Jaman sekarang kamu gak perlu jadi artis segala lho untuk bisa dapat penghasilan dari bernarsis-narsis ria di depan kamera. Mau tahu gimana caranya? Jadilah seorang vlogger. Vlogger atau video blogger adalah orang yang nge-blog alias menuangkan curahan hati atau ceritanya pakai media video. Tentu saja, membuat vlog jadi lebih mudah dan terfasilitasi dengan adanya situs bagi-bagi video yang dipakai oleh hampir semua orang di muka bumi ini, YouTube.

YouTube yang didirikan pada tahun 2005 itu, gak hanya jadi platform bagi artis atau institusi resmi untuk bagi-bagi konten online-nya, orang biasa seperti kita pun bisa berbagi video buatan sendiri. Nah hebatnya, ada lho sejumlah orang yang mampu mengembangkan kesenangan berbagi video di YouTube jadi lebih dari sekedar hobi. Tidak hanya mampu membuat jutaan orang lain setia menonton unggahan videonya di YouTube, mereka juga ternyata bisa mendapat bayaran besar dari hobinya itu.

Pewdiepie-fan-club-image-pewdiepie-fan-club-36410368-1600-900

“sharing gaming moments on YouTube with my bros” via images6.fanpop.com

Advertisement

Menurut situs statistik SocialBlade, PewDiePie alias Felix Kjellberg, pria 25 tahun asal Swedia dengan video-video ulasan game-nya adalah orang terpopuler dan terkaya di YouTube dengan lebih dari 32juta subscribers atau pengikut dan pendapatan tahunan berkisar antara 1,9 juta – 15,1 Juta USD. Jumlah yang wew banget ‘kan untuk cowok yang tiap hari main game sembari melontarkan komentar atau bahkan nyumpah di depan kamera?

Penasaran duitnya datang dari mana? Sebagian besar berasal dari iklan yang suka nongol-nongol di pojokan halaman YouTube itu lho, sisanya dari kerjasama produk yang ingin promosi barang lewat bintang-bintang YouTube. Di jaman yang udah serba online ini, orang-orang bisnis juga sudah mengerti kekuatan pemasaran dari bintang YouTube ini justru kadang lebih besar dan efektif daripada artis beneran.

9de0d601a08d5a48_1

Perusahaan makeup internasional menggaet Michelle Phan, bintang YouTube dengan 7juta subscribers via media4.onsugar.com

Tapi gak sembarang orang lho bisa sukses jadi vlogger YouTube. Walaupun semua pada awalnya juga hanya berbekal kamera dan akun YouTube, tapi ternyata ada yang membedakan vlogger super seperti PewDiePie ini. Ini nih rahasia sukses bintang-bintang paling top di YouTube yang mungkin bisa menginspirasi kamu untuk ikutan vlogging juga.

Mereka Tidak Pernah Berpura-Pura Jadi Orang Lain Di Depan Kamera

maxresdefault (3)

Guru makeup YouTube, Zoella dengan 6juta lebih subscribers via i.ytimg.com

Advertisement

Walaupun artikel ini ceritanya ingin berbagi cerita sukses orang-orang di YouTube, kalau pingin mengikuti jejak mereka kamu justru gak boleh serta merta mencontek gaya mereka lho. Semua orang juga bisa membuat akun dan menunggah videonya di YouTube, tapi mereka yang sukses menarik jutaan penonton adalah mereka yang berbeda dari jutaan orang lain.

Untungnya, aslinya tiap manusia itu emang dikodratkan berbeda satu dengan yang lainnya jadi ya strategi terbaik adalah menjadi diri sendiri setulen-tulennya. Semua bintang yang berhasil menemukan kesuksesan di YouTube ini terkenal dengan kepribadiannya yang antik-antik dan gak ada duanya. Misalkan Jenna Mourey yang di YouTube dikenal sebagai Jenna Marbles. Lebih dari 14 juta subscribersnya di YouTube setia menyaksikan cewek yang satu ini hanya duduk di depan kamera mendengarkan sindiran-sindiran lucunya terhadap situasi yang sering kita temui sehari-hari.

Klu5G

Jenna Marbles, 14juta subscribers via i.imgur.com

Jenna adalah bukti bahwa bahkan orang yang suka nyindir pun bisa terkenal di YouTube. Semakin banyak waktu yang dihabiskan orang-orang di dunia maya, maka semakin banyak orang yang bisa kepincut dan ketagihan sama hiburan yang kapan aja bisa kamu temukan di YouTube ini. Lagipula YouTube adalah situs terbuka yang bisa diakses semua orang, jadi ada kemungkinan yang tidak terbatas bagi pribadi seaneh apapun untuk bisa diterima dan jadi populer.

Hobi dan Hal-Hal Seru Lain Dalam Kehidupan Jadi Hal yang Selalu Mereka Bagikan Dalam Vlogger-nya

maxresdefault

BluCollection memamerkan mainan baru. 1,3juta subscribers tapi lebih dari no.2 dari segi penghasilan via i.ytimg.com

Vlog sama seperti blog biasanya dimulai dengan orang yang ingin membagi cerita layaknya diari, hanya saja konten atau isinya bisa diakses banyak orang. Nah vlogger di YouTube biasanya juga berawal dari hobi berbagi aja. Ada yang ingin membagi suaranya yang merdu menyanyikan lagu populer, trik makeup yang mungkin berguna bagi orang lain, atau hobi masaknya.

Bahkan salah satu channel atau saluran paling kaya di YouTube adalah BluCollection yang isinya tentang merakit mainan. Disebut channel karena orangnya aja gak nongol di kamera, cuma tangannya doang. Walaupun jumlah subscribernya gak setinggi Jenna Marbles, penghasilan BluCollection justru jauh di atas Jenna. Kalau David Beckham ampuh jadi model iklan celana dalam, nah dalam dunia mainan anak-anak ternyata promosi yang paling ampuh itu ya lewat YouTube. Jadi uang perusahaan-perusahaan mainan terbesar dunia itu pun mengalir deras ke bintang-bintang YouTube ini.

maxresdefault (1)

Bahkan anak umur 7 tahun ini juga dapat lebih dari 1juta usd per tahun memamerkan mainan barunya via i.ytimg.com

Dengan hanya membagi antusiasme dari hobi yang mereka lakukan di waktu senggang, ternyata lewat YouTube orang-orang ini justru bisa dapat bayaran banyak. Tapi untuk bisa dipercaya dan ditonton orang banyak, ya mereka memang membahas tentang hal-hal yang mereka paling sukai, kuasai, atau penting dalam hidupya. Bukan sekedar mengikuti tren atau orang lain. Jadi kalau ingin jadi vlogger serius, bagi deh serunya hobi yang paling kamu gandrungi. Siapa tahu ada orang di YouTube yang bakal ketularan.

Konsistensi Jadi Kunci. Vlogger Harus Rajin Mengunggah Video Baru. Tujuannya, Agar Subscribers yang Datang Selalu Mendapat Tontonan Anyar

maxresdefault (2)

ItsJudyLife guru makeup YouTube dengan 900ribu subscribers, juga buat vlog harian sama keluarganya via i.ytimg.com

Nah yang jelas membedakan bintang top YouTube dengan vlogger biasa adalah jumlah subscribers atau pengikut setia yang berlangganan ke saluran YouTube mereka. Angka tersebut secara langsung menggambarkan besarnya pengaruh mereka untuk dijadikan media promosi bagi perusahaan atau iklan-iklan Google. YouTube hanya akan memberikan advertising revenue atau ‘pendapatan iklan’ untuk mereka dengan jumlah subscribers lebih dari 100ribu. Dan untuk bisa terus mendapatkan penghasilan, ya berarti mereka harus terus meningkatkan jumlah subscribers dan terus mengunggah video untuk ditonton.

Semakin sering saluran YouTube mereka dikunjungi dan ditonton orang-orang, semakin deras kocek yang bakal mengalir dari iklan-iklan dan sponsor. Gak jarang bintang-bintang YouTube ini sampai merekam, mengedit, dan menunggah videonya SETIAP hari. Makanya banyak diantara mereka yang akhirnya meninggalkan pekerjaan ‘beneran’nya dan beralih jadi vlogger full time. Gak ada sih vlogger yang secara gamblang mau merinci penghasilannya, tapi kalau estimasi SocialBlade per harinya PewDiePie menghasilkan 5.200-42.ooo USD.

Save-Money

Kalau gak mau berhenti ya terus bikin video via 2.bp.blogspot.com

Bayangkan kalau sehari aja PewDiePie gak mengeluarkan video baru, ya untuk hari itu dia gak ada penghasilan. Jadi untuk jadi vlogger profesional itu ya dibutuhkan konsistensi dan dedikasi yang tinggi. Rutinitas itu juga yang membuat antisipasi penonton tinggi untuk menikmati video selanjutnya. Kalau gak punya jadwal yang konsisten, bakal susah untuk subscribers tahu kapan berkunjung lagi ke YouTube untuk menonton video-video mereka.

Subscribers Video Selalu Mereka Perlakukan Sebagai Raja, Sekaligus Teman

The Friskies/VidCon

TheFineBros, duo komedi dengan 10juta subscribers via alexisjoyvipaccess.files.wordpress.com

Di samping mendapatkan angka subscribers yang tinggi, mempertahankan jumlah tersebut untuk tetap tinggi dan terus meningkat adalah keahlian yang harus dimiliki superstar YouTube. Tidak cukup dengan membuat video yang menarik atau lucu, bintang top YouTube ini juga berhasil membuat penggemarnya ketagihan sampai tidak bisa melewatkan satu hari pun tanpa melihat video mereka. Kenapa? Karena orang-orang sudah merasa terikat dan dekat dengan ‘teman baru’ yang mereka temukan di YouTube ini.

Berbeda dengan konsep hiburan jadul dimana kita cuma bisa melihat artis atau penyanyi di TV, di jaman serba terhubung ini semua orang bisa aja jadi berteman dengan orang terkenal di medsos atau YouTube. Apalagi ada kolom komentar di YouTube dimana semua orang bisa meninggalkan pendapat atau apapun yang ingin mereka katakan tentang video di atasnya. Nah orang-orang yang sukses di YouTube tahu cara memanfaatkan interaksi dua arah ini dengan rajin menjawab balik komen-komen penontonnya.

ally-gong-michelle-phan-selfie

Michelle Phan ketemu penggemarnya via www.allygong.com

Dengan jawaban yang paling sederhana sekalipun, penontonya pasti merasa lebih dihargai dan benar-benar merasa mengenal bintang YouTube ini secara personal. Tidak cukup dengan interaksi di YouTube, bintang-bintang besar YouTube pasti juga punya platform media lain seperti Twitter atau Facebook yang bisa memperdalam hubungan mereka dengan subscribers sembari menaikkan profil saluran YouTubenya. Bahkan gak jarang juga mereka membagi-bagikan barang gratis layaknya menghadiahi teman. Pokoknya di YouTube, penonton adalah raja.

Mereka Memiliki Kepercayaan Diri yang Tinggi Untuk Bisa Berbagi Sepenggal Kehidupannya Dengan Semua Orang

maxresdefault (4)

Harus tahu kapan kembali ke ‘dunia’ nyatanya via i.ytimg.com

Tapi kenyamanan yang sepertinya dinikmati bintang-bintang YouTube ini, juga ternyata gak sesederhana itu lho. Walaupun tampaknya enak dan mudah, dikenal banyak orang di dunia maya itu mengubah hidup mereka 180 derajat. Dibutuhkan kepercayaan diri dan keberanian yang gede lho untuk mau mengekspos hidup mereka di depan kamera setiap saat. Vlog mereka ‘kan hampir semuanya bersifat personal. Artinya ya jadi kadang-kadang jadi sulit membedakan mana yang kerja mana yang bukan.

Belum lagi komentar-komentar negatif yang tiap hari harus mereka hadapi. Tentu saja dari jutaan orang yang tertarik menonton kehidupan mereka, pasti bakal ada juga yang gak suka. Tiap hari membaca kritikan pedas yang gak ada sensornya tentang bagaimana mereka menjalani hidupnya, dari orang yang cuma sekedar iseng berselancar di YouTube, itu bukan pekerjaan yang mudah.

Banyak yang gak tahan sampai akhirnya berhenti vlogging. Atau seperti PewDiePie yang akhirnya memutuskan untuk menutup kolom komentarnya karena sudah tidak tahan dengan komentar negatif yang tiap hari dia baca. Tapi ya konsekuensinya adalah dia bakal kehilangan pintu interaksi dengan penontonnya yang memang setia dan suka dengan ulasan gamenya.

Google Presents YouTube Brandcast - Digital Content NewFront

Bethany Mota, guru makeup 7juta subscribers via cdn.cstatic.net

Makanya, semua kerjaan itu memang selalu ada kesulitannya tersendiri bahkan dalam pekerjaan impian seperti ini sekalipun. Tapi jika setelah membaca bahasan di atas, kamu merasa memiliki karakteristik yang dibutuhkan untuk jadi superstar YouTube, ya… go for it!!!

Ini adalah jaman dimana bahkan dengan menjadi dirimu sendiri di depan kamera, kamu bisa terkoneksi dengan jutaan orang lain dan ..ehem..ehem tentu saja sponsor yang bakal tertarik untuk menumpang kepopuleranmu. Kalau mau langkah-langkah teknis untuk jadi vlogger YouTube kamu bisa baca selengkapnya di sini. Jadi tunggu apa lagi, ambil kamera dan silakan bernarsis-narsis ria.

Kepoin juga yuk youtuber SkinnyIndonesian24 Jovial Da Lopez di akun migmenya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya