Melihat 4 Peluang ‘Bisnis dari Sebuah Kematian’. Terdengar Menyeramkan tapi Ternyata Menjanjikan

peluang bisnis jenazah

Selama ini kita mungkin mengetahui kematian sebagai sesuatu yang menyeramkan padahal hal tersebut sudah pasti terjadi. Bahkan setiap hari di berbagai wilayah akan ada orang yang meninggal, untuk itulah jika mampu melihat peluang justru lini ini akan menjadi salah satu hal yang mendatangkan cuan ditambah prosesnya yang beragam. Apalagi orang yang berada di kelas menengah ke atas yang cenderung akan memberikan yang terbaik bagi orang terdekat termasuk saat sudah tiada, uang berapapun akan rela dikeluarkan.

Advertisement

Buktinya, untuk mendapatkan sebuah tempat peristirahatan terakhir, orang-orang tersebut rela mengeluarkan uang senilai satu mobil atau bahkan rumah. Nah, melihat hal ini ada pula berbagai inovasi yang dilakukan yang bisa dilihat sebagai peluang usaha yang menguntungkan dan bukan sebuah usaha yang negatif, apalagi niatnya adalah menyediakan fasilitas yang terbaik. Kita simak yuk apa saja!

1. Saat kehilangan orang tersayang, banyak yang malah bingung terhadap apa yang seharusnya dilakukan sehingga jasa pengurusan jenazah akan laku

Diurus dari awal sampai akhir/ Credit: Noxos via www.freepik.com

Bisnis ini hampir selalu laku dan bisa bertahan dalam jangka panjang karena banyak juga orang yang memilih sesuatu yang lebih simpel. Bisnis ini meliputi memandikan jenazah, merias jenazah, menjemput atau menyediakan mobil jenazah, hingga prosesi pemakaman termasuk pilihan untuk melakukan kremasi. Akan tetapi, modal untuk mendirikan bisnis ini bisa jadi cukup banyak jika semua disediakan dalam sat paket karena artinya memerlukan sebuah mobil dan tempat itu sendiri.

2. Rumah duka juga menjadi sebuah tempat yang banyak dicari karena beberapa orang harus melakukan ritual yang panjang

Rumah duka fancy/ Credit: San Diego Hills Sales via salessandiegohills.com

Walau banyak yang memilih untuk memulangkan jenazah dan mengurusnya sendiri nyatanya banyak juga yang memerlukan sebuah rumah duka untuk melakukan prosesi atau ritual yang cukup panjang sebelum jenazah dikebumikan. Untuk itulah bisnis ini jarang sepi pemesanan apalagi jumlahnya pun belum sebegitu banyaknya. Bahkan banyak juga keluarga kaya yang rela mengeluarkan puluhan juta untuk fasilitas ini.

Advertisement

San Diego Hills misalnya yang selama ini kita ketahui sebagai penyedia lahan pemakaman mewah ternyata juga menyediakan San Diego Suites sebagai rumah duka yang dilansir dari Kompas, harganya sampai Rp64juta untuk 150m 2  selama 3 hari 2 malam dengan fasilitas yang jauh dari kesan seram seperti yang selama ini ditimbulkan oleh sebuah rumah duka.

3. Walau berakhir dengan dikubur namun ternyata tak semua orang sembarangan dalam memilih peti mati lo

Peti mati/ Credit: Copperpipe via www.freepik.com

Peti mati juga menjadi salah satu hal yang  paling sering dicari saat ada yang meninggal apalagi kini sedang ada pandemi dengan protokol pemakaman yang ketat, salah satunya dengan peti. Tak hanya itu, banyak juga orang kaya yang rela merogoh kantong dalam-dalam untuk memesan peti custom mulai dari bentuk hingga kayu yang digunakan. Akan tetapi, ternyata banyak juga bebisnis bidang yang satu ini tetap mementingkan jiwa sosialnya dengan sistem subsidi silang. Jadi, dilansir dari beberapa sumber, saat ada orang kaya yang rela mengeluarkan ratusan juta, maka ia bisa sekaligus membantu orang yang kurang mampu dalam membeli peti yang dibutuhkan.

4. Tak kalah laris dari peti, nisan juga jadi salah satu benda wajib yang dibutuhkan dalam sebuah pemakaman

Advertisement

Nisan digital/ Credit: Daily Mail via www.dailymail.co.uk

Makanya pembuatan benda yang satu ini juga tak akan pernah sepi order. Bahkan kini banyak orang yang berlomba-lomba untuk melakukan inovasi sehingga nisan bukan hanya terbuat dari batu atau kayu. Yang terbaru ada nisan digital buatan sebuah perusahaan Slovekia. Dilansir dari Funeral Guide UK, nisan ini memiliki bentuk diagonal dengan ukuran 48 inch dengan layar interaktif yang bisa diisi gambar, video, hingga konten digital yang lain. Nisan yang dalam keadaan norma berwujud seperti nisan pada umumnya akan berubah saat ada yang peziarah yang berdiri di dekatnya. Harganya kurang  lebih Rp42juta.

Walaupun memiliki kesan yang menyeramkan namun bisnis yang satu ini cenderung jarang sepi order, apalagi beberapa di antaranya kini masih sepi pula yang menggarapnya. Bisnis ini juga bisa menjadi sarana untuk memberikan yang paling layak untuk mengantar mereka ke peristirahatan terakhir.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE