Mengulik Food Truck yang Sering Dikirimkan ke Aktor dan Aktris Korea. Bisnis ini Butuh Apa Aja?

bisnis food truck

Kalau follow aktor atau aktris Korea favoritmu di Instagram, kamu mungkin mengamati bahwa mereka sering berpose di depan food truck atau coffee truck ketika sedang melakukan syuting. Sesuai dengan namanya, food atau coffee truck merupakan sebuah truk yang membawakan makanan, camilan, atau kopi yang bisa dikonsumsi gratis oleh para aktor atau aktris dan kru yang dikirimi karena ada beberapa lokasi syuting yang jauh dari tempat makan. Pengirimnya bisa fans, sahabat, sutradara proyek sebelumnya, atau sesama aktor dan aktris yang dekat satu sama lain.

Advertisement

Ternyata, kiriman ini tak jarang ditolak karena banyaknya yang ingin mengirim bahkan sampai antre lo. Makanya tak heran kalau bisnis ini cukup menjanjikan. Dilansir dari Korea JoongAng Daily, tahun 2015 saja, seorang pelaku usaha ini mengaku mendapat 10 juta won atau sekitar Rp128 juta dalam satu bulannya. Satu kali kiriman harganya tergantung oleh banyak hal, biasanya dimulai dari 300 ribu won. Wah, kira-kira kalau di Indonesia bagaimana ya prospek bisnis ini? Simak yuk penjelasannya!

Kenalan dulu yuk sama bisnis food truck, kira-kira apa kelebihan dan tantangan yang harus dihadapi saat memulai bisnis ini?

Di Indonesia, food atau coffee truck mungkin belum sepopuler di Korea tapi sudah banyak juga yang melakukannya. Jika kamu masih menimbang-nimbang untuk memulainya, simak dulu nih keuntungan dan kerugiannya:

Advertisement
  • Bisnis ini relatif butuh investasi yang rendah karena tidak perlu kios atau bangunan untuk berjualan, tapi sebagai gantinya kamu perlu memiliki mobil atau truk yang digunakan.
  • Food atau coffee truck juga lebih fleksibel, sehingga jika suatu tempat sepi maka kamu bisa berpindah ke tempat yang lain yang lebih berpotensi.
  • Kamu juga bisa mengikuti festival atau menjadi tenant dengan lebih praktis karena semua sudah ada di dalam satu kendaraan.
  • Bisnis ini juga lebih praktis untuk para pelanggan yang ingin membeli makanan secara take away, apalagi bisa berhenti di tempat yang ramai orang lalu lalang.
  • Sayangnya, tempat yang digunakan untuk memasak dan melayani pelanggan lebih sempit sehingga ruang gerak terbatas.
  • Faktor kebersihan dan pengelolaan sampah juga perlu diperhatikan sehingga tidak merusak lingkungan tapi juga tak menumpuk di kendaraan.
  • Tingkat keamanan juga perlu diperhatikan apalagi jika ada minyak atau gas yang dibawa.

Jika sudah mengetahui kelebihan dan kekurangannya, saatnya menyiapkan apa saja yang dibutuhkan untuk memulai bisnis yang satu ini

  • Kamu perlu menyiapkan konsep seperti apa yang ingin kamu pakai termasuk menu makanan seperti apa yang disiapkan, apakah mudah untuk mengolahnya, peralatan apa saja yang dibutuhkan, hingga cara penyajian.
  • Nah, modal yang dibutuhkan tentunya truk yang digunakan sekaligus modifikasi interior dan eksteriornya. Peralatan yang digunakan juga harus dihitung sebagai modal awal. Selebihnya adalah modal dan bahan bakar yang bisa dihitung dalam periode waktu tertentu.
  • Yang tak kalah penting untuk disiapkan adalah perizinan. Meskipun trukmu bergerak tapi bisa saja kamu tak bisa mangkal di sembarang tempat, sehingga penting untuk mengurusnya agar tak digusur sewaktu-waktu.

Jika sudah memulainya, kamu juga tetap harus berpikir bagaimana supaya bisnismu laku dan bisa ‘jalan terus’

Advertisement
View this post on Instagram

A post shared by 박서준 (@bn_sj2013)

Salah satu cara yang efektif untuk beriklan saat ini adalah dengan melakukannya melalui media sosial. Kamu perlu membuat akun khusus untuk bisnis ini dan mengirim foto-foto menu yang ditawarkan serta promo apa yang sedang berlaku. Pun, eksterior trukmu juga bisa dipakai untuk sekaligus mengiklankannya juga lo. Yang tak kalah penting adalah menunjukkan apa yang kamu jual, bisa menggunakan banner atau media lainnya sehingga mereka tak melewatinya begitu saja karena tak tahu apa yang kamu jual. Ssst, kalau mau lebih kreatif kamu juga bisa menawaarkan foto-foto untuk mereka yang datang supaya merasakan sensasi jadi aktris atau aktor Korea lo. Hihi.

Semoga penjelasan tersebut bisa membantumu dalam memutuskan jika akan berbisnis food atau coffee truck di Indonesia ya. Siapa tahu bisa dapat keuntungan sama dengan mereka yang berbisnis di Korea juga.

KMB-Baru
Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE