15 Quotes untukmu yang Baru Memulai Usaha, Saat Ragu-ragu dan Takut Gagal Jadi Teman Setia

quotes mulai bisnis

Tahapan paling sulit dalam melakukan sesuatu barangkali adalah memulai. Langkah pertama adalah yang paling berat karena ada beban bernama keragu-raguan, takut akan kegagalan, ekspektasi yang berlebihan, dan hal-hal sejenisnya. Hal ini mungkin juga banyak dirasakan ketika sedang akan memulai sebuah usaha atau bisnis apalagi jika sebelumnya tak ada pengalaman sama sekali.

Advertisement

Kadang-kadang yang dibutuhkan sebenarnya hanya kata-kata motivasi untuk membuatmu kembali optimis, semangat, dan percaya bahwa semua akan baik-baik saja dan berjalan sesuai dengan rencana yang sudah disiapkan. Nah, beberapa kutipan dari tokoh-tokoh ternama berikut ini mungkin bisa kamu salin untuk ditempel di meja kerjamu. Simak sampai habis ya!

Ragu-ragu barangkali adalah hal yang sangat wajar akan tetapi kamu harus percaya dulu pada diri dan rencanamu supaya semua jadi lancar

  • “The best time to plant a tree was 20 years ago. The second best time is now.” – Chinese Proverb (“Waktu terbaik untuk menanam pohon adalah 20 tahun yang lalu. Waktu terbaik kedua adalah sekarang.”)
  • “If you’re not a risk taker, you should get the hell out of business.” Ray Kroc, Pendiri McDonald’s (“Jika kamu bukan pengambil risiko, kamu harus segera keluar dari bisnis.”)
  • “Twenty years from now, you will be more disappointed by the things that you didn’t do than by the ones you did do, so throw off the bowlines, sail away from safe harbor, catch the trade winds in your sails. Explore, Dream, Discover.” Mark Twain, Penulis (“Dua puluh tahun dari sekarang, kamu akan lebih kecewa dengan hal-hal yang tidak dilakukan daripada yang dilakukan, jadi lempar busurmu, mulailah berlayar, tangkap angin pada layarmu. Jelajahi, Mimpi, Temukan.”)
  • “Many of life’s failures are people who did not realize how close they were to success when they gave up.” – Thomas Edison, Penemu (“Banyak kegagalan yang terjadi pada orang-orang yang tidak menyadari betapa dekatnya mereka dengan kesuksesan saat sedang menyerah.”)

Salah satu hal yang membuatmu takut mungkin adalah kegagalan, padahal dari sanalah kamu justru bisa belajar

View this post on Instagram

A post shared by Mark Zuckerberg (@zuck)

Advertisement

  • “The biggest risk is not taking any risk. In a world that’s changing really quickly, the only strategy that is guaranteed to fail is not taking risks.” – Mark Zuckerberg, CEO Facebook (“Risiko terbesar adalah tidak mengambil risiko apapun. Di dunia yang berubah sangat cepat ini, satu-satunya strategi yang dijamin gagal adalah tidak mengambil risiko.”)
  • “I have not failed. I’ve just found 10,000 ways that won’t work.” – Thomas Edison, Penemu (“Saya tidak gagal, saya hanya baru saja menemukan 10.000 cara yang tidak berhasil.”)
  • “Failure is an option here. If things are not failing you are not innovating.” – Elon Musk, Pebisnis (“Kegagalan adalah pilihan. Jika kamu tidak gagal, maka kamu tidak berinovasi.”)
  • “Fail often so you can succeed sooner.” – Tom Kelley, Ideo partner (“Seringlah gagal maka kamu bisa sukses lebih cepat.”)
  • “Success is often achieved by those who don’t know that failure is inevitable.” – Coco Chanel (“Kesuksesan hanya diraih oleh mereka yang tidak tahu bahwa kegagalan adalah hal yang terelakkan.”)

Ide-ide yang kamu siapkan dengan detail itu hanya akan sia-sia kalau tak ada yang diwujudkan dengan mengambil langkah pertama

  • “The way to get started is to quit talking and begin doing.” – Walt Disney (“Cara untuk memulai adalah berhenti berbicara dan mulai melakukan.”)
  •  “If you just work on stuff that you like and you’re passionate about, you don’t have to have a master plan with how things will play out.” Mark Zuckerberg, CEO Facebook
    (“Jika kamu hanya mengerjakan hal-hal yang disukai, kamu tidak perlu memiliki rencana hebat lengkap dengan bagaimana segala sesuatu akan berjalan.”)
  • “Knowledge without action is meaningless” – Abu Bakr (“Pengetahuan tanpa perbuatan itu tak ada artinya”)
  • “Be content to act, and leave the talking to others.” – Baltasa (“Puaslah dengan bertindak dan biarkan orang lain yang berbicara”)
  • “There’s no shortage of remarkable ideas, what’s missing is the will to execute them.” – Seth Godin (“Tidak ada kekurangan akan ide yang luar biasa, yang kurang hanya niat untuk mewujudkannya.”)

Setelah membaca quotes tersebut rasanya seperti tertampar ya. Jangan-jangan semua ketakutan kita untuk memulai usaha itu sebenarnya hanya ada di kepala dan mungkin malah tidak akan terjadi. Asal memiliki perencanaan yang kuat, semua masalah akan bisa ditangani kok.

Gabung dan Berlangganan Newsletter

Berlangganan Newsletter dari Kita Mulai Bersama

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE