Kupas Tuntas Mental Block yang Kerap Dialami Entrepreneur. Hilang Motivasi, Salah Satu Cirinya

mental block entrepreneur

Melakukan suatu hal yang belum pernah dilakukan sama sekali sebelumnya atau justru melakukan hal secara berulang-ulang secara terus-terusan bisa menimbulkan perasaan stres pada seseorang. Tak hanya sampai di situ saja, celakanya hal ini kadang mengganggu pekerjaan juga. Kalau sudah sampai di tahap tertentu bisa jadi seseorang mengalami mental block, sebuah kondisi di mana seseorang kehilangan energi dan mengalami beberapa gejala lain yang membuatnya jadi tidak produktif.

Advertisement

Nah, hal ini juga sangat mungkin dialami oleh seorang entrepreneur lo. Jangan-jangan kamu juga salah satu yang mengalami, padahal baru persiapan untuk jualan dan belum nyebur ke dalamnya? Biar nggak terjebak di fase ini, simak yuk gejala dan cara mengatasinya!

Ketika datang suatu hari di mana kamu kehilangan semua motivasi yang sebelumnya dimiliki, mungkin hal tersebut adalah wujud dari mental block

Selama ini mungkin kamu lebih akrab dengan istilah writer’s block yang sering dialami oleh penulis yang tiba-tiba bingung harus menulis apa karena kehilangan ide. Mental block sebenarnya juga tak jauh-jauh dari hal tersebut. Kondisi ini terjadi ketika seseorang sulit untuk berkonsentrasi karena kehilangan motivasi sehingga kehilangan kreativitas padahal ide-ide sedang dibutuhkan. Hal yang sebelumnya tak pernah mengganggu, kini tiba-tiba terjadi sehingga produktivitas jadi menurun.

Ada beberapa gejala yang bisa mulai diperhatikan untuk mengetahui apakah kamu sedang mengalami kondisi mental yang satu ini

Gejala mental block/ Credit: wayhomestudio on Freepik via www.freepik.com

Untuk mengetahui cara mengatasinya, maka hal yang terlebih dulu harus diketahui adalah dengan melihat gejalanya. Berikut ini ciri-ciri yang bisa kamu perhatikan dilansir dari beberapa sumber:

Advertisement
  • Kehilangan banyak energi serta tak bergairah
  • Lebih sensitif daripada biasanya sehingga mudah tersinggung
  • Menjadi lebih emosional seperti mudah sedih atau marah
  • Merasa bahwa ada tekanan psikologis
  • Mudah cemas
  • Lebih tertutup daripada biasanya

Selain menunjukkan gejalanya, ada pula beberapa bentuk dari kondisi yang satu ini yang sering dialami oleh entrepreneur

Dilansir dari laman entrepreneur.com dan sumber lain ada beberapa bentuk mental block paling umum yang dialami oleh entrepreneur yaitu:

  • Memikirkan hal-hal kecil secara berlebihan membuat kita menunda pekerjaan.
  • Keragu-raguan menjadi salah satu hal yang sering menghalangi langkah seorang calon entrepreneur dalam mencapai kesuksesan. Biasanya hal ini dipicu oleh adanya ketakutan akan kegagalan yang belum pasti akan terjadi.
  • Membuat keputusan secara emosional alih-alih menggunakan data dan perhitungan juga merupakan hal yang fatal.
  • Merasa tak ada terlalu banyak peluang yang membuatmu jadi sulit untuk melihat adanya kesuksesan yang mungkin bisa didapatkan.
  • Ketika akan membuat sebuah keputusan, kadang seorang entrepreneur akan melakukannya dengan cara yang lama dengan keputusan yang maksimal yang membuat proses jadi rumit.
Advertisement

Tenang, ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasi permasalahan yang satu ini kok

Bahagia/ Credit: lookstudio on Freepik via www.freepik.com

  • Jika terjadi sebuah kegagalan atau muncul emosi negatif maka jangan terlalu menyalahkan diri sendiri apalagi secara berlebihan. Cobalah untuk mengabaikan emosi negatif supaya dapat menumbuhkan keyakinan pada diri sendiri.
  • Ketika sedang mengalami perasaan takut maka kamu bisa melakukan hal-hal menyenangkan seperti olahraga atau melakukan hobi yang lainnya.
  • Salah satu pemicu ketakutan juga mungkin karena adanya kegagalan di masa lalu, makanya usahakan untuk menerima bahwa masa tersebut sudah terjadi dan tak bisa diubah namun masa depan masih bisa diusahakan.
  • Mengubah pemandangan di sekitar juga bisa lo dilakukan, misalnya mengatur meja kerja atau meredekorasi ruangan supaya berganti pemandangan.

Mental block wajar terjadi pada siapa saja termasuk seorang entrepreneur. Supaya nggak terus-terusan terjebak di dalamnya, kamu perlu mengidentifikasi gejala dan mengatasinya dengan beberapa hal yang sudah disebutkan. Istirahat sebentar dari hiruk pikuk keseharian juga perlu dilakukan sesekali.

Baca sepuasnya konten-konten pembelajaran Masterclass Hipwee, bebas dari iklan, dengan berlangganan Hipwee Premium.
Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE