4 Hal yang Harus Dihindari Agar Punya Mental Baja ala Steve Jobs dan Pengusaha Sukses Lainnya!

Tips mental kuat pebisnis

Biasanya di awal memulai bisnis, bakal ada banyak tantangan yang bisa saja membuat kita mudah menyerah. Namun, menyerah atau tetap berjuang ternyata hanya soal mental aja lo! Orang yang punya mental kuat bakal bisa menghadapi kondisi sulit saat merintis bisnis. Sebaliknya, orang yang punya mental lemah tentu akan mudah menyerah.

Advertisement

Nggak heran kalau banyak pebisnis sukses punya mental sekuat baja sejak awal merintis bisnisnya. Bahkan mental yang kuat bisa disebut sebagai modal penting saat memulai bisnis, lo! Nah, kali ini Hipwee Sukses bakal kupas tips memiliki mental kuat dengan mengetahui hal apa aja yang harus kamu hindari! Kuy simak!

1. Terlalu mendengarkan komentar negatif bisa membuatmu nggak percaya diri ketika mengambil keputusan yang berbeda dari orang lain

Jangan terlalu mendengarkan komentar negatif | Photo by Andrea via www.pexels.com

Belajar dari pengalaman Warren Buffet, seorang investor dan pengusaha sukses dari Amerika Serikat yang terkenal dengan strategi investasi yang unik. Warren selalu berusaha mengabaikan komentar negatif orang lain saat dirinya berinvestasi pada bisnis yang sedang lesu. Orang-orang menganggap Warren gila dengan keputusannya, mereka menilai Warren akan gagal. Namun, Warren nggak peduli dengan penilaian orang lain, ia tetap fokus dan percaya diri pada keputusannya. Hal ini karena sebelum berinvestasi Warren sudah melakukan riset dan yakin bahwa perusahaan yang ia beri modal punya potensi yang baik di masa depan.

2. Susah move on dengan pengalaman buruk yang pernah menimpa. Hal ini justru akan menghambatmu untuk melangkah maju

Steve Jobs bangkit dari pengalaman buruk saat dipecat dari Apple | Photo by Matthew Yoye via commons.wikimedia.org

Julukan susah move on nggak hanya berlaku pada soal perncintaan yang sudah kandas. Dalam bisnis susah move on berhubungan dengan pengalaman kegagalan yang membuat seseorang takut melangkah maju. Belajar dari kesuksesan Steve Jobs, yang berani melangkah maju saat pengalaman buruk menimpanya. Steve Jobs merupakan salah satu pendiri Apple, tapi nahas ia justru dipecat dari perusahaan yang ia rintis dari nol hanya karena perbedaan pendapat dengan para komisaris.

Advertisement

Butuh waktu lima tahun bagi Steve Jobs untuk move on dari pengalaman tersebut hingga ia sukses mendirikan perusahan Pixar dan Next. Singkat cerita, Next dibeli oleh Apple sehingga Steve Jobs bisa kembali ke Apple dan melakukan inovasi yang lebih canggih berkat kolaborasi tersebut. Keren!

3. Berharap hasil yang instan dalam sebuah bisnis adalah hal mustahil yang bisa membuatmu memiliki mental yang lemah

Jangan pernah berharap pada hasil usaha yang instan | photo by Energepic via www.pexels.com

Orang yang menganggap setiap usaha akan berhasil dengan mulus atau setiap berjualan selalu untung, biasanya akan mudah menyerah saat sedikit saja menalami kegagalan. Jika kamu mengharap hasil yang instan tanpa melalui proses jatuh bangun dalam bisnis, kamu akan sulit belajar dari kegagalan. Banyak sekali pengusaha sukses yang harus jatuh bangun dalam berbisnis hingga mereka bisa berdiri dengan kokoh dengan kerjaan bisnisnya.

Sebut saja pengusaha muda Rico Huang yang sempat berjualan mie ayam hingga bisa mendirikan dropshipaja.com. Atau belajar dari proses panjang seorang Chairul Tanjung yang saat ini punya stasiun TV dan retail besar, tapi tenyata ia berproses dari nol dan beberapa kali gagal dalam berbisnis. Jadi, jangan berpikir bahwa proses menjadi sukses adalah hal yang instan, ya!

4. Takut mengambil risiko bisa membuatmu terjebak dan sulit berkembang

Jangan pernah takut mengambil risiko | Photo by Andrea via www.pexels.com

Hampir semua pebisnis yang sukses punya keberanian ketika memanfaatkan peluang sekaligus mengambil kemungkinan terburuk. Keberanian tersebut justru mengantarkan mereka untuk mendapat kesempatan yang lebih baik. Hal ini juga yang dilakukan Kolonel Herland Davide Sanders, sang pendiri KFC.

Sanders berani mengambil keputusan menjual restoran dan pom bensin miliknya dan beralih membuat restoran waralaba. Keberanian mengambil risiko saat itu mengantarkan Sanders pada kesuksesan yang gemilang, nggak kurang dari 3 ribu outlet KFC saat ini yang tersebar di seluruh dunia.

Nah, keempat hal ini benar-benar harus dihindari supaya bisa punya mental lebih kuat saat memulai bisnis. Memang nggak mudah tapi bisa dilatih kok pelan-pelan~ Semangat!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE