Strategi Bikin Giveaway Olshop yang Menarik. Salah Strategi, ya Pantas Penjualan Nggak Naik

Cara bikin giveaway menarik

Bagi kamu yang tengah menjalani bisnis pasti sudah tak asing mendengar yang namanya giveaway. Belakangan adanya giveaway menjadi sebuah trend yang bisa menaikkan penjualan. Kok bisa ya? Iya dong, dengan melakukan hal tersebut sama saja kamu sedang menjalankan strategi promosi, orang-orang akan berlomba mengunjungi media sosial online shop kamu, dan bisa saja terpincut dengan produk yang ditawarkan.

Advertisement

Beberapa dari mereka mengadakan hadiah secara cuma-cuma demi meningkatkan jumlah pengikut dan interaksi di media sosial. Caranya pun beragam, mulai dari komentar, follow media sosial, menandai teman dan sebagainya.

Namun hati-hati ya, tanpa perencanaan yang matang, biaya yang telah kamu keluarkan bisa jadi malah berakhir begitu saja. Nah, untuk menghindari hal tersebut, simak cara bikin giveaway kamu jadi lebih efektif berikut ini~

Penting untuk menentukan tujuan dari giveaway. Misalnya menambah jumlah followers, menaikkan branding, atau hanya pengin interaksi di sosmed meningkat

Kenali tujuan dari giveaway | Credit: Georgia de Lotz via unsplash.com

Cara yang pertama dengan menentukan tujuan dari diadakannya giveaway. Jika kamu berencana untuk menaikkan jumlah pengikut pada akun online shop, maka bisa menambahkan syarat untuk mem-follow akun Instagram. Di sisi lain jika ingin menaikkan engagement terapkan giveaway yang membentuk pelanggan loyal. Misalnya kamu bisa tambahkan syarat pemenang dengan berikan testimoni terbaik. Contoh “Kenapa kamu suka banget sama produk dari kita? Jangan lupa kasih tau alasannya, like dan tag temanmu sebanyak-banyaknya!”.

Advertisement

Adanya giveaway juga bisa menaikkan brand awareness, karena promosi yang dilakukan tersebar dari satu orang ke orang lain. Dengan begitu kamu sudah menerapkan promosi hemat yang jangkauannya luas.

Memilih hadiah yang pas sesuai dengan pendapatan, sebisa mungkin berikan kesempatan mereka untuk lebih mengenal produk kamu~

Berusaha kenalkan produk dari giveaway | Credit: Hannah Morgan via unsplash.com

Pilihlah hadiah yang sesuai dengan target promosi dan audiens. Jika brand yang kamu usung berhubungan dengan fashion wanita buatlah giveaway yang berhubungan ke arah sana. Jangan karena ingin hadiah yang menjual, lantas kamu memilih smartphone dengan harga tinggi. Padahal, barang tersebut tak terlalu berpengaruh ke produkmu.

Cara mudahnya kamu bisa usung giveaway dari produk yang dijual, di samping bisa memberikan kesempatan pelanggan untuk menggunakan produk. Nantinya mereka juga bisa memberikan testimoni kepada toko daring kamu. Di samping itu kamu juga bisa membuat hadiah berupa voucher e-money yang tengah digandrungi oleh banyak orang. Apalagi jika jika usahamu di bidang jasa, seperti travel yang pastinya sangat menguntungkan.

Bikin mekanisme persyaratan dan hadiah yang jelas. Gunakan hashtag supaya postingan mudah ditemukan, ya

Gunakan hastag dengan potensi tinggi | Credit: Instagram via www.instagram.com

Buat mekanisme dan syarat ikut giveaway yang jelas. Hal tersebut dapat memudahkan kamu untuk menentukan pemenang. Beberapa hal yang sering ditemukan seperti meminta peserta untuk follow, like, komentar dan menandai teman sebagai bentuk meningkatkan engagement. 

Beda lagi persyaratan jika yang kamu mengincar konsumen yang potensial untuk meningkatkan leads. Di mana mereka bersedia untuk meninggalkan kontak, bisa berupa akun Instagram, email hingga nomor WhatsApp. Tujuannya supaya kamu bisa mengirimkan informasi seputar bisnis. Mulai dari promo hingga rilis produk tebaru.

Cara menarik bisa gunakan desain interaktif. Nggak melulu pakai persayaratan yang itu saja, kamu bisa lo buat challenge susun puzzle, temukan kata yang menggambarkan produk, hingga beri pertanyaan jika nantinya menang hadiah akan digunakan untuk apa.

Selanjutnya jangan lupa selipkan hastag seperti #promoramadan #jualbajumurah #promo1212 dan sebagainya, supaya giveaway yang kamu jalankan bisa dilihat banyak orang.

Mencoba bekerja sama denga brand lain juga nggak ada salahnya, lo. Apalagi jika target pasar dan tujuannya sama dengan bisnis kamu

Jalin kerja sama dengan merek lain | Credit; KOBU Agency via unsplash.com

Umumnya program giveaway yang diselenggarakan oleh lebih dari satu merek dinilai akan lebih sukses. Dari segi hadiah yang mempuni hingga jangkauan promosi yang lebih luas. Namun, jangan sembarangan memilih brand untuk kerja sama, sebab perlu yang namanya mensinkronkan target pasar.

Sebagai contoh, program Kita Mulai Bersama di Hipwee berkolaborasi dengan online shop Bilik Ayu yang pada dasarnya pelaku usaha. Keduanya punya target yang sama untuk bisnis dan saling menguntungkan dalam konteks edukasi. Nah kalau kamu sudah kepikiran kolaborasi dengan brand apa?

Pemilihan pemenang bisa dilakukan secara live, agar mereka tahu bahwa giveaway transparan dan tak ada kecurangan

Ilustrasi giveaway online shop | Credit: Kasturi Roy via unsplash.com

Setelah syarat dan ketentuan rapi hingga periode giveaway telah sampai di batas waktu yang ditentukan, kini saatnya menentukan pemenang. Supaya nggak repot, bisa gunakan aplikasi random picker dengan memasukkan nama atau username sosial media.

Akan lebih baik jika pemenangnya diumumkan secara live di media sosial. Selain menghindari kecurangan, hal tersebut bisa jadi testimoni untuk mengadakan giveaway berikutnya. Kalau pemenang sudah terpilih, jangan lupa umumkan di sosial media supaya mereka tahu dan segera mengonfirmasi pengiriman hadiah.

Cara ini dapat efektif dijalankan apabila dari awal kamu mempunyai perencanaan matang yang disesuaikan dengan bujet tersedia. Dengan cara hemat sekalipun ternyata masih bisa kok melakukan giveaway. Semoga informasinya bermanfaat!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE