Harga rumah semakin naik tiap tahunnya. Kalau nggak diupayakan sejak dini, impian punya rumah mustahil terwujud (kecuali kamu anak sultan). Nggak heran kalau ada pernyataan ‘milenial bakal kesulitan punya rumah’. Perlu tekad dan perjuangan supaya tabungan untuk beli rumah bisa terkumpul. Meski terasa berat di awal, tapi kalau kamu konsisten menabung, pasti akan terasa ringan kok setelahnya.

Kalau kamu tak ingin tergerus zaman dan pada akhirnya nggak kuat punya rumah, hindari beberapa pemborosan nggak penting ini dari sekarang.

1. Meski terkesan sepele, tapi pengeluaran untuk paket data bisa membuatmu gagal punya rumah

paket data via www.idntimes.com

Advertisement

Kamu yang hobi main game online atau streaming video, pasti kerap merasakan efeknya. Rasanya baru beli paket data, tahu-tahu sudah habis begitu saja. Kebiasaan ini bakal cepat menguras kantongmu. Biar lebih hemat, coba manfaatkan fasilitas wifi di tempat yang kamu kunjungi. Atau, kalau mau nonton film lewat ponsel, kamu bisa mengunduhnya lebih dulu saat ada wifi.

2. Kebiasaan nongkrong juga sangat berpotensi bikin pengeluaranmu jadi membengkak

nongkrong via www.fetchscape.com

Biasanya, kamu cenderung akan membeli camilan yang sebenarnya nggak mengenyangkan saat nongkrong. Alhasil malah jadi terus-terusan jajan. Makin lama nongkrong, makin banyak jugalah uang yang keluar. Coba bayangkan kalau nongkrongnya tiap hari, berapa uang keluar yang harusnya buat nabung beli rumah?

3. Olahraga memang penting, tapi cari yang nggak usah mahal-mahal lah biar ada bujet buat nabung beli rumah

olahraga nggak harus ke gym via www.medicalnewstoday.com

Nggak harus di pusat kebugaran, kamu bisa kok olahraga murah dengan lari di lapangan atau jalan sekitar rumah saja. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan fitur aplikasi gratis dari ponsel untuk memandu olahragamu. Nggak perlu takut aneh-aneh, semua olahraga tetap menyehatkan kok.

4. Jangan mentang-mentang banyak promo, lantas kamu jadi implusif untuk belanja online terus-terusan

sering belanja online via economy.okezone.com

Advertisement

Memang, terkadang kita mudah goyah ketika banyak promo menggiurkan dari online shop favorit. Tapi, promo ini nggak lantas mengharuskanmu untuk belanja kok. Malah, kalau bisa kamu perlu mengeremnya supaya bisa nabung dan segera punya rumah.

Mewujudkan impian untuk memiliki rumah memang nggak mudah, tapi jika kamu benar-benar berusaha dan berkorban, nggak akan terasa sesulit itu kok. Kuncinya, jangan boros dan menuruti gaya hidup saja, tapi prioritaskan yang memang jadi kebutuhanmu.

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya