7 Pekerjaan Bergengsi untuk Lulusan SMA. Tetap Berhak Punya Gaji yang Tinggi Juga!

pekerjaan lulusan sma

Entah kamu sadari atau nggak, kini kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan saat akan merekrut pegawai baru rasanya semakin tinggi. Lowongan pekerjaan yang diunggah ke portal job rasanya semakin bikin insecure. Pasalnya, selain pengalaman kerja yang bertahun-tahun lamanya padahal baru lulus, mereka juga menginginkan pegawai baru yang memiliki pendidikan tinggi sehingga untuk yang tidak memiliki gelar tertentu akhirnya hanya kebagian pekerjaan-pekerjaan dengan gaji yang kecil di posisi bawah.

Advertisement

Kebanyakan syarat minimal pendidikan adalah D3 atau S1, namun ternyata anak-anak lulusan SMA juga tetap bisa kok memiliki pekerjaan yang bergengsi jika mampu melihat peluang. Kita simak yuk pekerjaan apa saja yang bisa didaftar!

1. Sekolah penerbangan mungkin memerlukan uang yang banyak, namun kamu tetap bisa lo bekerja bidang ini dengan ijazah SMA

Asisten pilot/ Credit: Freepik via www.freepik.com

Dilansir dari Cermati, ternyata lulusan SMA khususnya yang jurusan IPA dan menguasai sains serta matematika memiliki peluang untuk menjadi seorang asisten pilot. Pasalnya kini mulai banyak maskapai penerbangan yang membuka pelatihan pilot untuk anak-anak lulusan SMA. Kuncinya, sering kepo-kepo informasinya saja.

2. Jika kamu memiliki cita-cita untuk menjadi pramugari ternyata kamu tetap bisa mewujudkannya lo dengan mengantongi ijazah SMA

Pramugari/ Credit: Freepik via www.freepik.com

Menjadi seorang pramugari artinya kesempatan untuk jalan-jalan ke banyak tempat sekaligus. Jika memiliki kualifikasi fisik serta kemampuan lain yang memadai, kamu bisa menjajal untuk mendaftar. Akan tetapi, sebelum benar-benar terjun ke kabin biasanya akan ada pendidikan terkait dunia penerbangan terlebih dahulu.

Advertisement

3. Selain di udara, lulusan SMA juga bisa jaya di air dengan menjadi salah satu anak buah kapal (ABK)

ABK/ Credit: Freepik via www.freepik.com

Dengan profesi ini kamu bisa bepergian ke banyak tempat dengan gaji yang cukup tinggi dan ternyata bisa juga untuk lulusan SMA. Akan tetapi biasanya diperlukan keahlian tertentu sesuai dengan posisi yang dilamar dan fisik yang kuat. Pun, yang perlu diingat adalah bahwa menjadi anak buah kapal artinya menyerahkan diri untuk berjauhan dengan darat kadang selama berbulan-bulan.

4. Biasanya di setiap perusahaan akan memiliki divisi customer service, nah ternyata bidang ini juga menerima lulusan SMA

CS/ Credit: Freepik via www.freepik.com

Jika kamu memiliki skill berkomunikasi yang baik, kamu juga bisa mendaftar menjadi seorang customer service di perusahaan. Tugasnya biasanya berhubungan langsung dengan pelanggan maupun klien dari perusahaan tersebut. Selain berkomunikasi diperlukan kesabaran serta fokus yang tinggi, serta cepat belajar untuk memahami produk atau jasa yang dipasarkan.

5. Penulis kini ada banyak jenisnya, kamu bisa menjajal profesi ini dengan mempelajari teknik-tekniknya sendiri

Penulis/ Credit: Freepik via www.freepik.com

Mulai dari penulis buku hingga menjadi penulis konten, semua bisa digeluti apalagi kini kamu bisa menjual jasamu ke berbagai brand atau platform di internet. Bahkan sekarang banyak yang menawarkan pekerjaan yang bisa dikerjakan jarak jauh. Kuncinya adalah portfolio serta branding yang kuat. Kamu juga bisa mengikuti pelatihan menulis sesuai spesialisasimu untuk menambah ilmu.

Advertisement

6. Jika kamu menyukai dunia masak memasak, maka pekerjaan menjadi seorang koki akan terasa menyenangkan

Chef/ Credit: Freepik via www.freepik.com

Kemampuan dalam bidang masak memasak ternyata bisa juga menghasilkan uang dengan menjadi seorang koki atau chef. Meskipun tak langsung bekerja di restoran bintang 5, namun seiring kemampuanmu terasah bukan tak mungkin cita-cita itu bisa jadi nyata. Malah dengan bakat yang kamu punya, bisa jadi ada peluang untuk bisa sekolah memasak ke luar negeri.

7. Menjadi seorang pengusaha tak memedulikan latar belakang pendidikan yang dipunya, kuncinya kerja keras dan konsisten

Pengusaha/ Credit: Freepik via www.freepik.com

Salah satu hal yang diperlukan saat ingin menjadi seorang pengusaha adalah modal, tapi yang perlu diingat modal tak harus dalam jumlah yang banyak. Lihatlah ke sekitar kira-kira peluang apa yang ada dan sumber daya apa yang kamu punya untuk memenuhi kebutuhan orang-orang.

Bebeberapa peluang bisnis tersebut tak memerlukan gelar pendidikan yang tinggi namun beberapa menawarkan gaji yang besar. Lagipula, lulusan apapun sebenarnya hanya salah satu dari banyak faktor yang menentukan suksesnya karier seseorang. Masih ada faktor lain seperti koneksi dan kemampuan untuk ‘menjual diri.’ Apalagi dalam proses bekerja dan mengejar karier tersebut, kamu tetap semangat menuntut ilmu, bukan saja mengejar gelar tapi juga upgrade kualitas diri. Wah, dijamin sih kesempatan naik gaji dan peluang karier bakal makin terbuka lebar~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE