7 Profesi untuk Lulusan SMA/SMK yang Gajinya Oke. Daripada Minder, Mending Sebar CV

Profesi kerja lulusan SMA

Masalah ekonomi kerap jadi salah satu alasan seseorang nggak melanjutkan studi di perguruan tinggi. Kalau sudah begini, mau nggak mau kita mesti langsung kerja sekalipun baru lulus SMA atau SMK. Nggak perlu minder, meski cuma lulusan SMA kamu bisa kok mendapatkan pekerja yang layak. Bahkan, ada beberapa profesi di industri tertentu yang bisa memberimu gaji cukup besar.

Advertisement

Berikut beberapa profesi yang bisa dijajal jika kalian memutuskan ingin bekerja setelah lulus SMA nanti. Untuk wilayah Jabodetabek, beberapa profesi ini bisa memberimu gaji mulai dari 4 hingga 5 juta tiap bulannya. Tapi kalau ada skill khusus, bisa lebih dari itu kok. Simak!

1. Setelah lulus SMA, kamu bisa menjajal peruntungan dengan melamar profesi sebagai Customer Service

Customer Service di perusahaan berkembang via www.teameis.it

Sebagian perusahaan berkembang memperkerjakan Customer Service lulusan SMA. Umumnya, tugas Customer Service ialah melayani berbagai keluhan dan urusan terkait pelanggan perusahaan di platform komunikasi yang disediakan. Makanya, kalau mau jadi Customer Service, kamu mesti sabar dan punya skill berbahasa yang baik.

2. Jadi operator produksi di pabrik juga bisa dicoba lo!

jadi operator produksi pabrik via jobdeskchambers.blogspot.com

Selain bertanggung jawab untuk menjalankan operasi mesin produksi, operator juga mesti membuat laporan kerja ke atasan. Karena tugas dan tanggung jawabnya cukup berat, profesi ini biasanya digaji cukup tinggi. Untuk lulusan SMA, biasanya jadi staf pemula dulu, tapi tenang, posisimu bisa naik kalau skill-mu cukup mumpuni.

Advertisement

3. Kalau mau kerja kantoran, daftar saja posisi resepsionis atau Front Office

jadi resepsionis via myranggo.com

Bisa dibilang resepsionis merupakan jembatan informasi antara pihak manajemen perusahaan dengan pengunjung atau tamu. Latar belakang pendidikan yang dibutuhkan minimal SMA atau SMK, terutama lulusan perhotelan. Kalau mau lebih mumpuni, kamu bisa mengikuti kursus satu tahun di bidang administrasi perkantoran sebelum daftar jadi resepsionis.

4. Jangan salah, ada juga e-commerce yang mempekerjakan lulusan SMA untuk jadi Call Center lo!

Call Center e-commerce via www.aliaef.com

Tugas utama seorang Call Center ialah menerima panggilan telepon yang masuk, menjawab keluhan pelanggan, memberikan solusi, dan mencatat pesan untuk disampaikan ke perusahaan. Untuk jadi seorang Call Center, kamu mesti punya komunikasi yang baik, akan jadi nilai plus jika kamu bisa bahasa asing.

5. Tertarik kerja di bidang kuliner? Bisa kok, jadi Cook Helper misalnya

kalau kuliner ya Cook Helper via alis.alberta.ca

Meski kebanyakan diperuntukkan untuk lulusan SMK perhotelan, tapi nggak ada salahnya kamu yang lulusan SMA untuk mencoba. Apalagi jika kamu punya skill masak yang cukup oke. Nggak cuma menyiapkan peralatan masak dan bahan, seorang Cook Helper bisa membantu Chef dalam mengolah makanan lo! Lumayan, sekalian belajar.

Advertisement

6. Kalau punya skill komputer yang oke, mending jadi IT Support saja

IT support gajinya gede lo! via toghr.com

Demi melancarkan kinerja karyawan, biasanya perusahaan (khususnya yang berbasis online) akan mempekerjakan IT Support. Staf IT Support bertanggung jawab penuh pada komputer, software, dan pengembangan sistem jaringan agar tetap lancar saat dipakai bekerja. Nah, karena butuh skill khusus, biasanya seorang IT Support akan dibayar cukup tinggi.

7. Bahkan, bidang kesehatan juga menerima lulusan SMA untuk jadi asisten dokter gigi

asisten dokter gigi juga bisa lulusan SMA via arkinar.co.id

Agar bisa bekerja sebagai asisten dokter gigi, fokuslah untuk mengambil jurusan IPA yang mempelajari biologi, kimia, dan anatomi tubuh. Biar skill makin terasah, kamu bisa menjadi sukarelawan atau magang di bidang layanan kesehatan gigi. Sedangkan, tugas asisten dokter gigi sendiri ialah mempersiapkan pasien untuk pengecekan, membantu pasien dalam menjalankan X-Ray dan masih banyak lainnya.

Selain tujuh profesi di atas, sebenarnya masih banyak pekerjaan lain yang bisa kamu coba meski hanya lulusan SMA/SMK. Kamu bisa mengecek lowongan kerja terkini di laman Karir. Bila perlu, sekalian buat akun di portal-portal lowongan kerja agar informasi pekerjaan yang kamu dapat cukup banyak. Meski begitu, usahakan untuk memilih pekerjaan sesuai dengan skill yang kamu miliki, ya. Semoga berhasil!


Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE