Profesi Cyber Security Sepi Peminat, Padahal Dibutuhkan di Masa Depan. Cek Dulu 5 Tugasnya ini

Peluang kerja Cyber Security

Setiap teknologi, apalagi yang terkoneksi dengan internet, pasti memiliki celah yang bisa dimanfaatkan pelaku kejahatan. Mulai dari penipuan, pencurian identitas atau pelanggaran privasi lainnya adalah kejahatan yang marak di era digital. Untuk mengantisipasi itu muncul sebuah profesi bernama Cyber Security atau Keamanan Siber.

Advertisement

Sayangnya, SDM yang kompeten di bidang Cyber Security malah sedikit. Country Manager IBM Security, Dhany Sulistyo, dalam salah satu konferensi teknologi di Jakarta bahkan menyatakan sekitar 1,8 juta posisi untuk Cyber Security akan terjadi kekosongan pada tahun 2020. Karena profesi ini penting dan nggak bisa digantikan oleh robot atau artificial intelligence, maka peluang karir di bidang ini sangat besar. Tapi apa aja sih, tugas Cyber Security ini? Melansir dari The Conversation, berikut 5 di antaranya.

1. Memastikan sistem yang digunakan oleh klien sesuai dengan standar dan berjalan baik

Memastikan sistem sesuai standar (ilustrasi: unsplash.com) via unsplash.com

Jika terjadi kejanggalan seperti misalnya proses transaksi kartu kredit yang nggak sesuai dengan prosedur, maka Cyber Security memiliki kewajiban mempertemukan staf teknis, hukum, dan operasi bisnis untuk mendiskusikan tindakan yang perlu diambil untuk permasalahan ini.

Peran Cyber Security dibutuhkan karena pemimpin proyek biasanya nggak memahami standar hukum yang berlaku, sementara staf bisnis nggak paham proses perangkat lunak yang bekerja.

Advertisement

2. Melakukan identifikasi kerentanan dengan cara menyerang sistem yang sedang dijaga untuk mengetahui celah berbahaya yang dimiliki

melakukan identifikasi kerentanan (ilustrasi: unsplash.com)

Hal ini dilakukan untuk menjaga sistem tetap aman. Jika tim Cyber Security menemukan kerentanan, tugas selanjutnya adalah melaporkan kepada petinggi perusahaan dan menyusun strategi untuk menangkal celah serangan yang ditemukan. Sembari menyusun strategi,  Cyber Security akan terus melakukan serangan untuk memastikan kerentanan lain.

3. Memantau dan merespons serangan dengan menyiapkan sistem di sebuah jaringan tertentu

memantau dan merespons serangan (ilustrasi: unsplash.com) via unsplash.com

Sistem pemantauan ini akan bekerja melaporkan aktivitas nggak biasa dan otomatis menonaktifkan aktivitas tersebut. Seperti contoh, jika ada akun surel yang membuka pesan berisi malware, maka akun tersebut akan otomatis nonaktif. Setelah dinonaktifkan, tugas Cyber Security selanjutnya adalah mengomunikasikan dengan pemilik akun untuk kembali melakukan pemulihan akun dan data yang terinfeksi malware.

4. Melakukan pencegahan pembobolan data dengan menganalisis kebijakan, prosedur, dan struktur di sebuah departemen pemerintahan

melakukan oencegahan pembobolan data (ilustrasi: unsplash.com) via unsplash.com

Di sana, tim Cyber Security akan mencari segala macam risiko yang mengancam privasi warga. Jika menemukan potensi risiko paling tinggi untuk kebocoran data, maka tugas selanjutnya adalah menganalisis potensi masalah lalu mengembangkan rencana dan anggaran untuk mengantisipasi risiko. Hal tersebut akan diajukan kepada petinggi departemen terlebih dahulu sebelum dilakukan tindakan.

Advertisement

5. Tak hanya keahlian teknis, Cyber Security juga harus memiliki keterampilan komunikasi dan integritas tinggi

keterampilan komunikasi dan integritas adalah penting (ilustrasi: unsplash.com) via unsplash.com

Karena sebagai profesional keamanan, Cyber Security memiliki akses informasi yang bisa saja dengan mudah dijual di pasar gelap, atau dipergunakan untuk bentuk kejahatan lain. Kerja tim akan maksimal ketika keterampilan komunikasi yang kuat juga diimbangi dengan integritas pribadi yang nggak gampang goyah.

Mengingat inovasi selalu memunculkan risiko, maka Cyber Security adalah profesi yang cukup menjanjikan baik dari segi ketersediaan lapangan kerja maupun gaji. Bagaimana, kamu berminat?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

colour my life with the chaos of trouble

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE