6 Hal ini yang Dilakukan Pebisnis Besar Sebelum Tidur. 11-12 Nggak Sama Night Routine-mu?

kebiasaan pebisnis sebelum tidur

Selama ini kebanyakan orang lebih banyak ingin tahu rutinitas pebisnis sukses di pagi hari, setelah bangun tidur. Kegiatan yang dilakukan pebisnis kelas dunia di pagi hari dianggap sebagai bagian dari kesuksesan mereka. Makanya banyak orang jadi terinspirasi mengikuti kebiasaannya. Tapi tahu nggak sih kamu kalau rutinitas menjelang tidur itu juga nggak kalah penting. Kegiatan yang dilakukan oleh pebisnis sebelum tidur jutru berdampak lebih signifikan terhadap performa mereka saat di pagi hari lo.

Advertisement

Melansir Business Insider, tidur yang cukup memang berpengaruh terhadap kesuksesan. Namun aktivitas sebelum tidur pun tak kalah penting dalam mempengaruhi kesuksesan. Saking pentingnya, para pebisnis seperti Bill Gates dan Oprah Winfrey melakukan serangkaian aktivitas positif sebelum tidur. Sehingga tidur mereka pun lebih nyenyak. Keesokan paginya, mereka bangun dalam keadaan segar dan bugar. Mau tahu runtinias apa saja yang dilakukan pebisnis sukses sebelum tidur? Langsung simak di bawah ini, ya.

1. Biasanya pebisnis besar meluangkan waktu sekitar setengah sampai satu jam untuk membaca buku

Baca buku | credit: photo by Gabby K via www.pexels.com

Sepertinya membaca buku memang menjadi kunci kesuksesan, ya. Para pebisnis ini pun dikenal rajin membaca. Bahkan mereka meluangkan waktu sebelum tidur untuk membaca buku. Mulai dari Barack Obama sampai Bill Gates, mereka membaca buku menjelang tidur sekitar setengah sampai 1 jam.

Rutinitas ini masuk akal. Apalagi mengingat manfaat membaca buku bagi kesehatan. Dilansir dari CNBC Indonesia, berdasarkan penelitian University of Essex pada tahun 2009 lalu, membaca buku mampu meredakan stres sampai 68 % lo. Nggak cuma itu, membaca buku dapat meningkatkan kesehatan otak dan mengurangi tanda-tanda penuaan. Pantas saja pebisnis gemar membaca buku, ya.

Advertisement

2. Agar tidur lebih tenang, pebisnis menjauhkan diri dari ponsel pintar sebelum tidur. Hmm~

Menjauhkan ponsel | credit: photo by Mia Baker via unsplash.com

Bermain dengan ponsel pintar menjelang tidur adalah kebiasan buruk yang mendatangkan banyak masalah kesehatan. Michael Woodward, seorang psikolog menyarankan agar menjauhkan ponsel pintar dan gadget lain setidaknya setengah jam sebelum tidur. Kebiasaan menjauhkan diri dari ponsel pintar sebelum tidur ternyata dilakukan juga oleh para pebisnis. Misalnya pebisnis Arianna Huffington, ia berhenti menggunakan ponsel pintar menjelang tidur. Bahkan menyimpannya di ruangan lain agar tidurnya nggak terganggu.

3. Sebelum tidur, pebisnis pantang mengurusi pekerjaan. Alih-alih untuk bekerja, gunakan waktu untuk berinteraksi dengan pasangan atau anggota keluarga

Waktu sama keluarga | credit: photo by Pablo Merchán Montes via unsplash.com

Dalam catatan kisah sukses seseorang, nggak ada tuh yang namanya bekerja sebelum tidur. Jadi menjelang tidur, mereka nggak akan menyentuh pekerjaan sama sekali. Bahkan sesederhana memeriksa email pekerjaan lo. Daripada menggunakan waktu untuk bekerja, ada baiknya kamu gunakan waktu untuk berinteraksi dengan pasangan, anak-anak, atau anggota keluarga lainnya. Mengobrol dengan keluarga itu juga penting dan menjadi bagian dari kesuksesan.

4. Untuk mengurangi stres dan kecemasan, Joel Gascoigne selaku CEO Buffer, berjalan kaki dulu sebelum tidur

Berjalan kaki |credit: photo by Timothy Perry via unsplash.com

Salah satu kunci kesuksesan Joel Gascoigne, CEO Buffer, adalah berjalan kaki sebelum tidur. Rutinitas ini dipilih karena terbukti dapat mengurangi stres dan kecemasan. Selama 20 menit, Gascoigne berjalan kaki setiap malam sebelum berangkat tidur. Dengan berjalan kaki, ia bisa mengevaluasi pekerjaan hari itu dan memikirkan tantangan lebih besar. Kemudian pelan-pelan berhenti memikirkan pekerjaan dan tubuhnya merasa lelah. Itulah tanda ia harus berhenti berjalan kaki dan segera tidur.

Advertisement

5. Ada kalanya otak memikirkan tentang hari esok di malam hari. Biar nggak sampai overthinking dan bikin susah tidur, pebisnis menulis catatan dulu

menulis catatan | credit: photo by Tirachard Kumtanom via www.pexels.com

Menjernihkan pikiran sebelum tidur harus dilakukan agar tidur bisa lelap. Tapi kadang otak terus memikirkan banyak hal, termasuk tentang kegiatan esok hari. Daripada pikiran itu terus berjubel di kepala, pebisnis punya kebiasaan menuliskan rencana esok hari nih. Seperti CEO American Express, Kenneth Chenault, membuat minimal tiga rencana yang bakal dilakukannya esok hari. Rutinitas ini berdampak bagus terhadap kemampuan manajemen waktu.

6. Merenungkan apa yang terjadi hari ini adalah kebiasaan para pebisnis sebelum tidur. Kemudian dilanjutkan dengan meditasi selama 10 menit

Meditasi | credit: photo by Andrea Piacquadio via www.pexels.com

Merefleksikan apa yang terjadi hari ini dapat mendatangkan rasa syukur. Sebagai bentuk penghargaan terhadap diri sendiri, pebisnis sering menyisihkan waktu sebentar untuk merenungkan apa yang telah dilakukannya seharian. Kamu bisa meniru pertanyaan reflektif ala Benjamin Franklin yang ditujukan pada dirinya sendiri setiap malam: apa kebaikan yang telah saya lakukan hari ini?

Nah, selain perenungan diri, nggak sedikit pebisnis yang melengkapi rutinitas sebelum tidur dengan meditasi. Efeknya luar biasa karena meditasi mampu merilekskan tubuh dan pikiran. Nggak heran kalau Oprah Winfrey, selebritas dan pengusaha ternama di Amerika Serikat, rutin melakukan meditasi menjelang tidur.

Enam rutinitas tersebut hanyalah secuil contoh. Masih banyak rutinitas para pebisnis sebelum tidur yang menjadi salah satu rahasai kesuksesan mereka. Nah, kira-kira kamu melakukan rutinitas malam yang sama nggak? Kalau kamu belum menerapkan rutinitas sebelum tidur seperti mereka, mulai sekarang bisa lo dicoba.

Gabung dan Berlangganan Newsletter

Berlangganan Newsletter dari Kita Mulai Bersama

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE