Sebal Sering Diberikan Pekerjaan di Luar Job Desc? Ini 4 Cara Efektif Menghadapinya

pekerjaan luar job desc

“Rin, nanti tolong kerjain yang aku kirim lewat e-mail ya buat jam 3.”

“…”

Advertisement

Atasan tiba-tiba melewati mejamu dengan santai sambil berkata demikian. Mungkin kamu sedikit sebal karena pekerjaanmu masih banyak yang belum selesai. Akan tetapi, rasa sebalmu semakin banyak karena setelah dicek seharusnya pekerjaan tersebut bukan masuk ke job desc yang sudah dijelaskan saat kamu diterima di perusahaan tempatmu bekerja. Sayangnya, mungkin kamu terlalu takut untuk melakukan protes karena statusmu yang hanya karyawan biasa walau sebenarnya hati merana 🙁

Jika hal ini hanya terjadi sekali mungkin kamu masih bisa bertahan, namun jika sudah terjadi berulang kali maka kamu sekarang mungkin kamu bingung dengan langkah apa yang harus diambil. Nah, agar bisa sedikit tercerahkan, simak yuk tips berikut ini!

1. Walaupun hanya karyawan biasa namun kamu tetap berhak bekerja sesuai dengan aturan yang sesungguhnya, makanya kamu berhak juga bertanya

Ngobrol dulu aja/ Credit: Freepik via www.freepik.com

Alih-alih menyimpan rasa sebalmu sendiri atau malah membangun lingkungan yang toxic karena selalu membicarakannya di belakang atasan dengan rekan kerjamu, ada baiknya kamu berbicara langsung dengan atasan. Katakan jika kamu juga masih memiliki pekerjaan utama yang mesti dikerjakan dan pekerjaan tambahan tersebut bisa mengganggu terselesainya pekerjaan utama yang kamu punya. Jika pekerjaan tambahan masih bisa dilakukan tanpa mengganggu pekerjaan utamamu, kamu juga tetap harus memastikan mana yang harus selesai duluan.

Advertisement

2. Untuk menyelesaikan pekerjaan ini kamu dituntut untuk multitasking dan memiliki manajemen waktu yang baik

Harus multitasking/ Credit: Freepik via www.freepik.com

Jika biasanya kamu harus menyelesaikan pekerjaan yang masuk ke dalam job desc-mu saja, kini kamu harus rela membaginya dengan pekerjaan lain yang mungkin berkaitan tapi bisa juga tidak. Makanya, kemampuan untuk multitasking diperlukan pada saat tersebut. Jangan lupa untuk menyusun skala prioritas sesuai dengan arahan atasan mana yang harus dikerjakan lebih dulu. Hal ini juga berkaitan dengan manajemen waktu di mana kamu harus bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu agar tak terlalu sering mengganggu kehidupan pribadimu.

3. Walaupun pekerjaanmu jadi lebih berat namun ada juga manfaat yang bisa kamu ambil dari sini

Bisa belajar/ Credit: Freepik via www.freepik.com

Atasan memberikanmu tugas tersebut karena dia mempercayai bahwa kamu bisa mengerjakannya dengan beres. Hal ini bisa berarti negatif dan positif. Negatifnya, slot pekerjaanmu jadi bertambah banyak dan dia bisa ‘tuman‘ melakukan ini, sedangkan positifnya kamu bisa mengeksplor lebih banyak pekerjaan di luar tugas utamamu sehingga secara tak sadar kemampuanmu akan sesuatu jadi bertambah pula. Kesempatan ini bisa kamu pakai untuk mengembangkan dan berlatih akan ilmu yang baru.

4. Jika kamu dapat menyelesaikan tugasmu dengan baik maka hal ini juga bisa berpengaruh pada penilaian atasanmu

Advertisement

Paling outstanding/ Credit: Freepik via www.freepik.com

Jika kamu bisa menyelesaikan pekerjaan utama dan pekerjaan tambahan dengan baik dan cekatan tanpa banyak drama dan keluhan maka ada kemungkinan penilaian atasanmu terhadapmu jadi makin baik pula. Hal ini nantinya bisa menunjang jenjang kariermu juga seperti kesempatan untuk promosi yang lebih besar.

Mengerjakan tugas yang tidak sesuai dengan job desc mungkin akan terasa menyebalkan, namun ternyata kamu juga bisa mengambil sisi positifnya. Akan tetapi, ingat ya bahwa hal ini akan menjadi bermanfaat jika pekerjaan yang diberikan masih ada di dalam batas wajar.

Jika karena kinerjamu bagus namun atasan malah jadi semena-mena memanfaatkan tenagamu, maka kamu bisa dengan tegas berdiskusi tentang keberatanmu akan hal ini atau jika ragu-ragu, kamu bisa mengobrol dulu dengan bagian HR. Kamu juga bisa menanyakan apakah mendapatkan benefit tambahan dengan membantu tugas tambahan yang diberikan di luar job desc sehingga waktumu tak terbuang dengan percuma. Semangat!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE