7 Petuah Bisnis dari Warren Buffet, Investor Tersukses dan Pengusaha Terkaya Keempat di Dunia

quote bisnis Warren Buffet

Kamu yang gemar mengikuti berita seputar bisnis dan dunia saham pasti tak asing dengan nama Warren Edward Buffet. Yap, beliau dikenal sebagai salah seorang investor tersukses di dunia. Buffett merupakan komisaris, direktur utama, dan sekaligus pemegang saham terbesar di Berkshire Hathaway. Kekayaannya pun nggak main-main, kini mencapai Rp1.157 triliun!

Advertisement

Tentu banyak banget orang yang ingin belajar kiat sukses darinya dan dalam sejumlah wawancara dan tulisannya, Warren telah menuangkan pemikirannya dalam bisnis dan nasihatnya kepada orang-orang yang sedang merintis usaha atau ingin meraih kesuksesan dalam bidang investasi. Apa saja petuah-petuahnya yang banyak dikutip majalah bisnis ternama? Simak rangkuman Hipwee dari berbagai sumber ini!

1. “Butuh 20 tahun membangun sebuah reputasi dan 5 menit untuk menghancurkannya.”

Credit: worldoil via www.worldoil.com

Sumber : Forbes

Artinya, susah payah usaha yang kamu bangun bisa saja rusak hanya karena satu tindakan bodoh, jadi berhati-hatilah saat berbisnis atau berinvestasi.

Advertisement

2. “Berinvestasilah hanya pada ‘simple businesses‘ yang bisa kamu pahami.”

Credit: Fauxels via www.pexels.com

Sumber: Surat kepada para pemegang saham Berkshire Hathaway 

Berinvestasi pada hal yang tak bisa kamu pahami hanya akan merugikan diri sendiri, jadi fokus pada hal-hal yang bisa kamu mengerti.

3. “Dalam dunia bisnis, kaca spion tengah selalu memberikan gambaran lebih jelas daripada kaca depan mobil.”

Advertisement

Credit: Pexels via www.pexels.com

Sumber: Economic Times

Kadang, hal-hal yang ada di balik layar justru lebih menarik dan memberikan lebih banyak pengetahuan bisnis daripada yang bisa kamu lihat dengan mudah di depan mata.

4. “Bergaullah dengan orang-orang yang lebih baik daripada dirimu.”

Credit: Businessinsider via markets.businessinsider.com

Sumber: Forbes

Bergaul dengan teman-teman yang lebih baik darimu akan membantu menuntunmu ke tempat yang lebih baik.

5. “Hanya beli sesuatu yang akan kamu pegang dengan amat bahagia jika pasar tutup selama 10 tahun.”

Credit: Pixabay for Pexels via www.pexels.com

Credit: Forbes

Artinya, beli sesuatu yang benar-benar valuable saja. Bukan semua hal yang terlihat menarik di depan mata. Nasihat ini diberikan Warren kepada orang-orang yang ingin belajar berinvestasi di jual beli saham, tapi juga bisa berlaku juga untukmu saat mempertimbangkan untuk membeli sesuatu.

6. “Jangan pernah tabung sisa yang kamu belanjakan, tapi belanjakan sisa uang dari yang sudah ditabung.”

Credit: maitree rimthong for Pexels via www.pexels.com

Credit: SeekingAlpha

Bijaklah dalam mencari uang, menyimpan dan membelanjakannya. Utamakan menabung dan berinvestasi dulu sebelum menghabiskannya. Kerja sekeras apapun kalau nggak ngerti cara memanfaatkannya ya jadi akan sia-sia~

7. “Aku membaca dan berpikir.”

Credit: Esther Muñoz Trilla for Pexels via www.pexels.com

Credit: Time

Membaca dan berpikir membuat Warren Buffet merasa dia punya waktu lebih banyak untuk mempertimbangkan segala sesuatu dan tak mengambil keputusan bisnis secara tergesa-gesa.

Ada banyak banget petuah-petuah menarik dari seorang Warren Buffet, tapi dari banyak kutipan-kutipan menariknya bisa disimpulkan bahwa jika ingin berbisnis dan berinvestasi, kita harus fokus pada hal-hal yang kita pahami dan hal-hal yang benar-benar bernilai penting. Pun selain menghasilkan uang, kita juga harus pandai mengelolanya. Untuk kamu yang sedang memperjuangkan #UKMDariDanUntukIndonesia, yuk #KitaMulaiBersama untuk menggali potensi bisnis dan belajar berinvestasi di usia muda 🙂

xx
Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

An independent woman, loving mom and devoted wife.

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE