Intip Gaji Fresh Graduate di 7 Perusahaan Ternama. Hmm, Pantas Saja Selama ini Jadi Primadona~

gaji fresh graduate

Menjadi seorang fresh graduate akan memberikan kita beberapa pilihan jalan karier ke depan. Biasanya yang diambil berbeda tergantung value apa yang ingin dikejar, ada yang karena lingkungan kerjanya, sesuai dengan hobi, atau juga salah satu yang realistis dan tak bisa dimungkiri adalah karena gaji. Walau kelihatannya kamu akan cocok dengan perusahaan yang saat ini kamu lamar namun bisa saja rasa penasaran terus berputar di kepalamu perihal gaji yang nantinya ditawarkan.

Advertisement

Nah, sebagai gambarannya kamu bisa mengintip tipis-tipis nih gaji yang diberikan oleh beberapa perusahaan yang mungkin saat ini sering jadi incaran para fresh graduate. Nah, simak sampai habis yuk ulasan lengkapnya!

1. PT Telekomunikasi Indonesia atau Telkom sering sekali dijadikan rujukan bagi mereka yang baru lulus kuliah

PT Telkom Indonesia/ Credit: Warta Ekonomi via www.wartaekonomi.co.id

Banyak lulusan sarjana yang berusaha untuk diterima di perusahaan ini karena gajinya yang katanya cukup besar. Ternyata kisarannya cukup beragam tergantung posisi yang dilamar, Untuk karyawan nonteknis yang terendah akan mendapatkan gaji Rp4 jutaan, begitupun dengan karyawan teknis. Akan tetapi, jika kamu mengikuti program management trainee, maka gaji yang diperoleh adalah Rp5 juta dan naik saat sudah lolos nanti.

2. Selain Telkom, PT Astra Internasional Tbk juga seringkali dipilih oleh mereka yang ingin memiliki jenjang karier yang bagus

Astra/ Credit: Astra via www.astra.co.id

Biasanya kebanyakan yang mendaftar adalah anak teknik, meskipun banyak juga jurusan yang lainnya. Ternyata gaji untuk service staff dimulai dengan angka Rp5 juta lo. Perusahaan ini juga membuka lowongan untuk management trainee dengan gaji Rp6 jutaan. Yang menarik lagi, perusahaan ini juga menawarkan bonus yang nggak main-main.

Advertisement

3. Bekerja di bank biasanya juga dijadikan pilihan untuk mereka yang menginginkan gaji yang tinggi, PT Maybank Indonesia salah satunya

PT Maybank/ Credit: Urban Hire via www.urbanhire.com

Bank yang satu ini mungkin sering direkomendasikan karena gaji yang cukup tinggi dan benefit lainnya yang bisa diperoleh. Ketika mendaftarkan diri di posisi terendah mungkin kamu akan memulai dengan angka Rp5 juta namun jika jenjang kariermu bagus maka kamu juga berkesempatan mendapat gaji sampai Rp30 juta.

4. Masih di bidang perbankan, Bank Indonesia menawarkan development program dengan nama Pendidikan Calon Pegawai Muda (PCPM)

Bank Indonesia/ Credit: VOI via voi.id

PCPM ini merupakan program yang digunakan untuk menyiapkan para pemimpin Bank Indonesia di masa depan dan biasanya ditujukan untuk para fresh graduate. Gaji yang diterima setiap bulannya adalah Rp5 jutaan ditambah dengan tunjangan kesehatan, uang transportasi, dll. Nantinya kalau sudah lulus, maka peserta PCPM akan mendapatkan jabatan setara manajer.

5. Kalau kamu ingin gaji yang tinggi, maka PT Bursa Efek Indonesia (IDX) bisa masuk daftar perusahaan incaranmu

IDX/ Credit: Info Tenaga Kerja via infotenagakerja.co.id

Banyak yang bilang IDX merupakan tempat berkumpulnya transaksi besar dan uang yang banyak. Gaji yang diatawarkan untuk fresh graduate di posisi terendah saja sudah mencapai Rp7 juta dan akan naik tergantung dengan posisi yang dimiliki. Selain gaji, tunjangan dan bonusnya juga tak kalah besar lo.

Advertisement

6. Tak hanya menawarkan gaji yang besar, PT Coca Cola Amatil juga menawarkan jenjang karier yang bagus untuk fresh graduate

Coca Cola/ Credit: CDC Indonesia via www.cdcindonesia.com

Perusahaan ini memiliki dua cabang di Indonesia yaitu untuk pengemasan dan distribusi. Gaji yang ditawarkan cukup menggiurkan lo bagi fresh graduate yaitu sekitar Rp7 juta sampai Rp9 juta bagian produksinya. Tak hanya gaji yang akan bertambah namun kemampuan akan terasah karena adanya pelatihan kemampuan karyawan dan jenjang karier yang jelas. Pun, ada benefit lain seperti asuransi kesehatan.

7. Gaji karyawan baru di PT Eagle High Plantation Tbk terbilang lebih tinggi dibandingkan yang lain, bahkan sampai 2 digit lo

Eagle High Plantation/ Credit: The Iconomics via www.theiconomics.com

Gaji yang ditawarkan untuk karyawan baru di perusahaan ini mencapai Rp10 juta sampai Rp15 juta lo. Tak hanya itu, perusahaan ini juga memberikan fasilitas yang lengkap termasuk lingkungan kerja yang nyaman dan kerja sama yang baik dalam tim.

Nggak apa-apa untuk mengejar gaji yang tinggi ketika mencari pekerjaan namun jangan lupa juga hal-hal lainnya ya misalnya job desc yang akan kamu kerjakan, benefit lain yang diberikan, atau juga lingkungan kerja yang akan kamu hadapi sehari-hari. Nggak mau kan gaji tinggi tapi habis buat berobat karena sakit atau malah stres gara-gara makan hati?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE