7 Profesi Bergengsi yang Menanti Lulusan D3. Peluangnya Hampir Sama dengan yang Sarjana

Lowongan kerja untuk lulusan D3

Meski tak bergelar sarjana, lulusan D3 juga bisa berkarier seperti mereka yang tamat sarjana. Nggak perlu minder, banyak kok perusahaan yang membuka lowongan untuk lulusan D3. Malah, beberapa menganggap kalau lulusan D3 potensinya lebih oke karena terbiasa melakukan kerja praktik ketimbang hanya teori saja.

Advertisement

Banyak profesi yang bisa kamu coba daftar setelah lulus pendidikan D3. Beberapa di antaranya bahkan punya peran yang cukup penting bagi perusahaan lo! Apa saja sih? Yuk, langsung simak!

1. Kalau kamu orangnya cukup sistematis, bisa melamar posisi sebagai admin

jadi staf admin via louisteo.wordpress.com

Sebenernya, pekerjaan admin ini tergantung pada industri yang dimasuki. Tapi umumnya, seorang admin akan diminta untuk membuat laporan, rekap data, dan mengurus arsip kantor. Mesti teliti kalau mau jadi admin, karena yang dikerjakannya ialah berkas-berkas penting milik kantor.

2. Paham masalah keuangan? Daftar saja jadi akuntan

urusannya sama duit via beritagar.id

Akuntan memegang peran penting disebuah perusahaan. Beberapa tugas yang mereka lakukan di antaranya membuat laporan keuangan, melakukan posting jurnal operasional, dan memeriksa verifikasi dokumen yang berkaitan dengan transaksi keuangan. Biasanya lulusan D3 Akuntansi sangat dicari untuk mengisi profesi ini.

Advertisement

3. Buat yang suka jualan, bisa mendaftar sebagai sales atau marketing

sama-sama suka jualan via www.jurnal.id

Seorang sales atau marketing mesti aktif mencari target pasar biar insentif mereka makin banyak. Biasanya, dua profesi ini diberi target penjualan baik bulanan maupun tahunan oleh perusahaan. Nggak mesti di lapangan, sekarang banyak kok pekerjaan sales dan marketing yang juga dilakukan melalui daring.

4. Kamu yang komunikasinya bagus bisa mencoba jadi Customer Service

jadi CS di belakang atau depan layar via www.salesforce.com

Pekerjaan Customer Service berhubungan langsung dengan pelanggan. Mereka biasanya akan membantu mengatasi keluhan serta memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggannya. Hampir semua perusahaan yang bekerja di bidang penjualan dan jasa butuh Customer Service. Makanya, kesempatan ini nggak boleh kamu lewatkan begitu saja.

5. Pekerjaan sekretaris cocok buatmu yang pandai multitasking

kerja di bawah bos via www.ilmu-ekonomi-id.com

Sekretaris biasanya kerjanya di bawah bos langsung. Nah, yang dikerjakan banyak seperti mengatur jadwal pos, mengurus surat masuk dan keluar, bahkan menjawab telepon juga. Makanya, kalau mau jadi sekretaris, kamu mesti cekatan biar kerjaan nggak keteteran.

Advertisement

6. Sebagai lulusan D3, kamu juga bisa menjajal peruntungan sebagai staf purchasing

kudu paham stok barang via www.hashmicro.com

Profesi ini erat kaitannya dengan supplier dan barang. Selain menyusun pesanan pembelian, seorang staf purchasing juga harus bisa mengurus barang yang tak ter-supply.

7. Nah, buatmu yang cukup percaya diri, posisi resepsionis bakal cocok kamu geluti

kalo cukup PD, jadi resepsionis aja via www.agoda.com

Nggak cuma hotel, bahkan kantor-kantor sekarang juga butuh resepsionis lo! Biasanya, lowongan ini diperuntukkan untuk semua jurusan kuliah D3. Tapi, ada baiknya kalau kamu mulai belajar mematut diri jika ingin jadi resepsionis mengingat kerjaannya menyambut langsung para tamu atau klien.

Kamu yang lulusan D3 nggak perlu takut susah cari kerja, perusahaan kini semakin banyak, jadi lowongan khusus lulusan D3 juga bakal terus ada. Sebagai rekomendasimu, beberapa posisi dalam Karir ini juga siap menantimu para lulusan D3. Agar siap bersaing, tingkatkan skill sesuai bidang yang kamu kuasai, ya!


Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE