Daftar Peringkat 6 Besar Perusahaan Terinovatif di Dunia. Lo, Tesla Bukan Juara Pertama?

perusahaan inovatif dunia

Salah satu yang membuat sebuah perusahaan sukses adalah kemampuan untuk berinovasi demi mengikuti kebutuhan konsumen atau memberikan pengalaman terbaik bagi penggunanya. Apalagi, selama pandemi banyak hal yang berubah yang sekaligus menyambut makin maraknya digitalisasi di berbagai lini. Bahkan inovasi mungkin bukan hanya dilakukan untuk menyesuaikan diri di era sekarang ini tapi juga untuk memenuhi imajinasi yang dulu terdengar tak mungkin terjadi, sebut saja Tesla yang kini mobil listriknya laris manis.

Advertisement

Mungkin kamu akan mengira bahwa Tesla menduduki urutan pertama dengan berbagai ide-ide gilanya. Akan tetapi, ternyata ada banyak perusahaan lain yang tak kalah inovatif dalam melakukan gebrakan lo. Kita simak yuk daftarnya menurut Forbes berikut ini!

1. Kita urutkan dari bawah ya. Yayanan streaming film dan serial Netflix yang makin laris selama pandemi ternyata berhasil menduduki peringkat 6

Selama pandemi lebih banyak orang yang lebih memilih mencari hiburan melalui gawainya karena tak bisa keluar rumah. Salah satu hiburan yang populer adalah layanan nonton film dan serial melalui platform Netflix. Kesuksesan perusahaan ini nggak bisa dipisahkan dari berbagai inovasi yang sudah jadi budaya kerjanya. Awalnya perusahaan ini mengirim DVD melalui pos sebelum memberlakukan sistem streaming, lalu mereka membeli hak siar, hingga akhirnya berhasil memproduksi film maupun serial sendiri.

2. Salah satu yang membuat Jeff Bezos yakin Amazon akan bertahan dan makin besar di masa depan adalah adanya inovasi

Amazon/ Credit: Stevano Vicigor on Deposit Photos via depositphotos.com

Hal ini pula yang membawa perusahaan retail online ini ke peringkat 5 besar sebagai perusahaan yang paling inovatif di dunia. Berawal dari berjualan buku dengan harga yang murah, kini Amazon menjual berbagai hal yang lebih beragam lagi. Perusahaan ini juga menjual aplikasi, televisi berbayar, dan banyak inovasi lainnya. Tak hanya itu, Amazon juga mulai menerapkan kecerdasan buatan, IoT, dan machine learning untuk memaksimalkan kinerjanya.

Advertisement

3. Tesla yang selalu terdengar inovatif dengan ide-ide nyelenehnya ternyata hanya mampu menduduki peringkat nomor 4, bukan di angka 3 besar~

Belakangan, Elon Musk yang merupakan CEO Tesla berhasil jadi orang terkaya di dunia karena nilai saham perusahaannya yang terus naik. Hal ini tak bisa dipisahkan dari berbagai inovasi yang dilakukan oleh Tesla. Mereka sedang gencar melakukan penjualan mobil listrik dengan kemudi otomatisnya, hal yang mungkin di masa lalu terlihat nggak masuk akal. Meskipun begitu, ternyata Tesla baru mampu menduduki peringkat ke-4 untuk perusahaan paling inotavif lo.

4. Salesforce menjadi salah satu perusahaan yang berhasil bertahan di masa pandemi ini, malahan perusahaan ini naik ke podium 3 besar

Salesforce merupakan sebuah perusahaan dari Amerika yang menyediakan perangkat lunak berbasis cloud yang menyediakan layanan customer relationship management. Dengan aplikasi ini, para pengguna dapat melakukan optimasi kualitas pengelolaan data pelanggan dan meningkatkan layanan terhadap mereka. Tak hanya itu, perusahaan ini juga memberikan training, arahan, hingga nasihat untuk pelayanan pelanggan.

5. Walaupun relatif kurang dikenal namun Workday memiliki pelanggan perusahaan besar dan menjadi perusahaan paling inovatif nomor 2 di dunia

Workday/ Credit: Anton Garin on Deposit Photos via depositphotos.com

Advertisement

Workday Inc. merupakan sebuah perusahaan aplikasi berbasis cloud untuk keuangan dan sumber daya manusia. Mereka akan menyediakan manajemen finansial, manajemen sumber daya manusia, aplikasi analytics yang didesain untuk perusahaan, institusi pendidikan, dan agensi pemerintah. Mereka memiliki pelanggan perusahaan besar seperti Amazon, Netflix, Linkedin, dan lain-lain lo.

6. Juara dari perusahaan paling inovatif di dunia adalah ServiceNow yang masih memiliki tipe yang sama dengan perusahaan yang masuk 3 besar. Wow~

Rupanya 3 besar perusahaan paling inovatif diduduki oleh penyedia layanan untuk pengusaha dengan juara 1 ServiceNow. Perusahaan ini menyediakan solusi komputerisasi untuk sebuah usaha. Mereka akan mengotomatisasi tugas rutin, menyebarkan layanan karyawan, dan menggunakan kecerdasan buatan untuk membuat keputusan.

Inovasi merupakan salah satu hal yang harus dilakukan oleh sebuah perusahaan supaya tetap relevan dan mengikuti berbagai perubahan. Tak melulu harus yang wah dan imajinatif namun sistem yang mampu memberikan kemudahan dan pengalaman yang lebih baik juga sudah memberikan nilai plus.

Gabung dan Berlangganan Newsletter

Berlangganan Newsletter dari Kita Mulai Bersama

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE