3 Aturan Meeting Efektif ala CEO Amazon Jeff Bezos. Nggak Pakai Power Point dan Diganti Memo

Meeting efektif CEO Amazon

Sebagai seseorang yang bekerja di sebuah perusahaan, meeting alias rapat sudah jadi agenda yang nggak bisa dielakkan. Biasanya, atasan atau tim akan mengadakan meeting supaya para pegawai bisa saling bertukar pikiran, sehingga nantinya bisa mendapatkan ide yang cukup brilian demi kemajuan perusahaan. Sayang, beberapa perusahaan masih mengadakan meeting tanpa mempertimbangkan satu dua hal. Padahal, meeting yang diagendakan sembarangan justru bakal nggak efektif dan cenderung searah serta membuat pesertanya bosan.

Advertisement

CEO Amazon, Jeff Bezos, ternyata punya cara khusus agar meeting tetap menyenangkan dan menghasilkan ide-ide out of the box. Biar meeting-mu nggak buang-buang waktu, mending ikuti tips dari bos besar satu ini.

1. Jeff Bezos selalu membatasi jumlah peserta di setiap agenda meeting-nya

membatasi peserta meeting via delano.lu

Baginya, meeting dengan sedikit orang jauh lebih efektif daripada banyak orang. Melansir dari laman Bussines Insider, Bezos menerapkan prinsip aturan ‘two-pizza’, bahwa jumlah peserta meeting haruslah cukup jika disajikan dua loyang piza.

Dengan adanya sedikit orang ini, ia merasa lebih mudah berpikir ketika tengah memimpin meeting. Pun meminimalisir adanya perbedaan pendapat yang terlalu kompleks. Cara ini sudah mulai banyak digunakan oleh pemimpin perusahaan lain agar meeting jauh lebih efektif dan nggak buang-buang waktu.

2. Berbeda dengan pemimpin lain, Bezos justru menyingkirkan penggunaan Power Point ketika meeting

tanpa Power Point via www.panopto.com

Menurut Bezos, peserta rapat nggak akan bisa mencerna isi Power Point. Sebab, biasanya isinya cuma ringkasan poin yang ditulis secara singkat. Melansir laman Think Bussiness, kantor Amazon kini mulai mengganti Power Point dengan memo enam halaman yang disusun lebih naratif.

Tapi untuk bisa mengisi memo dengan baik, biasanya perwakilan meeting akan menuliskannya jauh-jauh hari sebelumnya, kemudian ditulis ulang oleh timnya untuk saling melengkapi dan mengevaluasi.

3. Sebelum meeting dimulai, biasanya CEO Amazon ini akan menyediakan waktu untuk diam sejenak

Advertisement

diam sejenak via www.getminute.com

Selama setengah jam, Bezos akan meminta seluruh anggota meeting untuk membaca memo yang ditulis sebelumnya. Taktik ini dianggap lebih efektif karena seluruh peserta jadi lebih paham apa yang akan dibahas. Jadi, memo yang mereka tulis pun tetap berguna dan bisa jadi panduan selama rapat berlangsung.

Nah, buatmu yang masih sering kesal karena meeting kantor yang nggak jelas dan malah membuang-buang waktu, mungkin bisa menyarankan cara efektif dari CEO Amazon ini. Pesan dan ide-ide tersampaikan dengan baik, kerja pun jadi produktif.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE