Bocoran Jam-jam Terbaik Lebih Produktif untuk Para Pebisnis. Salah Satu Kunci Sukses nih!

jadwal untuk pebisnis

Salah satu sikap yang harus dimiliki oleh seorang pebisnis adalah kemampuan untuk mengatur waktu dengan baik. Menjadi salah seorang yang bisa dengan bebas mengatur waktu milik sendiri seperti pebisnis ada plus minusnya. Keuntungannya, kamu nggak perlu berpatokan dengan jadwal yang biasanya ditetapkan oleh orang lain sehingga bisa menyesuaikan dengan kebiasaanmu. Kelemahannya, kalau nggak dibuat jadwal, bisa-bisa waktu yang dimiliki malah jadi terbuang percuma.

Advertisement

Pembuatan jadwal menjadi salah satu ajang penentuan tingkat produktivitas harianmu juga lo. Nah, biar maksimal menggunakan waktu yang kamu miliki, simak yuk jam-jam terbaik untuk melakukan sesuatu yang bisa dijadikan patokan berikut ini!

1. Waktu yang tepat untuk meningkatkan semangat dan berolahraga ternyata dimulai pukul 07.00 sampai 09.00 pagi

Credit: Photo by Dominika Roseclay from Pexels

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ternyata olahraga di pagi hari sebelum sarapan dapat membakar lebih banyak lemak bahkan sampai 20%. Selain itu, olahraga pukul 07.00 pagi ternyata juga membantu seseorang untuk tidur lebih lelap di malam hari daripada olahraga saat siang atau di sore hari.

2. Setelah selesai berolahraga, kamu bisa sarapan atau minum kopi sampai sekitar pukul 10.00

Credit: Photo by Vlada Karpovich from Pexels

Pukul 08.00 sampai 09.00 merupakan jam puncak tubuh manusia memproduksi hormon kortisol yang mirip dengan kafein, sehingga baru setelahnya kamu bisa mengonsumsi kopi ketika produksi hormon tersebut sudah mulai mereda. Di jam-jam ini pula kamu bisa sarapan untuk menyiapkan energi sebelum bekerja.

Advertisement

3. Pukul 10.00 sampai pukul 13.00 bisa jadi biological prime time milikmu, kamu bisa mulai fokus bekerja dengan mengerjakan hal yang lebih sulit dahulu

Biological prime time (BTP) merupakan istilah yang dikenalkan oleh Sam Carpenter melalui bukunya Work the System. Istilah tersebut memiliki arti sebuah kurun waktu paling produktif dalam sehari karena energimu terasa penuh. Setiap orang mungkin memiliki BTP yang berbeda-beda, cara untuk menemukannya adalah dengan mengurangi kopi dan konsumsi gula. Saat sudah menemukannya maka kamu bisa mulai mengerjakan pekerjaan yang sulit terlebih dahulu karena biasanya memerlukan lebih banyak usaha.

4. Mulai dari pukul 13.00 sampai pukul 14.00 adalah waktu yang terbaik untuk makan siang, tergantung dengan sarapanmu

Makan siang sebaiknya dilakukan 4 sampai 5 jam setelah sarapan, sehingga jika sarapan pukul 09.00 maka makan siang bisa dikonsumsi pukul 13.00 sampai 14.00. Selain makan, kamu juga bisa mengonsumsi camilan sehat di antara dua jam makan tersebut seperti buah-buahan atau makanan ringgan yang bernutrisi.

5. Sambil mencerna makan siang, kamu bisa beristirahat atau bahkan tidur siang dari pukul 14.00 sampai 15.00

Pukul 14.00 sampai 15.00 adalah waktu terbaik tidur siang untuk mengurangi stres, memperbaiki suasana hati, dan mengisi energimu kembali. Waktu ini juga menjadi jam terbaik untuk tidur karena setelah makan siang kandungan gula darah dan energimu akan menurun secara natural yang membuatmu merasa mengantuk.

Advertisement

6. Ternyata meeting terbaik bisa dilaksanakan pukul 15.00, kamu bisa mulai presentasi atau diskusi dengan kolega

Credit: Photo by EKATERINA BOLOVTSOVA from Pexels

Ketika meeting dilaksanakan terlalu pagi maka biasanya bahan harus dipersiapkan sebelumnya atau justru mereka tidak siap pada waktu tersebut. Menurut sebuah penelitian yang digelar layanan pembuatan jadwal online WhenIsGood.net, waktu terbaik untuk menyelenggarakan meeting adalah pukul 15.00 tepatnya hari Selasa.

7. Pukul 18.00 merupakan waktu yang tepat untuk menyelesaikan sisa pekerjaan dan mengerjakan hal-hal yang berhubungan dengan kreativitas

Setelah meeting kamu mungkin masih memiliki pekerjaan yang tersisa atau harus melakukan pekerjaan yang berkaitan dengan kreativitas, pukul 18.00 sampai 20.00 adalah waktu yang bisa kamu gunakan untuk melakukannya. Sebaiknya jangan menunda pekerjaan karena akhirnya hanya akan membuat jam istirahatmu mundur dan energi juga sudah berkurang.

8. Pukul 20.00 sampai jam 22.00 bisa digunakan untuk istirahat atau melakukan hal menyenangkan sebelum akhirnya tidur

Credit: Photo by Tima Miroshnichenko from Pexels

Sebaiknya hindari mengerjakan pekerjaan di jam tersebut jika tidak kepepet. Istirahatkan otak dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan seperti membaca buku atau menonton film. Setelahnya, usahakan untuk tidak tidur terlalu larut supaya tubuh bisa kembali segar di esok hari.

Semoga jam-jam terbaik tersebut bisa digunakan untuk membantu menyusun jadwalmu. Tak harus diikuti semuanya namun bisa disesuaikan dengan kebutuhan juga kok. Kamu juga bisa mencari kapan biological prime time milikmu supaya produktivitas bisa makin optimal.

Gabung dan Berlangganan Newsletter

Berlangganan Newsletter dari Kita Mulai Bersama

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE