke depannya, sebenarnya tak ada salahnya untuk mencoba apalagi jika tak punya pilihan karena menjadi korban pemutusan hubungan kerja atau pemotongan gaji. Meskipun demikian, memulai bisnis tak bisa asal-asalan. Kamu perlu tahu apa yang sedang tren sehingga bisa melihat peluang dan mendapatkan pasar yang luas.

Advertisement

Seiring bergantinya tahun mungkin akan berganti pula tren-tren yang berlaku. Nah, untuk mengetahui berbagai tren bisnis yang akan membantumu menentukan keputusan, simak yuk penjelasasn selengkapnya berikut ini!

1. Tahun 2021 ini akan ada banyak kemunculan Artificial Intelligence (AI) yang akan membantumu dalam meningkatkan pengalaman konsumen

Tren berjualan di platform online dengan berbagai macam produk akan tetap menjamur karena mudahnya transaksi tanpa bertemu. Akan tetapi artinya kamu perlu mempersiapkan diri akan terjadinya perubahan yang mungkin akan makin canggih. Dilansir dari Forbes, karena banyak orang yang kehilangan pengalaman untuk mencoba tester di toko secara langsung maka akan ada pengembang yang memanfaatkan teknologi seperti augmented reality, virtual reality, dan mixed reality. Hal ini akan membuat produk yang kamu jual bisa dicoba oleh konsumen misalnya adanya fitur untuk mencoba warna lipstik, make-up mata, dan bahkan baju. Sebagai seorang pebisnis kamu perlu mempelajari hal-hal seperti ini untuk meningkatkan pengalaman konsumen di tahun 2021 ini.

2. Jika selama ini konsumen sekadar fokus pada produk yang bagus, kini mereka melihat lebih nilai yang dibawa bisnismu

Branding/ Credit: rawpixel.com via www.freepik.com

Tahun 2020 yang berat membuat rasa empati antar orang yang semakin naik sehingga berpengaruh pada pilihan konsumen yang tak hanya menilai kualitas produk tapi juga nilai yang dibawa. Berdasarkan The 2020 Zeno Strength of Purpose Study, ternyata konsumen akan 4 kali lebih menyukai membeli produk serta merekomendasikan sebuah bisnis yang memiliki maksud yang kuat dan jelas. ‘Maksud’ di sini meliputi nilai, praktik bisnis, filosofi dari pelayanan konsumen, dan dukungan terhadap isu sosial. Sehingga tahun 2021, koneksi dengan konsumen wajib menjadi bagian yang perlu dipikirkan.

Advertisement

3. Produk-produk lokal ternyata lebih banyak dinikmati oleh para konsumen di tahun 2021 ini

Masih berkaitan dengan tahun 2020, ada berbagai alasan yang menyebabkan banyaknya orang yang memilih produk lokal semasa pandemi dan kemungkinan akan tetap menjadi tren di tahun 2021 ini. Berbagai produk dengan bahan lokal dan proses yang dibuat di dalam negeri akan jadi semakin menarik perhatian konsumen. Selain itu, produk-produk lokal biasanya juga dianggap lebih ramah lingkungan yang juga menjadi penilaian tersendiri bagi calon konsumen yang potensial.

4. Menjawab rasa penasaranmu, ada beberapa bidang bisnis yang bisa kamu pertimbangkan untuk memulai bisnis di tahun 2021

Berbisnis tak melulu berbentuk online shop, jika kamu baru akan memulai bisnis pertama di tahun 2021 ini maka tren yang sudah disebutkan bisa mulai diterapkan ke beberapa ide berikut ini:

Advertisement
  • Katering makanan rumahan, mungkin bisnis ini sudah ada sejak lama tapi orang-orang semakin memerhatikan apa yang masuk ke dalam mulut mereka sehingga kamu bisa membuat pilihan katering sehat hingga metode berlangganan.
  • Kursus online, semakin banyaknya orang yang ingin meningkatkan berbagai kemampuan mereka akan menjadi peluang bagus untuk memulai kursus online. Karena dilaksanakan secara virtual maka kamu bisa mengurangi bujet menyewa tempat.
  • Stock photographer, kamu bisa mendaftarkan namamu untuk menjadi penyetor foto-foto di beberapa platform perusahaan penyedia layanan foto. Bisnis ini akan makin ramai dengan adanya digitalisasi.
  • Video production, kamu juga bisa memulai bisnis pembuatan video untuk berbagai kegunaan, mulai dari pengambilannya sampai proses editing dan finishing.
  • Pet sitting, layanan untuk menjaga hewan peliharaan ini mungkin belum begitu populer, justru hal ini akan menjadi peluang yang bagus untukmu. Bisnis ini bisa laris karena masa-masa yang membuat seseorang lebih sibuk hingga tak bisa mengurus peliharaannya.
  • Homecare service, berbagai layanan seperti perawatan wajah dan tubuh, membersihkan rumah, bahkan mengurus lansia juga bisa jadi peluang bisnis yang potensial di tahun 2021 ini.

Itu dia prediksi tren bisnis yang akan laris manis di tahun 2021. Selain bebeberapa pilihan terrsebut, berbagai hal yang berbau teknologi juga akan makin banyak diminati. Semoga sukses dengan usaha yang kamu mulai ya!

KMB-Baru
Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE