Kesuksesan di dunia kerja tak selamanya ditentukan oleh IPK yang tinggi. Ada hal lain yang juga dilihat oleh perusahaan sebelum menerima karyawan baru, yang lebih dari angka di transkrip kuliah.

Tak semua orang yang sukses dalam karier, dulunya adalah lulusan yang punya nilai fantastis. Banyak juga dari mereka yang dulunya biasa-biasa saja di bangku kuliah, namun punya karier yang bersinar. Kunci kesuksesan mereka adalah the key of success softskill yang jauh lebih baik dari karyawan rata-rata. Nggak mustahil kok, kamu yang sisi akademiknya tidak terlalu istimewa, untuk sukses di dunia kerja! Asal, kuasai dulu softskill ini.

Tak melulu harus cum laude, kemampuan berkomunikasi dengan baik juga sangat diperlukan dalam dunia kerja.

kemampuan berkomunikasi perlu dimiliki

kemampuan berkomunikasi perlu dimiliki via www.brighousecomputers.co.uk

Advertisement

Komunikasi yang baik dengan orang lain adalah kemampuan dasar yang harus kamu miliki. Sebenarnya skill berkomunikasi dengan baik tak hanya dibutuhkan dalam dunia kerja saja, tapi juga pergaulan juga. Namun efeknya akan makin terasa di dunia kerja jika kemampuan berkomunikasimu sangat buruk.

Rekan kerja atau bahkan atasanmu bisa saja merasa tidak nyaman bekerja denganmu jika kamu tidak bisa memperbaiki kemampuan berkomunikasimu. Dalam berkomunikasi yang baik, kamu tak perlu terlihat lebih pintar dari lawan bicaramu. Tapi yang kamu perlukan hanyalah menghargai siapa saja yang menjadi lawan bicaramu.

Bekerja tak cuma soal hasil pribadi. Kerja sama dengan rekan kerja juga diperlukan untuk lebih mengembangkan diri.

bekerja sama memecahkan kasus

bekerja sama memecahkan kasus via www.tumblr.com

Saat wawancara kerja, seringkali pihak perusahaan menanyakan pada calon karyawannya apakah keberatan jika sesekali bekerja dalam sebuah tim. Hal ini memang cukup penting untuk dicari tahu sebelum memutuskan seseorang bisa bergabung di sebuah perusahaan. Pada kenyataannya, kamu memang akan banyak bekerja sendiri. Tapi ada kalanya perusahaan juga membutuhkan karyawan-karyawannya untuk bekerja secara tim.

Advertisement

Dari sinilah dirimu yang sesungguhnya akan terlihat. Karena untuk bekerja dalam tim, kamu harus benar-benar menurunkan ego pribadi. Tak selalu pendapatmu yang paling benar, kamu juga harus mau mendengarkan masukan dan pendapat dari rekan kerjamu. Kesempatan ini justru jadi kesempatan bagimu untuk bisa mengembangkan diri. Karena dari rekan kerjamu, kamu bisa belajar banyak hal.

Perdebatan dengan rekan kerja juga akan kerap terjadi. Karena itulah, kemampuan bernegosiasi = harga mati

pintar-pintarlah bernegoisasi

pintar-pintarlah bernegosiasi via thecounselormovie.tumblr.com

Meski saat bekerja sama dengan tim kamu harus bisa menurunkan ego, bukan berarti kamu harus pasrah jika pendapatmu ditolak. Jika kamu merasa pendapatmu juga baik untuk keberhasilan project kalian, tak ada salahnya kamu bernegosiasi dengan rekan satu timmu. Tapi sekali ingat ya, negosiasi berbeda dengan ngotot. Kamu boleh mempertahankan pendapatmu, asal tidak menjelekkan pendapat orang lain. Negosiasi artinya kamu mempertahankan pendapatmu, namun tetap mau mendengarkan pendapat orang lain. Dari negosiasi, kamu dan rekan satu timmu pun bisa mendapat win-win solution.

Buatmu persaingan itu tantangan. Justru persaingan dengan rekan kerja menimbulkan semangat juang.

tetap semangat berjuang

tetap semangat berjuang via diariesofthetravelingchic.wordpress.com

Yah namanya juga dunia kerja, persaingan sudah pasti ada. Kamu harus terima resikonya, sekalipun persaingan yang terjadi tidak sehat. Tapi jangan jadikan hal itu sebagai penghalang. Kamu yang beranggapan bahwa persaingan dengan rekan kerja justru akan menempamu menjadi pribadi yang tak mudah menyerah, berarti kamu adalah orang yang tak mudah menyerah. Kamu pastinya akan terus termotivasi untuk meningkatkan kemampuanmu.

Masalah sesekali muncul dalam pekerjaan. Kamu harus jadi pribadi yang tenang agar bisa memberi solusi terbaik.

tetap tenang dalam kondisi apapun

tetap tenang dalam kondisi apapun via imgfave.com

Hidup itu memang penuh dengan masalah, termasuk juga soal pekerjaan. Saat masalah datang menghadang, yang kamu perlukan hanyalah ketenangan. Dengan pikiran yang tetap dingin, solusi baik bisa saja muncul. Lebih baik dibandingkan menghadapi masalah dengan emosi kan?

Stress bukan berarti meremehkan, tapi kamu juga punya keyakinan bahwa masalah kadang hanya harus ditertawakan.

masalah datang ketawain aja

masalah datang ketawain aja via lilsqueal.tumblr.com

Masalah dalam pekerjaan itu biasa, kamu tak perlu tegang dalam menghadapinya. Saat masalah datang, kadang kamu hanya perlu menertawakannya untuk bisa membuat dirimu lebih tenang. Buat kondisi kerja tetap sekondusif mungkin. Kerja itu capek, apalagi kalau ada masalah di kantor. Jadi nggak perlulah kamu mengencangkan seluruh otot tubuhmu hanya untuk permasalahan yang terjadi. Dengan cara ini, produktivitasmu juga akan lebih meningkat karena kamu bukan orang yang mudah stress

Tidak ada yang tahu kapan kamu akan bertahan di sebuah perusahaan. Kemampuan beradaptasi dengan cepat akan membantumu masuk ke lingkungan baru.

harus pintar adaptasi

harus pintar adaptasi via lilsqueal.tumblr.com

Kamu tidak akan terus menerus berada pada satu lingkungan kerja yang sama. Ada waktunya saat kamu harus pindah untuk mengejar karir yang lebih baik, atau paling tidak membuatmu lebih nyaman. Memiliki karir baru tentunya menuntutmu untuk memiliki kemampuan adaptasi. Kamu tak bisa kikuk berlama-lama dengan orang baru jika ingin cepat diterima.

Adaptasi yang cepat dengan lingkungan baru juga akan mempermudahmu untuk bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Jadi mulai sekarang, bukalah dirimu dan mencoba ramah dengan orang-orang di tempat kerja yang baru. Jika kamu mudah akrab dengan mereka, maka selanjutnya beban pekerjaanmu tentunya akan lebih ringan.

Nilai bagus memang penting sih, tapi kemampuan untuk menguasai berbagai softskill ini nggak kalah penting! Sudah berapa softskill yang kamu kuasai sekarang?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya