6 Ide Cari Uang untukmu yang Berbakat di Bidang Desain. Nggak Melulu Harus Jadi Karyawan kok

pekerjaan bidang desain

Saat ini kemampuan dalam bidang desain merupakan sebuah keahlian yang banyak diperlukan, apalagi di era yang apa-apa serba konten. Sayangnya, walaupun banyak perusahaan yang memerlukan jasa ini, kadang syarat dan permintaannya ada banyak sekali. Harus menguasai aplikasi A-Z, harus siap kerja di bawah deadline dan tekanan, dan banyak syarat yang lainnya. Sebenarnya mungkin nggak apa-apa, namanya juga bekerja. Akan tetapi, kamu mungkin termasuk di antara beberapa orang yang punya bakat desain tapi nggak mau terlalu terikat dengan satu perusahaan saja.

Advertisement

Nah, sekarang saatnya memaksimalkan kemampuanmu untuk mencari uang melalui beberapa cara berikut ini. Bisa diatur sendiri kapan mau mengambil pekerjaan dan jenis pekerjaan seperti apa yang ingin dikerjakan. Cek yuk apa saja!

1. Dari dulu sampai sekarang, pekerjaan menjadi seorang desainer website nggak pernah ada matinya

Makin banyaknya kemunculan toko-toko online baru maka makin banyak pula mereka yang ingin membuat website untuk tempat katalog sekaligus lahan berjualan. Makanya, kini pekerjaan yang satu ini cukup banyak dicari. Akan tetapi, tentunya diperlukan ilmu yang berkaitan dengan website juga yang harus dikuasai untuk menggeluti bidang yang satu ini.

2. Menjadi seorang desainer grafis bisa kok berdiri sendiri tanpa harus ikut suatu perusahaan tertentu, kuncinya branding yang kuat

Graphic designer/ Credit: Arthur Hidden on Freepik via www.freepik.com

Mulai dari jasa pembuatan konten, berbagai macam selebaran, membuat logo, kartu nama, kemasan, poster, hingga banner, semuanya memerlukan bantuan seorang desainer. Pesanan tersebut juga cenderung selalu ada dan konsisten sehingga tak perlu takut kehabisan pelanggan. Akan tetapi, supaya bisa mendapatkan pelanggan maka harus dilakukan branding yang kuat agar ‘produk’ buatanmu bisa dikenal oleh orang-orang dan membuat mereka tertarik untuk menggunakan jasamu.

Advertisement

3. Ilustrator juga menjadi salah satu pekerjaan yang menarik serta menyenangkan, kamu bisa berkolaborasi dengan banyak pihak juga

Seorang ilustrator biasanya bertugas membuat ilustrasi untuk beberapa proyek seperti buku, novel, majalah, artikel, dan lain sebagainya. Jika tak ingin terikat dengan kontrak jangka panjang seperti menjadi seorang karyawan maka kamu bisa menerapkan konsep berkolaborasi per proyek yang dibuat. Yang terpenting dari pekerjaan ini adalah ciri khas yang membuatmu berbeda dengan ilustrator yang lainnya.

4. Menjadi stock artist nggak hanya untuk yang hobi foto saja lo tapi juga untuk kamu yang punya kemampuan mendesain

Stock/ Credit: snowing on Freepik via www.freepik.com

Selama ini mungkin banyak yang sudah tahu bahwa seseorang bisa mendapatkan uang dengan mengirim foto untuk situs-situs penyedia stok foto di internet. Ternyata hal ini nggak hanya berlaku untuk foto saja tapi desain juga. Kamu bisa mulai setor stock graphic seperti template untuk undangan, konten Instagram, vektor, logo, dan ilustrasi melalui beberapa situs seperti Freepik, Shutterstock, Adobe Stock, dsb.

5. Kamu juga bisa lo berjualan produk dengan ciri khas desain atau ilustrasi yang dibuat sendiri melalui printed art

Orang mudah bosan dengan model produk yang itu-itu saja. Makanya, melalui ciri khas desain yang dimiliki, kamu bisa mulai menciptakan printed art dalam bentuk hoodie, kaus, bahkan sticker, atau yang kini jadi produk paling banyak dicari yaitu masker. Dengan desain-desain eksklusif yang diciptakan maka akan ada banyak orang yang tertarik terhadap produk tersebut.

6. Jika memiliki keahlian yang lebih bersifat teknis selain desain itu sendiri maka kamu bisa mencoba menawarkan jasa menjadi desainer UI/UX

UI/UX/ Credit: Arthur Hidden on Freepik via www.freepik.com

Desainer yang satu ini juga makin banyak dibutuhkan karena makin banyaknya orang yang ingin membuat aplikasi atau website sendiri. Salah satu yang dibutuhkan supaya user lebih nyaman ketika membukanya adalah dengan memberikan UI/UX yang bagus. Untuk itulah banyak perusahaan atau perseorangan yang membutuhkan jasa desainer UI/UX untuk mendapatkannya. Jika ingin terjun di bidang ini tentunya kamu juga harus tahu teknisnya.

Nah, itu dia beberapa bidang pekerjaan yang bisa kamu andalkan untuk menyalurkan bakat atau kemampuan yang dimiliki jika tak ingin terlalu bergantung dengan menjadi karyawan perusahaan lain dan waktu kerja yang sudah ditetapkan. Ingat ya, yang paling penting supaya jasa ata produkmu bisa terjual adalah branding dan portofolio!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE