Siapa yang tak kenal Pak B.J. Habibie?  B.J. Habibie lahir di Pare-Pare pada tanggal 25 Juni 1936 dengan nama lengkap Bacharuddin Jusuf Habibie. Beliau merupakan presiden ketiga Republik Indonesia setelah menggantikan presiden Soeharto.

Beliau saat ini menjadi predikat ilmuwan muslim tercedas di dunia. BJ Habibie merupakan lulusan teknik mesin di ITB pada tahun 1954. Kemudian pada tahun 1955-1956 melanjutkan studi teknik penerbangan dengan spesialis kontruksi pesawat terbang di RWTH Aachen, Jerman Barat dan menerima gelar diplom ingenieur pada 1960 dan gelar doktor ingenieur pada 1965 dengan predikat summs cum laude.

Semua beliau dapatkan tentu dengan kerja keras dan kerja cerdas beliau yang dilakukan dengan sungguh -sungguh. Nah, berikut ada 5 kutipan Pak Habibie yang akan membuatmu menjadi lebih semangat dan termotivasi untuk menjadi lebih baik.

1. Konsisten dalam melakukan sesuatu

Konsisten

Konsisten via https://unsplash.com

Advertisement

Kutipan Pak Habibie di atas bermakna, bahwa kita harus sungguh-sungguh dalam menekuni bidang pekerjaan kita atau jurusan pendidikan  yang kita ambil. Dengan begitu perlahan tapi pasti kita akan mendapati kesuksesan atas sikap kita yang pantang menyerah dalam menjalani pekerjaan maupun sekolah kita. Konsisten sama dengan fokus, membuat kita lebih terarah.

2. Bersiap berkorban dari segi waktu, tenaga dan pikiran

Berkorban

Berkorban via https://unsplash.com

Kutipan kedua ini berisi bahwa kita harus mampu mengorbankan hal-hal yang kita punya, jika kita menginginkan masa depan yang cerah, tentu mendapatkan semua hal indah perlu perjuangan dan tak mungkin dengan cara instan, mie instan aja perlu direbus, apalagi perjuangan kita perlu pengorbanan guys. Dari segi waktu, uang maupun tenaga dan pikiran demi meraih kesuksesan di masa depan. Jangan takut untuk berkorban ya!

3. Jadilah pribadi yang bermanfaat

Bermanfaatlah

Bermanfaatlah via https://unsplash.com

Kutipan ketiga berisi bahwa sehebat apapun orang tak akan bermakna jika ia tak bisa bermanfaat untuk orang sekitar. Maka dari itu jangan berpikir untuk menjadi hebat, tapi berjuanglah untuk dapat bermanfaat bagi lingkungan sekitar kita. Agar kita dapat memaknai hidup dengan berbagi. Karena berbagi itu indah.

4. Tantangan datang, jangan takut!

Tantangan

Tantangan via https://unsplash.com

Advertisement

Kutipan keempat berisi bahwa kita jangan terlena dengan zona nyaman, akan ada masanya kita harus keluar dari zona tersebut. Dan kita akan memasuki fase baru penuh tantangan yang tak terduga, jadi kita harus selalu bersiap dengan tantangan kapanpun itu, jangan takut. Terus kuatkan tekad untuk menghadapi itu semua. Karena hidup never flat. Harus berani menghadapinya.

5. Cinta dan kecerdasan harus berdampingan

Kutipan terakhir ini berisi tentang cinta dan kecerdasan. Keduanya perlu ada dalam hidup. Agar hidup seimbang.Cinta diperlukan untuk mewarnai hidup dan membuat hidup lebih bermakna, nah cinta harus diiringi oleh kecerdasan, agar kita tidak dibutakan dengan cinta dan agar kita memahami visi dan misi cinta yang sesungguhnya, yaitu pernikahan dan kesetiaan, seperti yang sudah dicontohkan oleh pak Habibie kepada almarhumah ibu Ainun. 

Kecerdasanpun harus didampingi dengan cinta, apalah arti cerdas tanpa cinta, hidup pasti akan sepi dan sedih. Nah 5 kutipan ini semoga membuat kita lebih semangat dan bisa mengikuti jejak pak Habibie, sang inspirator~

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya