Mengulik Sumber Penghasilan Para Pemain Catur, yang Kini Kembali Naik Daun. Apa Saja?

penghasilan pemain catur

Demam catur rasanya tak kunjung berhenti belakangan ini. Jika sebelumnya serial Netflix The Queen’s Gambit berhasil memopulerkan permainan ini sampai membuat aplikasi gim dan papan catur jadi laris di mana-mana, ternyata kontroversi yang terjadi di Indonesia juga membuatnya masuk ke trending topic. Singkat cerita, setelah terjadi permasalahan akan adanya tuduhan dari Gotham Chess akan kecurangan yang dilakukan oleh user Dewa Kipas, ia akhirnya melakukan duel dengan grand master asli Indonesia yaitu Irene Sukandar.

Advertisement

Alhasil, nama mereka berdua sekaligus permainan catur ini sendiri kini kembali ramai dilirik. Yang tak kalah menarik adalah hadiah ratusan juta yang dibawa kedua pemain tersebut baik pemenang maupun yang kalah. Di luar itu, ternyata walaupun tak sepopuler cabang olahraga yang lain, para atlet tetap bisa lo berkarier dan mendapatkan kehidupan yang layak dari sana. Kita simak yuk penjelasannya!

Seperti cabang olahraga yang lain, ada beberapa kejuaraan catur yang menawarkan hadiah dengan nilai yang besar

Kalau sudah nonton The Queen’s Gambit mungkin kamu akan mendapatkan gambaran bagaimana keseharian seorang pemain catur dan darimana mereka mendapatkan uangnya. Walaupun kelihatan sesederhana melangkahkan para buah catur namun ternyata ada banyak teori di belakangnya.

Nggak heran kalau ada berbagai gelaran pertandingan untuk kompetisi permainan ini baik dalam taraf nasional maupun internasional, hadiahnya pun nggak main-main lo bisa sampai ratusan juta. Tahun 2020 lalu misalnya, dilansir dari Antara, Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) mengadakan turnamen catur online dengan hadiah Rp75 juta. Biasanya turnamen nasional memberikan hadiah sampai ratusan juta, belum lagi jika tingkatnya internasional. Tak hanya itu, jika kompetisi yang diikuti mewakili negara biasanya akan ada lagi bonus dari pemerintah.

Advertisement

Jika sudah memiliki nama yang besar, maka pemain catur juga bisa mendapatkan uang melalui bisnis seperti berjualan buku, jadi pelatih, atau menggandeng brand

Main catur/ Credit: Gene Glavistky on Deposit Photos via id.depositphotos.com

Banyak orang sukses yang akhirnya menulis buku untuk membagikan ilmunya, termasuk para pemain catur. Akan tetapi, bisnis ini biasanya baru bisa digeluti setelah seseorang sukses di bidang ini, memiliki nama, dan pengalaman yang mumpuni. Alasannya jika namanya sudah dikenal maka banyak yang akan membeli buku tersebut karena lebih percaya dan royalti yang didapatkan juga akan semakin banyak. Jika tak melalui buku maka para pemain catur juga bisa menjadi seorang pelatih atau pengajar yang melakukannya secara langsung.

Selain bisa lebih laris ketika menjual produk milik sendiri, memiliki nama besar juga membuat para pemain ini digandeng oleh brand. Kerja sama dengan brand akan menjadi salah satu sumber penghasilan yang tak kalah besar. Pemain catur bisa menjadi representasi produk yang sesuai dengan bidangnya dengan menjadi seorang bintang iklan, brand ambassador, hingga menerima endorsement.

Advertisement

Jika masih kurang percaya dengan penghasilan besar yang didapatkan oleh para pemain catur ini, sepertinya kamu harus melihat buktinya sendiri

Dalam catur ada juga peringkat-peringkat yang diberikan dan gelar paling tinggi yang diberikan oleh Fédération Internationale des Échecs (FIDE) adalah Grand Master (GM). Biasanya mereka juga akan menghasilkan uang dalam jumlah yang banyak. Dilansir dari laman chess.com ada beberapa nama yang membuktikan bahwa mereka bisa hidup dari permainan ini yaitu Magnus Carlsen dan Vishy Anand yang menghasilkan masing-masing $1 juta hanya dari kompetisi saja. Total kekayaan mereka masing-masing mencapai $8 juta dan $3 juta. Ada juga Hikaru Nakamura yang memiliki total kekayaan mencapai $50 juta dan Fabiano Caruana yang memiliki kekayaan $13 juta. Masih ada banyak nama pemain lainnya yang juga menghasilkan dalam jumlah cukup banyak, itu baru dari catur saja ya.

Walaupun tak sepopuler permainan lainnya, namun ternyata catur cukup menjanjikan, apalagi sekarang permainan ini juga bisa dilakukan dengan cara online sehingga makin banyak yang bisa mengaksesnya. Akan tetapi, seperti cabang olahraga yang lain juga ketika memutuskan nyebur di sana maka diperlukan sistem pengelolaan keuangan yang baik, bisa sambil melakukan investasi atau diputar ke dalam bisnis ya.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE