Memiliki hari yang produktif adalah keinginan banyak orang. Bisa memanfaatkan waktu sebaik mungkin dan memaksimalkan kemampuan jadi kunci kesuksesan sepanjang sisa hari. Permasalahannya, keinginan untuk produktif sering berbanding terbalik dengan kenyataan yang kamu alami.

Agar hari ini kamu berada di tingkat performa terbaikmu, Hipwee akan memberikan 10 hal yang selayaknya kamu hindari untuk dilakukan. Sudah siap memulai awal hari yang lebih produktif?

1. Istirahatkan Gawaimu Minimal Satu Jam Sebelum Tidur

Istirahatkan gawaimu 1 jam sebelum tidur via jstn.cc

Cara terbaik untuk mendapatkan sebuah hari yang produktif adalah dengan mencukupi kebutuhan tidur di malam sebelumnya. Kedengarannya gampang sih, tapi sebenarnya banyak dari kita belum mendapatkan waktu tidur yang berkualitas. Sebelum tidur, kita masih kerap mengotak-atik gawai (gadget) sembari menunggu kantuk.

Demi waktu tidur yang lebih maksimal, istirahatkan gawaimu minimal satu jam sebelum tidur. Cahaya dari alat elektronik akan menstimulasi munculnya hormon melatonin dalam tubuh. Hormon ini secara otomatis akan membuat tubuhmu “terbangun” dan gagal masuk ke fase tidur dalam.

2. Jangan Tergoda Memencet Tombol Snooze

Advertisement

Stop memencet tombol snooze via pt.wikihow.com

Tombol snooze yang ada di alarm elektronik sering tergoda dipencet saat ia berdering dengan lantang demi membangunkan kita di pagi hari. Rasanya snooze adalah jalan untuk mendapatkan waktu tidur sedikit lebih lama lagi. Tapi tahukah kamu, bahwa tombol snooze itu sebenarnya jahat?

Saat memencet tombol snooze demi mendapatkan waktu tidur yang lebih panjang sebenarnya tubuhmu kehilangan ritme alaminya untuk terbangun. Kamu akan kembali ke dalam siklus tidur yang justru membuat tubuhmu makin lemas dan tidak siap bangkit dari tempat tidur. Dampaknya, kamu akan memulai hari dengan rasa malas dan lemas.

3. Kamu Bukan Manusia Super, Stop Membebani Dirimu Dengan To Do Lists yang Menumpuk

Pisahkan kewajiban profesional dan domestik via leftbrainandrightbrain.com

Demi tercapainya hari yang produktif, kita kerap membebani diri dengan berbagai kewajiban yang harus dituntaskan hari itu. Tidak jarang akhirnya kamu membuat daftar hal yang harus diselesaikan dengan tidak masuk akal. Lupa memperhitungkan kemampuan dan alokasi waktumu.

Ingat, kamu bukan manusia super yang tidak butuh istirahat. Selalu ciptakan to do lists yang profesional dan bisa kamu lakoni. Dengan membuat to do lists yang efisien dan mampu terselesaikan, akan muncul rasa puas dan bangga yang bisa jadi pendorong bagimu untuk menyelesaikan lebih banyak hal lagi.

Belum tahu bagaimana cara membuat to do lists yang efektif? Hipwee pernah mengulasnya di sini.

4. Tunda Dulu Untuk Mengecek Surel-mu Di Awal Hari

Stop mengecek email di awal hari via i.huffpost.com

Mengecek surel (e-mail) kerap jadi agenda kebanyakan orang demi memulai hari. Pesan yang belum terbaca di hari sebelumnya rasanya harus segera dibalas dan dibaca. Tahukah kamu, hal ini justru bisa berpengaruh buruk pada produktivitas?

Membuka dan membalas surel di awal hari sama saja dengan menyia-nyiakan kemampuan dan waktu terbaikmu. Tajamnya otak dan banyakanya energi yang kamu miliki di awal hari harus dimanfaatkan untuk mengerjakan hal yang lebih penting. Membalas pesan elektronik bisa menunggu nanti. Toh kalau ada yang benar-benar penting orang yang bersangkutan akan langsung menghubungimu kok!

5. Jangan Bilang, “Besok Pagi Aja, Deh!

Jangan tunggu sampai pagi untuk menyiapkan ini via myhumorspot.com

Jangan menunda untuk mulai mempersiapkan diri di malam sebelumnya. Tidak ada salahnya mempersiapkan pakaian dan berbagai dokumen yang kamu perlukan sesaat sebelum tidur. Hal ini akan membantumu menghemat waktu pada pagi hari yang dipenuhi rasa buru-buru karena harus segera berangkat.

Jika hal-hal yang kamu butuhkan sudah tersedia, kamu bisa memulai hari dengan lebih rileks. Kamu bisa mempersiapkan sarapan atau membaca surat kabar dulu sesaat sebelum berangkat. Otak yang tenang akan membuatmu lebih siap menghadapi tantangan di hari tersebut.

6. Ingatlah, Distraksi Itu Ibarat Jebakan Trotoar

Distraksi itu kejam, jenderal! via myhumorspot.com

Distraksi itu ibarat trotoar yang kerap menggoda pengguna sepeda motor untuk naik ke atasnya ditengah kemacetan. Nampaknya cepat sih, namun sebenarnya kamu sedang merugikan dirimu sendiri. Ban motormu bisa rusak karena dibawa berjalan di tempat yang tidak seharusnya. Kamu pun jadi manusia yang jahat karena mengambil hak pejalan kaki.

Ini pula yang terjadi saat kamu kalah pada berbagai distraksi. Ketika kamu menyerah untuk fokus pada pekerjaan dan memilih membuka berbagai media sosial yang berada satu raihan dari telapak tanganmu. Saat itu pula kamu sedang menghancurkan ritme bekerja yang sudah kamu bangun dengan susah payah hari di itu.

7. Sarapan Itu Seperti Sholat 5 Waktu, Hukumnya Wajib!

Wajib sarapan tiap pagi via everydayieattoasties.tumblr.com

Banyak orang memilih meninggalkan rumah dengan perut kosong. Merasa tak punya waktu untuk mempersiapkan sarapan sederhana demi mengisi perut. Padahal, sarapan yang sehat sangat berguna demi kelancaran harimu. Dengan mengkonsumsi makanan bergizi di pagi hari, tubuhmu akan punya energi yang cukup di sepanjang hari tersebut.

Merasa gak bisa masak atau gak punya waktu mempersiapkan sehat? Hipwee pernah memberikan tips membuat sarapan sehat dan murah ala anak kos di artikel ini.

8. Datanglah 30 Menit Lebih Awal Dari Orang Lain

Datang 30 menit lebih awal via everydayieattoasties.tumblr.com

Jika jam kantormu mulai jam 9 pagi, jangan biarkan dirimu datang jam 9 tepat. Berikan waktu tenggang 30 menit untuk datang lebih awal. Waktu kosong sebelum beraktivitas sangat penting untuk membuat otakmu rileks dan cukup punya waktu untuk bertransisi dari mode macet perjalanan ke mode siap bekerja.

Waktu 30 menit lebih awal ini juga bisa digunakan untuk bersosialisasi dengan rekan kerja atau teman kampus tanpa harus mengganggu aktivitasmu yang sesungguhnya. 30 menit di awal waktu ini akan sangat bermanfaat bagi keberlangsungan produktivitas harimu.

9. Stop Membuang-Buang Waktu

Stop membuang waktu via marathon-of-life.tumblr.com

“24 jam gak cukup. Aku butuh waktu lebih banyak lagi”

Pernahkah kamu mengatakan hal seperti itu? Coba deh lakukan refleksi pada apa yang sudah kamu lakukan selama ini, sebenarnya waktumu yang nggak cukup atau kamu yang tidak pandai memanfaatkannya?

Kamu punya jatah waktu yang sama dengan SBY, Jokowi, Prabowo, dan Obama sekalipun. Bedanya, orang-orang tersebut memanfaatkan waktu mereka dengan baik sementara kamu masih sering tergoda untuk melakukan hal-hal yang kurang berguna di tengah waktu kerjamu. Berhentilah mengeluh kekurangan waktu, justru berusahalah untuk memanfaatkan waktu yang kamu miliki sebaik mungkin.

10. Selalu Tinggalkan Rumah Dengan Perasaan Nyaman

Tinggalkan rumah dengan rasa kasih via potretwanitaindo.blogspot.com

Jangan pernah meninggalkan rumah dan orang-orang terdekatmu dengan masalah yang belum selesai. Hindari kemarahan dan cekcok dengan orang-orang terkasih di awal hari. Kemarahan adalah energi yang sangat buruk, ia bisa mempengaruhimu dalam waktu panjang. Sebisa mungkin jangan biarkan dirimu terkukung perasaan ini selepas melangkahkan kaki keluar dari rumah.

Alih-alih saling berbalas cemoohan dan bentakan, kenapa tidak duduk bersama dan berbagi energi positif untuk menyemangati satu sama lain? Bukankah itu fungsi dari rasa bahu membahu yang bisa diberikan antara sesama anggota keluarga?

Itulah 10 hal yang layak kamu hindari demi sisa hari yang lebih bermanfaat dan produktif. Selamat memulai hari! Semoga kamu selalu diberkati!