Produk Pertama dari 7 Perusahaan Terkenal, Bukti Kalau Inovasi adalah Kunci Biar Tetap Bertahan

produk pertama perusahaan terkenal

Produk yang dibuat oleh suatu perusahaan adalah ujung tombak dari kegiatan bisnis untuk menghasilkan uang, bentuknya bisa macam-macam. Untuk menyajikan produk terbaik perlu adanya riset, uji coba, dan berbagai proses lainnya sampai produk bisa diterima masyarakat sehingga laku di pasaran. Melakukan berbagai inovasi demi peningkatan pengalaman pelanggan tak ada salahnya untuk dilakukan, bahkan mengganti produk awal yang sudah dijual tapi ternyata tak laku di pasaran pun tak masalah.

Advertisement

Buktinya beberapa perusahaan besar di dunia juga melakukannya, ada yang meningkatkan kualitas dan fitur produk, ada juga yang mengganti jadi produk yang sama sekali berbeda. Nah, kalau kamu penasaran produk apa saja yang awalnya diproduksi oleh perusahaan ternama dunia, simak beberapa di antaranya berikut ini!

1. Sebelum menjadi perusahaan yang menjual video game, Nintendo menjual mainan berupa kartu bernama Hanafuda

Nintendo didirikan pertama kali pada tahun 1889 sebagai sebuah perusahaan yang menjual kartu mainan di Kyoto, Jepang. Kartunya diberikan nama Hanafuda atau kartu bunga karena memiliki hiasan berbentuk bunga. Dulunya permainan ini ternyata populer di kalangan geng kriminal yang suka berjudi lo. Akhirnya tahun 90-an, perusahaan ini merilis video game seperti Mario, Legend of Zelda, hingga Pokemon.

2. Sebelum berjualan furnitur, Ikea menjual produk dalam bentuk yang beragam dengan sistem bisnis pesanan melalui pos

Awalnnya produk yang dijual Ikea cukup beragam mulai dari stocking, perhiasan, jam tangan, pena, dan bingkai foto. Bisnis ini dimulai pada tahun 1943 oleh Ingvar Kamprad dengan metode pesanan melalui pos. Setelah beberapa tahun kemudian, baru Kamprad menambahkan produk berupa sebuah furnitur pertamanya untuk dijual. Katalog pertama Ikea dirilis pada tahun 1951 yang membuat namanya melesat dan memiliki showroom pertama pada tahun 1953.

Advertisement

3. Sebelum terkenal dengan produk-produk teknologi seperti sekarang, Apple membuat produk pertama berupa sebuah komputer

Komputer pertama/ Credit: Apple Geschicte on Twitter via twitter.com

Setiap merilis seri produk baru, hampir bisa dipastikan produk Apple akan langsung laris manis. Barang yang diproduksi pertama oleh perusahaan ini ternyata cukup inovatif pada masanya yaitu sebuah komputer bernama Computer Apple I. Produk ini diklaim sebagai komputer pertama dalam sejarah yang memiliki keyboard untuk mengetik karakter dan muncul dalam layar tepat di hadapan mereka.

4. Samsung ternyata memiliki kisah yang berbeda, perusahaan ini ternyata berawal dari toko kelontong yang menjual mi lo!

Saingan dari Apple ini ternyata berawal dari sebuah toko bahan makanan yang didirikan oleh Lee Byung Chul pada tahun 1938. Tokonya berada di Taegu, Korea yang menjual mi serta bahan makanan lain yang diekspor ke Tiongkok. Baru setelah perang dunia, perusahaan ini berekspansi ke lebih banyak bidang termasuk elektronik pada tahun 1969 di mana produk pertamanya adalah televisi hitam putih.

5. Sony memang terkenal dengan produk-produk elektroniknya tapi ternyata barang yang pertama kali diproduksi adalah rice cooker

Rice cooker/ Credit: Sony.net via www.sony.net

Advertisement

Pendiri Sony yang bernama Masaru Ibuka memiliki ide untuk menciptakan perabotan rumah setelah berakhirnya Perang Dunia II. Ide ini muncul karena ada banyak rumah yang sudah memiliki aliran listrik namun mereka belum memiliki perabotannya. Akhirnya terciptalah sebuah rice cooker dengan bahan kayu dan aluminium di bagian bawahnya. Sayangnya produk ini tak pernah dirilis karena adanya beberapa faktor yang menyebabkan nasi kurang matang atau justru terlalu matang.

6. Jika sekarang Lego lebih banyak dibuat dengan bahan plastik ternyata mainan dari perusahaan ini awalnya dibuat dengan bahan kayu

Awalnya, Ole Kirk Christiansen yang merupakan seorang tukang kayu membuka toko bahan bangunan dan bengkel kayu. Ia menggunakan sisa-sisa kayu untuk membuat mainan anak-anak dengan bentuk yang bermacam-macam mulai dari kereta, mobil, dan bebek dengan roda yang akan membuka mulut saat ditarik. Ia kemudian membuat Lego plastik yang sempat ditolak oleh banyak swalayan karena produknya masih asing.

7. Toyota ternyata berawal dengan memproduksi mesin tenun yang dulunya sudah penuh inovasi

Mesin tenun/ Credit: Toyota Global via www.toyota-global.com

Toyota didirikan oleh seorang pencipta berbagai mesin tenun otomatis maupun manual bernama Sakichi Toyoda. Ketika itu, mesin paling hebat yang pernah diciptakan adalah Toyoda Automatic Loom Type G yang memiliki kecepatan tinggi dan berbagai inovasi lainnya. Untuk mobil sendiri, Toyota menciptakan sebuah mobil penumpang dengan nama Toyoda Model AA yang menggunakan mesin tipe A.

Wah, ternyata produk pertama beberapa perusahaan terkenal tersebut cukup berbeda ya dengan apa yang mereka jual saat ini. Bahkan beberapa di antaranya sudah memiliki lebih banyak lagi variasi. Inovasi memang mesti dilakukan supaya produk bisa terus relevan dan nggak ketinggalan zaman.

Tags: apple, samsung, inovasi, perusahaan, produk, #KitaMulaiBersama

Gabung dan Berlangganan Newsletter

Berlangganan Newsletter dari Kita Mulai Bersama

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE