Hemat Doang Nggak Cukup! Ketahui 7 Macam Penghasilan yang Bikin Hidupmu Makin Makmur~

jenis jenis penghasilan

Hemat pangkal kaya

Advertisement

Katanya sih begitu, tapi makin ke sini rasanya kalimat-kalimat yang dulu sempat memotivasi jadi kurang relevan lagi. Eits, jangan emosi dulu. Memang benar berhemat akan membuat kondisi keuangan kita jadi makin aman dan terjamin tapi rasanya untuk menjadi kaya, berhemat saja bukan satu-satunya solusi. Kita dituntut untuk memiliki penghasilan tambahan jika ingin mengumpulkan lebih banyak uang yang nantinya digunakan untuk berbagai kepentingan.

Untungnya, selain mengandalkan satu sumber penghasilan saja, kini ada makin banyak pilihan sumber pendapatan yang bisa kamu usahakan lo. Bisa sambil bekerja keras atau bahkan sambil duduk manis. Wah, penasaran kan?

1. Earned income merupakan salah satu pendapatan yang diperoleh dari gaji setiap bulan hasil bekerja

Penghasilan yang satu ini diperoleh seseorang yang bekerja sehingga jumlahnya stabil setiap bulannya. Walaupun mungkin banyak yang mendapatkan nominal cukup banyak namun bagi sebagian orang penghasilan yang satu ini mungkin hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehingga sulit untuk menabung.

Advertisement

2. Profit income didapatkan dari hasil memulai sebuah usaha atau dengan berjualan, banyak yang mendapatkannya dari usaha sampingan

Dari bisnis/ Credit: raw.pixel on Freepik via www.freepik.com

Kamu bisa menjual jasa maupun produk untuk memperoleh penghasilan yang satu ini. Banyak karyawan yang memimpikan memperoleh sebagian besar pendapatannya melalui cara ini. Untuk memulainya biasanya mereka tetap bekerja supaya memperoleh earned income dan membuka usaha sebagai sampingan. Kalau sudah stabil bisa saja profit income dijadikan sumber penghasilan utama.

3. Interest income adalah penghasilan yang bisa didapatkan setelah menaruh sejumlah uang di bank, gampanya pendapatan ini didapat dari bunga

Sudah nggak zaman menyimpan uang di celengan rumah, kini hampir semua karyawan atau pelaku usaha memiliki akun di bank. Selain lebih aman, jika menyimpannya dalam bentuk deposito maka kamu akan memperoleh penghasilan pasif dari bunga yang ditawarkan, biasanya dihitung dengan persentase tahunan.

4. Memiliki bangunan yang tak terpakai? Kamu bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan rental income

Sesuai dengan namanya, rental income didapatkan melalui rental atau menyewakan bangunan yang dimiliki. Salah satunya seperti menyewakan ruko atau menyediakan kontrakan. Banyak yang memiliki mimpi yang satu ini, tetapi kalau memang belum memiliki bangunannya lebih baik jangan gegabah untuk membeli properti karena walaupun tinggal duduk manis saja tapi memerlukan waktu yang lama untuk benar-benar menghasilkan.

5. Kalau jago menghasilkan karya maka kamu bisa mendapatkan royalty income, dengan catatan karya sudah didaftarkan

Desain/ Credit: Freepik via www.freepik.com

Contoh paling mudahnya adalah musisi yang mana saat mereka menghasilkan sebuah lagu lalu dipasarkan dan terjual maka mereka akan mendapatkan penghasilan dari perusahaan rekaman, begitu juga ketika lagu tersebut digunakan oleh orang lain maka akan ada royalti yang didapatkan. Selain musisi, desainer atau penulis juga bisa mendapatkan penghasilan jenis ini.

6. Investment income dapat diperoleh dalam berbagai macam bentuk, tergantung investasi seperti apa yang kamu pilih

Salah satu yang bisa didapatkan dari investasi adalah capital gain atau keuntungan modal yaitu ketika penjualan aset modal investasi memiliki harga jual yang lebih tinggi daripada ketika membeli. Selain itu, ada juga pendapatan dari dividen ketika investasi saham yaitu ketika perusahaan tempatmu berinvestasi sedang membagikan keuntungan. Yang menyenangkan dari pendapatan ini adalah kamu bisa memperolehnya tanpa perlu bekerja alias bisa dijadikan pendapatan pasif. Tak perlu modal terlalu banyak lo untuk memulainya. Bahkan kamu bisa dapat ‘modal’ dari Hipwee jika melakukan investasi crowdfunding di Bizhare.

Kamu bisa gunakan kode referal HIPWEE dan kamu bisa mulai berinvestasi pada semua jenis bisnis yang terdaftar di platform Bizhare mulai dari Rp50.000 saja lo. Yuk coba sekarang!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE