5 Marketplace Paling Banyak Dikunjungi Konsumen Indonesia. Coba Tebak Siapa Juaranya?

marketplace terbanyak dikunjungi

Semakin ke sini semakin banyak pula marketplace yang bermunculan, apalagi setelah ramai digembar-gemborkan kampanye go digital. Toko-toko yang awalnya berjualan offline berbondong-bondong memindahkan toko mereka ke lapak online supaya bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Akan tetapi, banyaknya pilihan akhirnya membuat pedagang bingung di marketplace mana sebaiknya ia berjualan.

Advertisement

Ternyata di antara puluhan marketplace yang terkenal, ada beberapa di antaranya yang paling banyak digunakan di Indonesia lo. Apa saja ya kira-kira? Simak yuk penjelasan selengkapnya berikut ini!

1. Tokopedia menjadi marketplace yang menduduki juara 1 di antara beberapa marketplace terkenal lainnya

View this post on Instagram

A post shared by Tokopedia (@tokopedia)

Dilansir dari detikinet, menurut data dari SimiliarWeb, Tokopedia menjadi raja dengan traffic share paling tinggi yaitu 32,04%. Pada kuartal pertama tahun 2021 ini, setiap bulannya mereka menerima 126,4 juta kunjungan. Lebih banyak orang yang mengakses situs ini melalui ponsel mereka daripada desktop dengan perbandingan 62,7% dan 37,3%. Sedangkan rata-rata kunjungan orang ke Tokopedia akan berlangsung selama 6 menit 37 detik. Situs ini memberikan pilihan yang komplet untuk bisnis kecil sampai besar dengan konsumen yang bujetnya pun memiliki range yang cukup lebar.

Advertisement

2. Shopee menyusul di posisi kedua dengan rata-rata pengunjung bulanan yang tak beda jauh dengan Tokopedia

v

Marketplace yang satu ini juga memiliki kunjungan bulanan sebesar 120 juta kali yang membawanya ke posisi nomor 2 dengan traffic share sebesar 29,78%. Pengguna mobile dari marketplace ini juga lebih banyak daripada yang menggunakan desktop, perbandingannya adalah 72,4% dan 21,3%. Pengunjung menghabiskan waktu untuk mengunjungi laman ini selama lebih dari 6 menit. Situs ini terkenal dengan harga terjangkau yang ditawarkan serta promo gratis ongkir yang sering diberikan.

3. Bukalapak ternyata masih menjadi marketplace yang digemari di Indonesia, buktinya layanan ini masuk posisi ke-3

View this post on Instagram

A post shared by Bukalapak (@bukalapak)

Memiliki traffic share sebesar 8,23% dengan total kunjungan setiap bulan sebanyak 13,58 juta kali membuat Bukalapak menduduki posisi ini. Selain itu, Bukalapak juga memiliki produk yang bervariasi serta promo menarik. Rata-rata pengunjung akan menghabiskan waktu selama lebih dari 4 menit dalam satu kali kunjungan. Sebanyak 78,7% dari mereka lebih senang menggunakan ponsel sementara 21,3% mengaksesnya menggunakan desktop.

4. Lazada masuk ke posisi nomor 4 di Indonesia dalam jajaran persaingan antar marketplace

Lazada memiliki traffic share sebanyak 7,11% dengan total kunjungan setiap bulannya sebesar 28,66 juta. Para pengunjung mengakses situs ini menggunakan ponsel sebanyak 80,7% dan desktop sebanyak 19,3%. Rata-rata kunjungannya pun cukup tinggi yaitu lebih dari 6 menit. Lazada memiliki spesialisasi di bidang fesyen dan kebutuhan rumah serta menjadi tempat terbaik untuk mereka yang kalau belanja menunggu kupon atau voucher.

5. Di posisi terakhir 5 besar marketplace paling sering dikunjungi ada situs Blibli yang memiliki konsep mirip dengan mal

Memasuki situs Blibli kita akan menemui berbagai perlengkapan rumah dan sesuatu yang kita perlukan sehari-hari, memberikan feel seperti saat masuk ke mal. Blibli mengantongi traffic share sebesar 4,22% dengan total kunjungan 16,99 juta di setiap bulannya dengan rata-rata waktu kunjungan sebesar 3 menit. Mereka mengakses menggunakan ponsel sebesar 64,7% dan melalui desktop sebesar 35,3%.

Nah, itu dia 5 besar situs e-commerce yang paling banyak dikunjungi oleh konsumen di Indonesia. Semoga bisa menjadi tolak ukur di mana kamu akan menjual produk-produkmu nantinya.

Untukmu yang saat ini ingin atau sedang merintis usaha, gabung yuk sama komunitas UMKM #KitaMulaiBersama! Daftar di bit.ly/MILISKMB untuk berlangganan newsletter supaya nggak ketinggalan info berisi konten dan event menarik seputar kewirausahaan dan pengembangan UMKM.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE