7 Kolaborasi Unik Antar Brand. Strategi Ciamik Perluas Pasar dengan Saling Berbagi Gagasan

kolaborasi unik brand

Selama ini mungkin kita mengira bahwa jika ada dua brand yang berbeda, maka keduanya akan bersaing ketat hingga mencari kekurangan dan celah-celah yang bisa digunakan sebagai senjata untuk saling mengalahkan. Akan tetapi, ternyata ada juga dua brand saingan yang malah ingin berkolaborasi dengan brand lain walau terkenal sebagai kompetitor. Contohnya yang paling getol melakukannya adalah Burger King yang mengajak Mc Donald’s berkolaborasi namun harus patah hati karena ditolak.

Advertisement

Kolaborasi ini cukup populer dilakukan oleh brand karena dianggap bisa mengasah kreativitas demi menghasilkan gagasan baru. Selain itu, kedua belah pihak juga bisa saling memperluas target pasar masing-masing. Mungkin itu yang jadi alasan beberapa brand ini memilih berkolaborasi yang menghasilkan produk-produk unik. Simak yuk apa saja!

1. Indomie dan Chitato yang merupakan dua produk makanan favorit yang sempat ramai dibicarakan karena kolaborasi mereka

Kolaborasi dua brand ini telah berhasil menciptakan beberapa produk, mulai dari Chitato rasa Indomie hingga Indomie Goreng Hype Abis rasa Chitato. Bukan hanya makanan, bahkan mereka juga membuat kemeja serta merchandise lainnya. Kolaborasi ini dinilai cukup efektif karena sempat viral dibicarakan di mana-mana yang membuat orang-orang semakin penasaran dan memburunya.

2. Kolaborasi antara KFC dan Crocs jadi makin unik karena selain motif sandal yang berbentuk ayam goreng, ada juga aroma ayam di sana

View this post on Instagram

A post shared by Crocs Shoes (@crocs)

Advertisement

Popularitas sandal Crocs sempat naik turun hingga mereka melakukan banyak inovasi, salah satunya dengan berkolaborsi dengan merek makanan cepat saji KFC pada tahun 2020 lalu. Hasilnya, mereka menciptakan alas kaki dengan gambar ayam khas KFC di berbagai sisinya. Tak hanya itu, mereka juga menawarkan bau ayam pada sandal tersebut yang bisa dilepas dan dipasang lo.

3. Semua dengan embel-embel Supreme bisa langsung dijual dengan harga yang mahal, termasuk Oreo yang memutuskan berkolaborasi dengan mereka

Supreme Oreo langsung jadi pembicaraan hangat karena banyak influencer yang mengulasnya di media sosial. Memiliki warna merah dengan tulisan Supreme di bagian tengahnya membuat Oreo hasil dari kolaborasi ini dijual hingga Rp269 juta atau $18.000 di Amerika Serikat. Yang menjadikannya mahal adalah faktor eksklusivitas yang selama ini dijunjung oleh brand Supreme, produk ini dijual dalam jumlah yang terbatas.

4. Untuk merayakan 50 tahun pendaratan di bulan, Lego berkolaborasi dengan Nasa membuat sebuah set mainan

Advertisement

Ternyata kolaborasi bukan hanya dibuat oleh brand yang menjual produk-produk kebutuhan saja namun juga dengan organisasi seperti Nasa. Mereka mengembangkan produk baru berupa set pendaratan di bulan dengan Apollo 11 Eagle untuk merayakan 50 tahun pendaratan yang fenomenal. Harganya $99,99 atau sekitar Rp1,4 juta berisi 1.087 buah mainan.

5. Mc Donald’s juga melakukan kolaborasi untuk memperingati 50 tahun Big Mac dengan menggandeng brand Uniqlo

Keduanya memiliki target market sendiri-sendiri namun ketika digabungkan ternyata mereka berhasil membuat produk yang menggemaskan. Bentuknya berupa kaus dengan motif Big Mac yang cukup unik dicetak di beberapa bagian yang berbeda. Ketika membelinya maka konsumen juga bisa mendapatkan hadiah berupa voucher untuk makan di Mc Donald’s lo.

6. Kolaborasi produk make-up dengan makanan manis mungkin masih biasa tapi kalau dengan produk jamu Tolak Angin bagaimana ya jadinya?

Mungkin kamu sudah mendengar kolaborasi wafer dengan produk lipstik atau brand coffeeshop dengan foundation. Uniknya, produk jamu Tolak Angin juga melakukan kolaborasi serupa dengan Upmost Beaute yang merupakan brand kosmetik lokal. Produk yang dihasilkan adalah Honey Glazed Eyeshadow Palette yang terinspirasi dari bahan-bahan alami yang digunakan oleh Tolak Angin mulai dari madu hingga cengkeh.

7. Brand berbasis teknologi, Apple berkolaborasi cukup lama dengan brand Nike menciptakan Apple Watch

Untuk menggaet target pasar berupa orang-orang yang gemar berolahraga maka Apple menggandeng Nike dalam membuat Apple Watch. Aplikasi sport Nike+ Running dipasang ke dalam jam tersebut yang membuat pemakainya memiliki pengalaman tersendiri ketika melakukan olahraga.

Kolaborasi antara dua brand dalam membuat sebuah produk baru yang unik biasanya akan menimbulkan kehebohan dan banyak dicari, apalagi biasanya produk dibuat hanya dalam edisi terbatas. Hasilnya brand awareness akan naik jadi masing-masing dapat saling mendapat untung.

Kalau kamu, kolaborasi brand yang menurut kamu paling sukses dan ciamik apa?

Baca sepuasnya konten-konten pembelajaran Masterclass Hipwee, bebas dari iklan, dengan berlangganan Hipwee Premium.
Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE