Entah kamu cowok atau cewek, manajemen keuangan pribadi yang rapi pasti kamu butuhkan agar hidupmu tenang. Pada awalnya mungkin nggak terasa, tapi lama-lama, nggak lucu juga kalau uang yang sudah capek-capek kamu kumpulkan selalu raib sebelum waktunya.

Kamu sudah bukan anak kecil lagi. Sudah bukan waktunya “minta” orangtua saat uang habis karena keteledoran sendiri. Sebaliknya, kamu sudah harus memikirkan bagaimana caranya kualitas hidupmu bisa meningkat dalam beberapa tahun ke depan. Bagaimana caranya, kamu bisa memiliki modal untuk mencicil rumah, kendaraan, atau bahkan keperluan investasi. Nah, agar uangmu tepat sasaran dan tabunganmu selalu terjaga, tips finansial ini bisa kamu terapkan sekarang juga.

1. Agar pengeluaranmu lebih terkendali, pisahkan uangmu ke dua ATM berbeda. Satu untuk harian, dan satunya lagi untuk tabungan.

Pisahkan uangmu dalam dua ATM yang berbeda

Pisahkan uangmu dalam dua ATM yang berbeda via www.kaskus.co.id

Advertisement

Tak melulu kudu bergantung pada orang tua, sebagai seorang pria tentu kamu wajib punya simpanan sebagai modal untuk menikah. Nah, jika kamu sudah bekerja, mulailah untuk menabung. Kamu bisa membagi uang gajianmu dalam ATM yang berbeda. ATM pertama untuk kebutuhan sehari-hari yang bisa diambil kapan saja, misalnya untuk makan, menjalani hobi, traveling dan lain sebagainya. Dan ATM kedua untuk simpanan masa depan yang tak boleh kamu ambil sembarang. Untuk ATM simpanan, pastikan kamu pilih bank yang memberikan pajaknya rendah ya. Dengan kebiasaan seperti ini, keuanganmu bisa lebih tertata dan terkendali.

2. Jika kamu punya kebiasaan merokok, buatlah budget khusus setiap bulan agar kebiasaan ini tak jadi penyebab keuanganmu jebol.

Tips keuangan buat cowok

Tips keuangan buat cowok via wrappedupinbooks.deviantart.com

Tanpa disadari, kebiasaan merokok seringkali menjadi menyebab keuanganmu jebol. Jika kamu tak bisa meninggalkannya, kamu bisa menyiasati dengan membatasi rokok dengan budget khusus. Maka, cobalah alokasikan dana dengan cara seperti ini :

Kurangi kebiasaan merokok dengan membatasi budget belanja rokok.

  • Jika biasanya kamu menghabiskan 1 bungkus untuk 2 hari :

Rp. 15.000 x 15 : Rp. 225.000

  • Sekarang kurangi dengan budget rokok 1 bungkus untuk 3 hari :

Rp 15.000 x 10 : Rp. 150.000

Advertisement

Dengan cara ini, keuanganmu bisa lebih hemat. Selain itu, kamu kebiasaan merokokmu juga menjadi berkurang secara perlahan. Tapi jika kamu ingin meniadakan kebiasaan ini, dijamin uangmu bisa lebih hemat lagi.

3. Boleh jadi kamu tidak suka pergi ke swalayan. Tapi gak ada salahnya belanja sekali saja untuk kebutuhan sebulan ke depan. Dengan begitu kamu bisa mendapat harga yang lebih murah.

Tips keuangan cowok belanja bulanan

Tips keuangan cowok belanja bulanan via pixshark.com

Gak sedikit pria yang malas untuk pergi berbelanja ke swalayan besar. Padahal, harga barang di sana jauh lebih murah lho. Nah, jika biasanya kamu belanja barang satu persatu di warung tedekat, gak ada salahnya kamu berbelanja kebutuhan bulanan sekaligus dalam sekali waktu.

Kamu pilih waktu awal atau pertengahan bulan untuk pergi ke swalayan, lalu belilah semua kebutuhan bulanan yang kamu butuhkan seperti alat mandi dan makanan. Jangan lupa pilih kemasan yang besar ya, karena biasanya kamu bisa dapatkan harga yang lebih murah. Dengan tips ini, pengeluaranmu bisa lebih tertata dan lebih hemat. Tak perlu malu belanja ke swalayan. Kalaupun malas, kamu bisa minta ditemani pacar atau teman satu kosan.

4. Agar uangmu tak habis hanya untuk menggeluti hobi, batasilah dengan pengeluaran maksimal 30% dari uang bulanan yang kamu miliki.

Tis keuangan buat hobi

Tips keuangan buat hobi via rezaexemplary.wordpress.com

Hobi layaknya nyawa bagi seorang pria. Padahal, hobi cowok itu gak murah lho misalnya forografi, sepeda, dan otomotif. Gak jarang kamu akan menghabiskan banyak uang untuk menggelutinya. Nah, agar hidupmu tetap sejahtera tanpa meninggalkan hobi, gak ada salahnya kamu mulai buat anggaran dana bulanan dengan jelas.

Kamu bisa batasi pengeluaran dana untuk hobi tidak lebih dari 30% dana bulanan yang kamu miliki. Misalnya gajimu 5 juta, maka uang untuk hobi tidak lebih dari 1,5 juta. Dengan begitu, kamu masih bisa menyisihkan uang untuk tabungan dan mempersiapkan masa depan.

5. Alangkah baiknya mulai sekarang kamu belajar investasi jangka panjang. Jika kamu sudah memikirkan hal ini selagi muda, keluargamu akan lebih mudah sejahtera

Mulailah belajar investasi

Mulailah belajar investasi via bisnis.news.viva.co.id

Sebelum terjun langsung dalam rumah tangga, alangkah baiknya kamu mulai belajar investasi masa depan. Mungkin saat ini memang belum terpikirkan, tapi kesejahteraan keluarga akan lebih mudah tercapai jika kamu memikirkannya sejak kamu muda.

Tak hanya menyimpan uang di tabungan, sekarang kamu bisa menginvestasikannya dalam bentuk barang ataupun saham. Investasi dalam bentuk emas, dinar, dirham, atau properti juga cukup menjanjikan. Selain itu, kamu juga bisa mulai mencicil tanah atau rumah dari sekarang. Jadi tabunganmu tak hanya diam, tapi juga berkembang jadi lebih besar. Menguntungkan ‘kan?

Uang yang sudah kamu kumpulkan akan lebih bermanfaat bagi dirimu sendiri jika kamu pintar-pintar dalam mengaturnya. Belajarlah lima hal di atas mumpung kamu masih muda. Niscaya jika sudah menikah nanti, kehidupanmu dengan anak dan istri bisa lebih bahagia dan tercukupi.

Selamat mencoba.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya