Seperti kita ketetahui bersama setiap tahunnya persaingan karir semakin berat, karena lapangan yang tidak berkembang banyak berbanding terbaik dengan jumlah fresh graduate yang membludak. Harapan dan peluang untuk mendapatkan pekerjaan tidak lagi semudah dulu, sebab kamu harus bersaing dengan ratusan ribu kandidat lain yang kualitasnya pun sama cemerlang.

Tak bisa dipungkiri, pengalaman riil baik dari bekerja magang ataupun kegiatan organisasi sangat berperan dalam mendongkrak eligibilitasmu. Namun pada kenyataannya tidak semua di antara kita memiliki pengalaman yang cukup bersaing dengan para kompetitor lain dalam bursa pencari kerja. Jangan patah arang dulu, kesempatan tetap terbuka lebar untukmu dengan melakukan beberapa tips berikut:

1. Jangan ragu mencantumkan keunggulan akademismu. Keahlian lapanganmu yang belum seberapa bisa terselamatkan oleh itu

HP-2012-Graduates-Enlarged

Tonjolkan keunggulanmu dalam bidang akademis via www.uaf.edu

Advertisement

Selain pengalaman kerja yang segudang, nilai yang bagus dan prestasi yang tinggi tetap akan dilirik dalam perekrutan tenaga kerja. Apabila kamu kurang dalam bidang pengalaman kamu bisa menunjukkan bahwa kamu terdepan dalam nilai akademis. IPK yang tinggi, track record yang bagus, syukur-syukur kalau ada piagam prestasi untuk menunjukkan keunggulanmu seperti gelar lulusan terbaik atau cumlaude akan membantumu dalam mendapatkan pekerjaan.

2. Jangan cuma sekadar mencantumkan CV. Buat portfolio menarik yang membuat perusahaan makin penasaran padamu

Portfolios

Sediakan portofolio atau contoh karyamu untuk menunjukan kemampuanmu via brentthoma.mededlife.org

Meskipun kamu tidak punya catatan pengalaman kerja atau organisasi yang tumpah ruah, kamu masih bisa menunjukkan kemampuan konkretmu dengan membuat portofolio atau contoh hasil pekerjaanmu. Dengan begini kamu dapat menunjukkan ke perusahaan yang kamu lamar bahwa kamu benar-benar memiliki keterampilan yang mereka cari.

3. Terus bekali dirimu dengan rajin mengikuti seminar dan pelatihan yang berhubungan dengan profesi yang kamu tuju

shutterstock_144220534

Ikuti seminar dan pelatihan yang bisa mendongkrak kompetensimu via www.vantageua.co.uk

“Jangan pernah berhenti belajar” adalah kuncinya. Apakah kamu sudah mahasiswa tahun terakhir maupun fresh graduate kamu tidak boleh merasa puas dengan pengetahuan yang kamu miliki. Terus timba ilmu dengan mengikuti training-training dan seminar yang sesuai dengan minat dan bakatmu untuk menambah kompetensi dan juga membuat cv-mu padat berisi sehingga menarik calon pemberi kerja.

4. Meskipun kamu tak banyak terlibat dalam pengalaman organisasi ataupun kerja selama masa kuliah, kamu masih bisa menggali pengalaman dengan mengikuti kegiatan volunter

volunteers-website-1

Bergabunglah dengan kegiatan suka rela yang menambah pengalamanmu di lapangan via www.cbssport.dk

Advertisement

Tidak ada kata terlambat, mulailah perkaya resume-mu dengan aktif menyumbangkan jasa dan usahamu untuk kegiatan-kegiatan volunter atau suka rela. Selain menambah jiwa sosial, mengasah kemampuan komunikasi dan team work, menjadi tenaga suka rela akan meningkatkan kredibilitasmu di mata para calon pencari kerja.

5. Daripada goler-goler tak karuan, mengambil kesempatan kerja freelance bisa memberimu pengalaman dan pengetahuan baru

Timba pengalaman dan dapatkan pemasukan dari pekerjaan freelancer via www.forbes.com

Bekerja tidak terbatas pada pekerjaan yang harus terikat kontrak dengan lembaga atau kantor khusus saja; kamu bisa menimba pengalaman dan mendapatkan pemasukan dengan bekerja sebagai pekerja lepas atau freelancer. Pengalaman sebagai freelancer bisa diterima sebagai tolak ukur kemampuanmu dalam mengerjakan suatu tugas. Jika kamu tertarik untuk menjajal pekerjaan sebagai freelancer ada banyak situs web yang bisa kamu manfaatkan untuk memulainya.

6. Relasi dan koneksi dapat sangat membantu dalam mencari kerja. Perluas komunikasimu dengan bergabung ke dalam himpunan alumni dan career center.

Perluas informasi dan komunikasi dengan bergabung ke alumni and career center via esopassociationblog.org

Buang jauh-jauh gengsimu, pergaulan dan komunikasi yang luas dapat sangat membantu dalam mendapatkan pekerjaan impian. Bergabunglah dengan himpunan alumni yang bisa memberimu informasi tentang koneksi atau kekosongan posisi di perusahaan incaranmu.

Selain itu, belakangan ini sudah banyak Universitas yang telah menyadari akan manfaat lembaga career center dan menyediakan lembaga-lembaga tersebut untuk menunjang kelangsungan masa depan karir para lulusan mereka. Lembaga ini berfungsi memberikan informasi, bimbingan dan konsultasi bagi para lulusan agar dapat menggapai mimpi mereka meraih karir idaman.

7. Jangan fanatik dan menutup diri. Sadar diri lah, kalau memang masih fresh grads ya daftar posisi junior atau MT

3422_2193_hr

Posisi Entry Level atau Management Trainee dapat menempamu via www.shkp.com

Apabila posisi tertentu yang menjadi incaranmu ternyata sudah jelas-jelas meminta pengalaman kerja sebagai syarat untuk melamar, jangan patah arang. Berpikirlah terbuka dan lamarlah lowongan untuk posisi entry level atau Management Trainee dahulu. Dengan mengikuti program management trainee, selain selangkah lebih dekat dengan pekerjaan impianmu, program tersebut dapat semakin menempamu dan memperdalam keahlian dalam bidang yang menjadi minatmu. MT juga biasanya butuh persyaratan yang lebih ringan, memudahkan fresh graduate dan lulusan segala jurusan untuk mendapat kesempatan bekerja.

8. Tak perlu langsung berambisi masuk di perusahaan besar. Start up company pun bisa memberimu kesempatan mengejar impian

business-start-up

Pertimbangkanlah untuk mengabdi pada perusahan kecil atau start-up business via www.paullemberg.com

Perusahan kecil dapat menempamu dengan segala keterbatasannya. Membuatmu lebih tangguh dalam menghadapi rintangan-rintangan yang ada dalam dunia kerja. Apabila kamu bekerja dengan sungguh-sungguh dan berhasil membawa perusahaan tersebut maju, maka kamu akan semakin diperhitungkan oleh perusahaan-perusahaan yang lebih besar. Orang-orang yang berhasil bekerja dalam perusahan kecil atau start-up business juga dianggap lebih kreatif dan produktif karena memiliki pengalaman langsung dalam mengatasi masalah-masalah dalam perusahaan tersebut.

Semoga tips-tips yang Hipwee berikan di atas bisa membantu kamu untuk mendapatkan pekerjaan impianmu. Jangan patah semangat wahai para pejuang karir, dengan usaha keras mimpimu tetap dapat terwujud.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya