Sukses di usia muda merupakan impian terbesar bagi banyak orang di dunia. Tentu, untuk dapat meraihnya, kamu harus siap menghadapi segala rintangan yang ada. Kamu pun juga nggak boleh putus semangat supaya apa yang dicitakan-citakan bisa terwujud.

Nah, jika kamu sedang mengupayakan cita-citamu, coba deh tengok beberapa pembelajaran menarik dari Eyang Habibie. Banyak kiat sukses dari beliau yang bisa membuat kita jadi lebih bergairah untuk meraih kesuksesan, bahkan sejak di usia muda.

1. Kamu harus menjadi seseorang yang mau berusaha dan bekerja keras

mau berusaha dan bekerja keras via www.cermati.com

Advertisement

Nilai dan IPK tinggi nggak akan bisa membuatmu berhasil jika kamu masih menyimpan rasa malas di dirimu. Sepintar dan secerdas apa pun kamu, kalau nggak mau bekerja keras, semua usaha yang dilakukan akan jadi percuma. Selain itu, kamu juga harus memiliki komitmen tinggi supaya nggak mudah terombang-ambing dengan hal yang membuatmu nggak fokus.

2. Formula lain yang nggak kalah penting dan harus diterapkan ialah konsisten dalam menekuni sebuah bidang

konsisten via www.indozone.id

Memilih menekuni satu bidang jauh lebih bijak daripada harus menekuni banyak hal tapi dengan kemampuan rata-rata. Hal ini pun juga dilakukan oleh Eyang Habibie, yang mana dari awal hingga akhir dia tetap kekeuh menekuni bidang penerbangan.

3. Kamu pun diminta untuk siap menghadapi semua tantangan yang ada jika ingin berhasil dan sukses

siap menghadapi tantangan via www.ayobandung.com

Ya, tantangan seolah menjadi satu hal yang selalu ada di hidup kita. Agar dapat meraih kesuksesan, kamu pun dianjurkan untuk menghadapi semua tantangan yang ada. Jangan dihindari, karena dengan menghadapi tantangan, kamu akan terus tumbuh jadi pribadi yang lebih kuat dan tangguh.

4. Berusahalah dengan sungguh-sungguh. Jangan lupa untuk selalu berserah sepenuhnya kepada Tuhan jalanmu senatiasa dipermudah

berserah diri via fajar.co.id

Advertisement

Daripada bermimpi, Eyang Habibie lebih memilih untuk bercita-cita. Baginya, cita-cita merupakan sebuah tujuan yang jelas di mana ia akan melakukan usaha yang sungguh-sungguh untuk mewujudkannya. Eyang Habibie pun nggak lupa untuk terus berserah kepada Tuhan, supaya apa yang ia usahakan direstui dan diberi kemudahan oleh Tuhan.

“Saya tidak pernah bermimpi karena kalau mimpi biasanya ya cuma berakhir jadi mimpi-mimpi aja. Saya lebih memilih bercita-cita,” tukas Habibie.

5. Akan ada hal yang harus kamu korbankan jika ingin meraih sebuah kesuksesan

mau berkorban via www.ayobandung.com

Pada dasarnya, jika kamu ingin sukses, maka harus siap untuk capek atau mengurangi waktu bermain. Tapi yakinlah, pengorbanan ini nggak sia-sia kok. Ingatlah, bahwa sebuah proses nggak akan pernah mengkhianati hasil.

6. Agar semangat pantang menyerahmu nggak luntur, kamu harus selalu berada di sekeliling orang-orang yang memberikan energi positif

dikelilingi orang yang positif

Teman yang positif akan selalu membawamu kepada pikiran yang positif juga. Pikiran positif bisa membuatmu lebih semangat dan siap untuk menghadapi semua tantangan yang ada. Nggak bermaksud untuk pilih-pilih, nyatanya kamu memang harus memilih teman jika ingin lebih berkembang.

7. Jadilah seorang yang memiliki tekad kuat agar bisa berguna bagi lingkungan sekitar

tekad kuat via media.skyegrid.id

Menurut Eyang Habibie, seorang yang sukses ialah ia yang berguna bagi orang lain. Jangan sampai kamu hanya fokus mengejar cita-cita namun nggak mementingkan kepentingan orang lain. Karena, akan sia-sia segala yang kamu raih jika nggak diamalkan untuk orang lain.

8.  Terakhir, kalau benar-benar ingin  sukses, kamu nggak boleh takut gagal, ya!

jangan takut gagal via muslimobsession.com

Dari kegagalan, kamu bisa belajar untuk jadi pribadi yang lebih baik. Lagi pula, nggak ada kok orang yang langsung berhasil. Semua orang tentu pernah mengalami kegagalan. Jika ingin sukses, maknai kegagalan itu dan pacu dirimu untuk lebih maju.

Meski kini B.J. Habibie sudah tiada, namun banyak hal dari beliau yang tetap bisa kita ambil sebagai pelajaran. Dari beliau, kita jadi belajar bahwa untuk meraih sebuah cita-cita dibutuhkan pengorbanan dan tekad yang keras. Selamat jalan, Eyang. Terima kasih untuk segala ilmunya!

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya