Kupas Tuntas Bisnis Makanan Sehat yang Keuntungannya Bikin Ngiler. Makin Hits Selama Pandemi!

bisnis katering makanan sehat

Selama pandemi, orang-orang jadi semakin menyadari pentingnya akan gaya hidup sehat supaya tak mudah terserang penyakit. Akhirnya berbagai hal seperti olahraga, mengonsumsi vitamin, sampai memilih menu makanan sehat mereka pilih demi tubuh yang kuat melawan virus dan berbagai jenis penyakit lainnya. Dari sini ternyata muncul peluang besar untuk berbisnis bagi yang mampu jeli membaca peluang, salah satunya adalah bisnis katering makanan sehat.

Advertisement

Ternyata keuntungan dari bisnis yang satu ini cukup menggiurkan lo. Jika memiliki kemampuan mengolah masakan dan memiliki modal yang cukup, kamu mungkin bisa memulai bisnis menggiurkan yang satu ini. Nah, kita kulik yuk mulai dari keuntungan hingga persiapannya!

Peralatan yang perlu disiapkan untuk bisnis katering ini tergolong simpel, kamu juga bisa mulai dengan modal yang tak terlalu besar

Dengan sistem layanan antar maka kamu bisa cukup menggunakan dapur rumahmu sebagai tempat untuk memulai melakukan produksi sehingga tak perlu ada sewa bangunan lagi. Selain peralatan yang digunakan untuk memasak, ada juga perlengkapan dan hal lain yang harus dihitung sebagai biaya produksi seperti:

  • Bahan makanan organik
  • Tempat makan (yang bisa dikembalikan untuk dipakai di hari selanjutnya)
  • Set sendok dan garpu
  • Sticker dan logo untuk branding bisnismu
  • Tas besar atau container jika jumlah konsumen ada banyak seperti karyawan satu kantor
Advertisement

Biasanya harga bahan makanan organik relatif lebih mahal daripada bahan makanan biasanya namun mereka yang memilih berlangganan katering biasanya juga rela mengeluarkan uang lebih banyak demi sesuatu yang sehat. Supaya bisa mendapatkan harga yang lebih murah, kamu bisa mulai mencari supplier dan berlangganan.

Nah, rata-rata untuk memulai bisnis ini, kamu bisa mengeluarkan dana sebesar Rp3,8 jutaan untuk 100 pack lo. Jika satu kotaknya diual Rp50 ribu maka kamu sudah bisa mendapatkan keuntungan sebesar Rp1,2 jutaan atau lebih dari 30%.

Pasar untuk bisnis yang satu ini sebenarnya cukup luas, kamu perlu menentukan target sejak menyusun rencana bisnis

Advertisement

Makanan organik/ Credit: Freepik via www.freepik.com

Mulai dari anak kosan yang malas memasak, orang tua yang selama pandemi harus mengurus pekerjaan sekaligus anak-anak dan rumah, serta karyawan yang sudah masuk kerja ke kantor, semua mungkin memiliki selera yang berbeda-beda yang juga harus kamu sesuaikan. Misalnya harus membuat makanan sehat ala western atau justru masakan khas Indonesia. Menentukan target ini juga penting untuk menentukan berapa banyak uang yang rela mereka keluarkan dan menu apa yang cocok dengan sejumlah uang tersebut.

Selain itu, kamu juga bisa membuat paketan berlangganan dengan harga tertentu misalnya paket 3 kali sehari yang bisa dibayar mingguan atau bulanan, atau paket sehari sekali khusus untuk makan siang, dan lain sebagainya. Artinya, kamu juga perlu menyiapkan menu makanan yang bervariasi supaya pelanggan tak lekas bosan.

Bukan hanya itu, ada juga tips lain yang harus diperhatikan jika ingin bisnismu langgeng bahkan setelah Corona sudah terlewati

Jika sudah mantap dalam melakukan perencanaannya, maka kamu juga bisa melakukan beberapa hal ini untuk bisnismu:

  • Layaknya bisnis yang lain, kamu harus melakukan promosi. Bisa melakukan mouth to mouth marketing supaya lebih terpercaya yaitu dengan minta kenalanmu menyicip dulu, bisa juga lewat media sosial supaya cakupannya lebih luas.
  • Kualitas menjadi hal utama yang akan diperhatikan oleh pelanggan karena mereka yang memilih katering sehat adalah orang-orang yang sangat memperhatikan bahan, kebersihan, sampai rasa makananmu sehingga hal-hal tersebut wajib kamu jaga.
  • Jangan lupa untuk menaruh label berisi berapa kalori makanan yang disajikan supaya pelanggan makin percaya.
  • Jika tak ingin mengantarnya langsung, kamu bisa menggunakan jasa kurir atau ojek online dengan perhitungan yang sudah dilakukan dengan matang.
  • Jangan lupa untuk meminta feedback dari pelanggan akan cita rasa makananmu dan apa yang kurang sehingga bisa diperbaiki.

Semakin sadarnya orang-orang akan pentingnya kesehatan, makanan sehat seolah menjadi investasi di mana biasanya mereka akan rela membayar lebih. Kamu bisa mulai mempertimbangkan peluang ini jika ingin mulai usaha di masa pandemi.

Gabung dan Berlangganan Newsletter

Berlangganan Newsletter dari Kita Mulai Bersama

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE