6 Iklan Kreatif dan Paling Lekat di Ingatan. Kombinasi Copywriting Nampol dan Visual yang Berkesan

iklan kreatif

Metode promosi makin ke sini makin beragam, ternyata awalnya iklan cuma dilakukan dengan cara yang sangat sederhana lo yaitu pemilik barang yang menjual barangnya akan berteriak di gerbang gedung kota untuk menawarkan produknya. Iklan tertulis ternyata baru dimulai pada era Yunani Kuno, kala itu iklan isinya mengabarkan budak yang lari atau mempromosikan pertandingan gladiator. Baru setelah itu ada iklan-iklan yang dipasang melalui surat edaran, surat kabar, dan majalah.

Advertisement

Kini, iklan bisa dibuat dalam berbagai macam bentuk konten seperti grafik, ilustrasi, hingga video. Tingkat kreativitas pembuatnya pun makin tinggi sehingga ada beberapa iklan yang unik hingga viral dan nempel terus di ingatan. Beberapa di antaranya adalah iklan dari beberapa merek ini, simak yuk!

1. Kamu mungkin familier dengan model iklan yang sekarang jadi anggota JKT48 yaitu Afika, percakapannya di iklan Oreo sempat viral

“Afika”

“Iya”

“Ada yang baru nih”

“Apa?”

Familier dengan dialog tersebut? Yak, dialog ini berasal dari iklan Oreo yang sangat hits pada masanya. Perpaduan antara wajah imut model iklan dan dialog yang mudah diingat membuat promosi ini melekat. Tak hanya itu, dialog yang dibuat terasa sangat meme-material yang membuatnya juga ramai disebarkan di media sosial sebagai template meme. Secara tak langsung orang akan kepo terhadap asal-muasal kalimat tersebut dan akan menemukan brand Oreo di baliknya ketika mencarinya.

Advertisement

2. Satu produk menggunakan 3 hewan yang berbeda, coba tebak merek apa? Betul, iklan Bear Brand juga jadi bahan pembicaraan

Banyak yang bingung dengan brand yang satu ini, produknya susu sapi, logonya beruang, tapi iklannya kok malah pakai naga? Malah banyak yang menyangka bahwa susu yang ditawarkan benar-benar dari susu beruang lo. Ternyata pihak yang membuat iklan ini sudah memprediksi bahwa promosinya akan ramai jadi perbincangan karena keanehan tersebut. Benar saja, pikiran out of the box bin aneh tersebut terjadi saat ini yang secara tak langsung membuat brand awareness makin meningkat.

Advertisement

3. Salah satu adegan yang nggak akan dilupakan dari sejarah periklanan barangkali ibu-ibu qasidah yang masuk dalam rice cooker

Kerja lembur bagai kuda, sampai lupa orang tua~

Hayo, kok bacanya sambil nyanyi? Kalau kamu melakukannya berarti iklan tersebut terbukti nempel di telinga dan pikiran. Lirik yang relate tapi tetap kocak dengan banyak orang, dinyanyikan dengan nada khas, ditambah lagi video klip yang nyeleneh membuat iklan ini berkesan. Siapa coba yang kepikiran mengiklankan Ramayana dengan konsep qasidahan? Kreatif!

4. Iklan Gojek rasanya hampir selalu bikin kita ingin tepuk tangan setelah menonton, salah satunya adalah iklan Go-pay berkonsep ‘bumbu rahasia’

Bu Sisca sempat bikin heboh karena ngaku gantung panci yang membuat warganet mengira bahwa ia berhenti dari dunia masak-memasak, ternyata hal tersebut cuma gimmick untuk iklan layanan Gofood. Setelahnya, ia juga jadi bintang iklan Gopay dengan konsep bumbu rahasia buat nagih utang anti nggak enak. Copywriting yang cerdas membuat iklan ini banyak menuai pujian.

5. ‘Wani piro?’ jadi salah satu kalimat dari iklan rokok yang sangat sering digunakan pada masanya

Kalimat ini makin populer setelah menjadi kalimat andalan dalam iklan Djarum76. Memadukan konsep jin Aladdin dengan pakaian adat dan serta sarat akan kritik sosial, akhirnya iklan ini menjadi salah satu yang paling berkesan. Tak hanya diucapkan secara lisan, banyak juga yang menjadikan modelnya meme dengan kalimat tersebut sebagai reaksi saat ada yang meminta sesuatu.

6. Iklan Energen ini mungkin sudah lama berlalu tapi kalimat yang dilontarkan cukup ikonik hingga masih banyak digunakan

“Mana sempat keburu telat~”

“He’em mana sempat~”

Kalimat sederhana tersebut juga masih terngiang-ngiang di telinga sampai sekarang. Ceritanya ada seorang pemandu sorak yang merasa lapar tapi temannya mengatakan kalimat tersebut dan menawarkan membuat Energen saja. Artinya kalimat nggak diciptakan begitu saja tapi disusun untuk menegaskan kelebihan produk yaitu kepraktisan dalam membuatnya.

Dari iklan-iklan tersebut dapat disimpulkan bahwa ketika ingin mempromosikan produk maka ide-ide out of the box mungkin saja akan berhasil dan justru nempel terus di ingatan masyarakat. Mulai dari copywriting, video, dan elemen lain semuanya bisa dieksplorasi kok.

Gabung dan Berlangganan Newsletter

Berlangganan Newsletter dari Kita Mulai Bersama

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE